KESEHATAN
20 Mei 2018

Ini Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah dan Sehat

Tak perlu diet terlalu ketat yang menyiksa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Tanya : 

Dok saya perempuan usia 24 tahun tinggi badan saya 161 cm dan berat badan (BB) 52 kg.

BB saya naik 4 kg dalam sebulan yang semula hanya 48 kg, tapi saya merasa badan saya jadi kurang fit saya jadi lebih sering engap kemudian perut saya buncit seperti orang hamil dan seperti yang begah.

Bagaimana cara mengendalikan berat badan agar walaupun BB bertambah tapi tidak membuat bentuk tubah kurang bagus dan hanya gemuk di daerah tertentu saja?

Terima kasih.

Jawab : 

Beberapa tips untuk membantu menurunkan berat badan, antara lain:

  1. Berolahraga secara rutin, seperti joging, jalan cepat, berenang, sepeda statis dll 1-2 kali dalam seminggu dengan lama aktivitas 1-2 jam.
  2. Memilih untuk naik turun tangga daripada menggunakan lift atau eskalator sebagai alternatif berolahraga saat Anda bekerja.
  3. Melakukan olahraga juga bisa dilakukan sambil duduk, seperti mengencangkan otot perut seperti menahan nafas selama beberapa detik, melakukan gerakan kaki seperti mengayuh sepeda sambil duduk, melakukan stretching ringan setiap 2-3 jam Anda duduk.
  4. Membiasakan pola makan yang sehat, seperti menghindari cemilan berkalori dan berlemak tinggi seperti roti, kue, teh manis, keripik dll, perbanyak konsumsi sayur dan buah, makan cemilan sehat seperti snackbar, buah potong, teh hijau hangat tawar.
  5. Kurangi asupan makan malam.
  6. Minum air putih sebelum makan agar Anda tidak makan terlalu banyak.

Akan lebih baik jika anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis gizi untuk program penurunan berat badan yang sehat.

Dijawab oleh : dr. Lidwina Cindy Chandra

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait