TREN
21 September 2018

Ini Cara Menyimpan Makanan yang Benar Agar Kulkas Tidak Bau

Jangan sampai bau merusak bahan makanan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Bukan hanya itu, daging, ikan, telur juga disimpan dalam kulkas. Sayur-sayuran hingga obat-obatan jenis sirup kadang pula dimasukkan ke dalam kulkas.

Berbagai macam bahan makanan yang disimpan di kulkas lama-kelamaan akan membuat bau di kulkas tercampur aduk sampai tak bisa dikenali.

Memang, meletakkan semua bahan makanan maupun olahan jadi dalam satu tempat bisa menyebabkan rasa maupun aroma makanan berubah.

Belum lagi terjadinya kontaminasi silang yang bisa membuat bakteri dari satu makanan berpindah ke makanan lain yang ada dalam kulkas.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Supaya hal itu tidak mudah terjadi, simak tips berikut ini:

1. Rak paling atas untuk makanan jadi

shutterstock 551417410

Kue, puding, dan beberapa makanan yang sudah diolah sebaiknya diletakkan di rak paling atas. Hal ini agar makanan tidak kejatuhan kotoran dari bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan maupun tetesan daging atau tahu yang berair.

Akan lebih baik bila makanan disimpan dalam wadah tertutup sebelum diletakkan di dalam kulkas. Selain akan membuat rasa dan aroma makanan terjaga, cara ini juga menjaga makanan tetap higienis.

2. Rak tengah untuk sayuran dan buah-buahan

shutterstock 553662235

Saat menyimpan sayur, usahakan agar rak penyimpanannya di kulkas kering dan tidak basah karena tetesan makanan di atasnya. Tidak perlu membuka bungkus plastik sayuran dan buahan-buahan saat akan menyimpannya ke dalam kulkas.

Di samping untuk menghindari kontaminasi silang dan kebersihan kulkas, juga untuk mempertahankan kualitasnya agar tetap segar dan kaya nutrisi.

Biasanya, karena rak tengah cukup banyak, manfaatkan untuk menyimpan telur, keju, dan yogurt, tetapi dalam keadaan tertutup atau terbungkus.

3. Rak paling bawah untuk daging, ayam, dan ikan

shutterstock 230412916

Untuk makanan berbau tajam seperti ikan, daging, dan ayam, sebaiknya tempatkan pada bagian kulkas paling bawah. Jangan lupa menutupnya secara rapat agar bau amis tidak tercium dan kontaminasi silang tidak terjadi.

Bagian pintu kulkas bisa dimanfaatkan untuk selai, air putih, dan minuman dalam botol.

Atur suhu kulkas 4 derajat Celcius ke bawah agar bisa menjaga makanan tetap segar serta tidak mudah membuat bakteri berkembang biak. 

Sumber : nestle

Artikel Terkait