BALITA DAN ANAK
26 September 2019

Ini Deretan Vaksin yang Wajib Diberikan untuk Si Kecil!

Moms, ini deretan vaksin yang wajib diberikan untuk Si Kecil.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Membahas soal vaksin memang cukup memusingkan, terutama untuk para ibu baru. Bahkan tidak sedikit yang masih mempertanyakan apakah vaksin benar-benar dibutuhkan untuk Si Kecil?

Kalau Moms berpikir seperti itu, jawabannya adalah vaksin sangat penting untuk Si Kecil dan harus diberikan, Moms! Menurut jurnal ilmiah dari Standford Children’s Health, vaksin sangat penting diberikan untuk Si Kecil guna menghindari dia terkena virus berbahaya dan meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Vaksinasi tidak hanya melindungi Si Kecil dari penyakit mematikan, seperti polio, tetanus, dan difteri, tetapi juga menjaga anak-anak lain terap aman dan sehat dengan menghilangkan atau mengurangi penyakit berbahaya yang biasanya menyebar dari satu anak ke anak lainnya.

Nah, berikut ini deretan vaksin apa saja yang wajib diberikan untuk Si Kecil.

Vaksin Hepatitis B

Ini Deretan Vaksin yang Wajib Diberikan untuk Si Kecil!

Foto: Medical News Today

Penyakit hepatitis memang umumnya menyerang orang dewasa dengan gaya hidup yang cenderung acuh pada kesehatannya. Namun, tidak menutup kemungkinan Si Kecil juga dapat tertular penyakit ini.

Oleh karena itu, vaksin hepatitis B dibutuhkan untuk Si Kecil. Selain menjaganya agar tidak tertular virus hepatitis, vaksin ini juga dibutuhkan untuk mencegah risiko penularan virus hepatitis dari Moms ke Si Kecil.

Baca Juga : 6 Alasan Orang Tua Menolak Pemberian Vaksin untuk Anaknya

Vaksin Polio

Ini Deretan Vaksin yang Wajib Diberikan untuk Si Kecil!

Foto: IAHPS

Vaksin polio juga masuk dalam daftar vaksin yang wajib diberikan untuk Si Kecil. Virus yang menyerang sistem saraf pusat di otak ini amat berbahaya. Pengindap polio bisa menderita lumpuh di anggota tubuh dan mengganggu sistem pernapasan serta pencernaan.

Vaksin BCG

Ini Deretan Vaksin yang Wajib Diberikan untuk Si Kecil!

Foto: Harvard Health

Vaksin bacillus calmette Guerin (BCG) merupakan vaksin yang melindungi Si Kecil dari penyakit tuberculosis atau lebih dikenal dengan TBC.

Si Kecil sebaiknya diberikan vaksin ini dalam rentang usia baru lahir hingga dua bulan, sebab itu adalah kelompok usia yang paling efektif menerima vaksin BCG. Vaksin ini cukup diberikan sekali dalam seumur hidup.

Baca Juga : Yuk Ketahui Beda Vaksin MR dan MMR

Vaksin Pentavalen

Ini Deretan Vaksin yang Wajib Diberikan untuk Si Kecil!

Foto: NHS UK

Vaksin jenis ini memang masih terbilang baru tetapi wajib diberikan untuk Si Kecil. Vaksin Pentavalen mampu mencegah lima penyakit sekaligus, di antaranya adalah difteri, pertussis, tetanus, hepatitis atau HIB (haemophylus influenza tipe B).

Vaksin Campak

Ini Deretan Vaksin yang Wajib Diberikan untuk Si Kecil!

Foto : Info Imunisasi

Penyakit campak menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang kelompok usia anak-anak. Penyakit ini bisa mengganggu sistem pernapasan dan lama kelamaan bisa menyebabkan infeksi ke seluruh tubuh. Itulah mengapa vaksin campak sangat wajib diberikan untuk Si Kecil.

Baca Juga : Catat! Ini Pentingnya Vaksin Influenza untuk Anak

(NA/KM)

Artikel Terkait