ORAMI MAGAZINE
16 Mei 2018

Ini Cara Mengatasi Gelembung Air Pada Luka Bakar

Jangan dipecahkan sendiri ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tanya : 

Dokter, 4 hari yang lalu tangan saya terkena cipratan bubur mendidih, lalu saya siram air dingin. Rasanya perih dan panas, tak lama kemudian muncul gelembung air. Sampai sekarang gelembungnya masih ada tapi sudah tidak sakit.

Bagaimana menghilangkan gelembungnya? Apa akan pecah atau hilang dengan sendirinya ? Apabila pecah, bolehkah saya beri salep bioplacenton ?

Jawab : 

Luka bakar (terutama luka bakar ringan) sering dianggap sepele dan diobati atau ditangani dengan cara yang kurang tepat. Akibatnya adalah infeksi dan penyembuhan luka yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan parut/scar.

Bila timbul bula (gelembung pada kulit yang terbakar berisi cairan) janganlah dipecahkan dan kulitnya dikupas karena tindakan ini akan membuat luka terinfeksi. Bula sebaiknya disedot (aspirasi) menggunakan needle (jarum steril) dan kulit yang hangus dibiarkan terkupas sendiri.

Untuk menghindari terbentuknya bekas luka yang buruk, seheralah berkonsultasi ke dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik (Sp.BP-RE)

Dijawab oleh : dr. Tri Ari Wibowo

Sumber : meetdoctor.com