PROGRAM HAMIL
25 Juni 2019

Ini Cara Menambah Berat Bayi Dalam Kandungan

Berat bayi dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh gaya hidup Moms
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Moms, selain mempersiapkan proses persalinan dengan baik, perlu juga memerhatikan berat bayi dalam kandungan, lho. Sebab, berat badan bayi dalam kandungan yang tidak normal, nantinya akan saat kelahiran akan membuat bayi berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawanya.

Maka dari itu, perkembangan janin harus selalu dipantau untuk mengetahui berapa beratnya, sehingga si kecil bisa lahir dengan berat badan yang normal.

Seperti dilansir dari kompas.com, bahwa tumbuh kembang bayi memang dilihat dari usia juga perkembangannya. Menurut dr. Boy Abidin, SpOG (K), ginekolog dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, bayi dalam kandungan seharusnya memiliki kenaikan berat yang bertahap.

“Misalnya, janin usia 28 minggu seharusnya memiliki berat 800-1.000 gram. Lalu 2 minggu kemudian beratnya harus 1.200-1.400 gram,” kata dr. Boy. Jika berat bayi dalam kandungan tidak bertambah dalam dua minggu, maka disebut janin tersebut memiliki perkembangan yang lambat.

Apa Yang Harus Dilakukan Bila Berat Janin di Bawah Normal?

Bila bayi dalam kandungan Moms memiliki berat di bawah standar yang ada di tabel di atas, Moms bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menambah berat bayi dalam kandungan.

  • Tambah asupan kalori

Tambah asupan kalori Moms dengan perlahan melalui makanan dan minuman sehat seperti jus buahan ataupun salad.

Hindari menyantap makanan yang tinggi lemak karena hanya akan meningkatkan berat badan Moms, bukan janin yang dikandung. Selain itu, makanan yang tidak sehat juga akan memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan janin.

  • Konsumsi vitamin kehamilan

Moms membutuhkan suplemen vitamin ibu hamil dan mineral dua kali lipat lebih besar saat hamil. Sebelum mengonsumi suplemen, pastikan Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengetahui dosis yang tepat.

Selain itu, imbangi konsumsi vitamin kehamilan dengan menyantap aneka buah yang kaya nutrisi seperti jeruk, jambu, dan juga pisang.

  • Susu

Moms juga bisa menambah konsumsi susu untuk meningkatkan berat badan janin dan juga mengoptimalkan pertumbuhannya. Namun ingat, hindari meminum susu yang telah ditambahkan terlalu banyak gula dan pemanis buatan serta perasa berbahan kimia karena tidak baik untuk perkembangan janin.

  • Hindari kegiatan yang tidak sehat

Jika sebelum hamil Moms memiliki gaya hidup yang kurang baik, ubahlah sekarang juga. Hal-hal yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol dapat menghambat perkembangan janin dan juga membuat berat badannya di bawah normal.

Biasakan melakukan pola hidup sehat dengan memperbanyak asupan sayur, buah, dan air putih serta rajin berolahraga setiap hari.

Baik atau tidaknya perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh pola hidup Moms. Semakin Moms memerhatikan apa yang dikonsumsi, maka janin juga akan bertambah sehat dan berat badannya pun dapat meningkat secara perlahan.

Tambah asupan vitamin, mineral, kalori, dan protein Moms untuk meningkatkan kesehatan janin. Yuk, mulai gaya hidup sehat sekarang juga!

(ARK)

Artikel Terkait