GAYA HIDUP
25 Oktober 2019

Ini Dia 4 Kota yang Paling Banyak Pilihan Kulinernya

Moms bisa menikmati makanan-makanan lezat khas kota ini
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia memiliki beragam wisata kuliner yang nikmat tiada duanya. Bahkan untuk kita para pecinta kuliner, rasanya jika berwisata ke kota manapun, belum afdol rasanya jika tidak melakukan wisata kuliner.

Bahkan banyak juga wisatawan dari luar negara yang jika berwisata ke Indonesia, ingin mencicipi langsung, kuliner-kuliner khas Indonesia yang lezat.

Baca Juga: Buat yang Suka Pedas, Berani Coba 5 Kuliner Pedas Ini?

Nah, untuk Moms yang hobi berkeliling Indonesia bersama keluarga di musim liburan, sambil mencicipi wisata kuliner yang nikmat, ada beberapa kota yang harus disinggahi nih. Kuliner-kuliner di kota ini sangat enak dan lezat. Apa saja kota yang banyak kulinernya? Yuk intip di bawah ini.

1. Pontianak, Kalimantan Barat

kota yang banyak kulinernya

Foto: pontibonticake.com

Kota Pontianak termasuk dalam kota yang banyak kulinernya yang wajib Moms kunjungi. Bahkan saking populernya kuliner-kuliner di kota ini, sampai diangkat menjadi salah satu latar dalam film Indonesia, yaitu Aruna dan Lidahnya, yang diperankan oleh artis Dian Sastrowardoyo.

Mulai dari jajanan kaki lima, hingga kedai kopinya semua wajib disinggahi. Dijamin Moms tidak akan menyesal. Rasanya tentu sudah tidak diragukan lagi dan harganya pun terjangkau.

Nah jika Moms berencana liburan ke Pontianak, salah satu makanan khasnya adalah choi pan. Choi pan merupakan jenis kue basah yang terbuat dari tepung beras, dengan bentuk mirip dengan gyoza Jepang. Isinya bermacam-macam, ada bengkuang, kucai, dan talas dengan campuran ebi. Enak banget!

Selain itu, untuk para penggemar ketan, wajib coba makan pengkang. Pengkang merupakan camilan yang mirip seperti lemper dengan bentuk kerucut. Tentu ada isinya, yaitu ebi. Ketan ini lalu dibalut dengan daun pisang dan dibakar dengan bara api.

Jangan lupa untuk coba bakmi kepiting yang terkenal juga ya Moms!

Baca Juga: Gurih dan Legit, Ini 6 Jajanan Tradisional Ketan yang Banyak Dinikmati

2. Daerah Istimewa Yogyakarta

kota yang banyak kulinernya

Foto: jakartawalkingtour.com

Yogyakarta juga terkenal dengan kuliner-kulinernya yang enak. Belum lagi harganya yang terjangkau. Kuliner-kuliner Yogya ini terkenal dengan cita rasanya yang manis dan gurih lho Moms, seperti gudeg, bakpia, dan yangko.

Kota yang banyak kulinernya ini terkenal dengan gudegnya lho Moms. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Waktu masaknya hingga membutuhkan waktu berjam-jam lho Moms. Jangan lupa juga sate klathak yang menggugah selera ya Moms.

3. Bogor, Jawa Barat

kota yang banyak kulinernya

Foto: food.detik.com

Kota yang dikenal dengan nama kota hujan ini juga termasuk dalam kota yang banyak kulinernya. Mulai dari makanan asin hingga makanan manis, semua lengkap dan bisa Moms coba.

Moms mungkin pernah mendengar makanan ngo hiang. Makanan satu ini merupakan kuliner khas kota Bogor berbahan dasar daging yang tidak halal, namun digoreng dengan renyah setelah dibalut dengan tepung. Jadi cocok untuk Moms dan keluarga yang beragama non muslim.

Baca Juga: Seru Banget! Ini Destinasi Wisata di Bogor yang Pas untuk Anak

Selain ngo hiang, ada juga laksa dan soto kuning lho Moms, kedua makanan ini bisa dinikmati siapa saja karena halal.

4. Solo, Jawa Tengah

kota yang banyak kulinernya

Foto: sajiansedap.grid.id

Kota ini memang terkenal dengan kerapihan kotanya. Namun tidak hanya itu, Solo juga merupakan kota yang banyak kulinernya untuk para pelancong. Di sini kita juga bisa berkunjung ke Keraton Surakarta dan menikmati kejayaan kerajaan Jawa.

Berbagai kuliner enak yang tidak boleh kita lewatkan dari tempat ini seperti nasi liwet, timlo, selat sunda, tongseng, dan cambuk rambak. Sebagai hidangan penutup ada serabi Notosuman yang terkenal lho, dan tentunya es gempol.

Itu dia beberapa kota yang banyak kulinernya. Hayo, Moms ingin mencoba singgah ke kota yang mana nih?

Artikel Terkait