FASHION & BEAUTY
22 Juli 2019

Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Akibat Berlubang

Menjaga kebersihan gigi dapat membantu meringankan rasa ngilu pada gigi berlubang lho, Moms!
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh Dina Vionetta

Masalah gigi berlubang tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam sehari-hari. Selain terkadang membuat gigi terasa sakit, gigi berlubang juga bisa menimbulkan rasa ngilu.

Menurut dr. Peter Domoto, Head of Pediatric Dentistry Department di Washington School of Dentistry University, gigi berlubang terjadi karena adanya infeksi bakteri yang bisa terjadi pada usia 9-10 bulan. Jika terus dibiarkan, infeksi gigi ini bisa membuat gigi menjadi sakit dan rusak.

Bagi Moms yang memiliki masalah tersebut, jangan patah semangat dulu. Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan sakit gigi akibat berlubang. Apa saja? Yuk kita lihat di bawah ini!

1. Hindari Makanan Minuman Panas dan Dingin

hotcolddrinks 15

Gigi Moms memiliki lapisan plak yang menghasilkan asam dan menggerogoti enamel gigi. Sebaiknya hindari makanan dan minuman yang sangat dingin atau sangat panas, karena lapisan tersebut bisa bereaksi dengan sangat menyakitkan pada suhu yang ekstrem.

Bukan hanya makanan dan minuman saja, ingatlah saat menyikat gigi juga jangan berkumur dengan air yang panas atau dingin.

Baca Juga: Ini 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

2. Hindari Makanan Minuman Manis atau Asam

5644545987 2b4eb0701a b

Selain menghindari makanan dengan suhu tertentu, Moms juga harus menghindari makanan serta minuman manis dan asam.

Sebagian besar orang memiliki gigi yang mungkin tidak peka terhadap panas dan dingin atau makanan manis dan asam, tetapi ingatlah bahwa makanan dan minuman tersebut membuat kerusakan yang lebih parah.

3. Hindari Obat Penghilang Rasa Sakit

stocksnap lkm1t38b6s 1440x954

Jika dokter gigi Moms mengizinkan, minumlah obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Namun perlu diingat, bahwa secara umum, obat penghilang rasa sakit yang mengurangi peradangan bekerja paling baik hanya untuk masalah sakit gigi, yang sebagian besar rasa sakit gigi disebabkan oleh jaringan atau saraf.

Jangan sekali-kali Moms berusaha untuk menghilangkan rasa sakit setelah pengobatan pada gigi atau terjadi kerusakan pada jaringan gusi karena obat penghilang rasa sakit itu adalah bahan kimia yang dapat membakar gusi.

4. Gunakan Minyak Cengkeh

clove oil

Minyak cengkeh atau eugenol mengandung sifat antiseptik dan anestesi. Menggunakan eugenol di rumah dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang.

Moms bisa merendam sepotong kapas kecil ke dalam minyak cengkeh, lalu bersihkan jaringan pada gigi untuk menghilangkan sakitnya.

Cukup kompres saja dan pastikan Moms tidak menelan minyaknya.

Baca Juga: Jangan Malas Ke Dokter Gigi! Ini Akibatnya Jika Tak Rajin Membersihkan Karang Gigi

5. Menjaga Kebersihan Gigi

how bad brush teeth once day 501046951 peopleimages

Dilansir dari verywellhealth.com, menjaga mulut tetap bersih dapat membantu mengurangi rasa sakit, karena gumpalan bakteri akan menghasilkan asam yang menempel pada gigi dan dapat memicu rasa sakit pada gigi.

Karenanya tetaplah menjaga kebersihkan gigi dan berupaya menghilangkan sisa-sisa makanan untuk mengurangi sakit gigi. Jangan menghindari untuk menyikat gigi saat gigi terasa sakit.

Selain itu, jika Moms juga bisa menemui dokter gigi untuk mencari solusi rasa ngilu dari gigi berlubang yang Moms alami. Namun, sebaiknya jangan tunda lebih lama karena semakin dalam rongga akan semakin banyak rasa sakit yang ditimbulkannya.

Baca Juga: Ngilu Akibat Sakit Gigi? Ini 5 Cara Alami untuk Meredakannya!

Yuk, menghilangkan sakit gigi akibat berlubang dengan cara-cara aman tersebut.

(MDP)

Artikel Terkait