BALITA DAN ANAK
7 Mei 2019

Ini Caranya Menggunakan Ponsel Untuk Membangun Bonding dengan Anak

Kuncinya, Moms perlu jadi lebih kreatif menyiasatinya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Penggunaan ponsel memang kerap dipandang negatif dalam proses tumbuh kembang anak, serta berikan risiko kesehatan lain yang tentu ingin Moms hindari.

Dampak negatif dari penggunaan ponsel yang berlebihan salah satunya adalah kadar kelekatan atau bonding antara orangtua dan anak yang cenderung berkurang.

Jika Moms ataupun anak sama-sama sibuk bermain ponsel, kondisi ini menyebabkan berkurangnya interaksi terhadap satu sama lain.

Karena itu, penting menyisihkan waktu untuk sekedar bermain atau mengobrol dengan Si Kecil demi tumbuh kembangnya.

Chitra Annisya, M.Psi, psikolog anak dari Tiga Generasi menjelaskan, dua tahun pertama kehidupan merupakan saat terbaik untuk membangun bonding antara anak dengan orangtuanya.

gadgetanak2

Foto: askaboutgames.com

Baca Juga: Sambut Hari Bumi, Ajak Anak Sayangi Lingkungan dengan 7 Cara Ini

Chitra mengatakan, orangtua dapat menyiasati minimnya waktu bersama buah hati dengan meluangkan 15-30 menit setiap harinya untuk membangun momen bonding dengan anak serta memaksimalkan kualitas interaksi tersebut.

"Orangtua juga harus memastikan hal ini berjalan secara konsisten dan berkelanjutan. Membangun bonding bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk bermain bersama. Aktivitas bermain yang sederhana pun bisa jadi momen bonding yang seru, menyenangkan, dan bermakna,” jelasnya.

Namun, bukan berarti penggunaan ponsel benar-benar dilarang dalam mengasuh anak ya, Moms. Moms bisa menggunakan ponsel sebagai alat untuk melakukan bonding bersama anak.

Menggunakan Gadget Untuk Bonding dengan Si Kecil

gadgetanak1

Foto: kaspersky.com

Baca Juga: Apakah Stunting Merupakan Penyakit Genetik? Ini Kata Ahli!

Tetapi perlu diingat, penggunaan ponsel atau alat elektronik tidak boleh digunakan pada anak yang masih berusia kurang dari 2 tahun.

"Memang sebaiknya di bawah 2 tahun itu tidak menggunakan gadget ketika bermain dengan anak. Tapi bila usia anak lebih dari 2 tahun, orangtua juga sudah bisa memasukkan penggunaan gadget pada rutinitas sehari-hari," jelas Chitra.

Ia menambahkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan gadget sebagai alat untuk bonding dengan anak.

"Misalnya dengan menggunakan nyanyian, aplikasi musik, bisa juga dimodifikasi. Kuncinya, orangtua memang harus sekreatif mungkin. Jadi, tidak semata-mata diam dan memainkan gadget masing-masing."

"Memang yang paling penting adalah interaksi dengan anak yang selalu ada ketika orangtua sedang melakukan bonding," tutupnya.

Nah, itu dia Moms tips menggunakan perangkat elektronik untuk melakukan bonding dengan Si Kecil.

Ingat untuk selalu membuat adanya interaksi dan jiwa kreatif dari Moms untuk menjadikan gadget alat yang menyenangkan dalam proses tumbuh kembang anak, ya.

(AP/CAR)

Artikel Terkait