KESEHATAN
23 Mei 2019

Ini Dia 4 Makanan Yang Baik untuk Vagina (Serta 3 yang Terburuk!)

Sebagaimana bagian tubuh lainnya, kesehatan vagina juga penting untuk dijaga.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Selain memastikan untuk selalu menjaga vagina dalam keadaan bersih, Moms juga harus memastikan asupan makanan tidak berakibat buruk pada vagina.

Sebagai wanita, kita juga harus mengetahui asupan nutrisi yang baik bagi vagina.

Jadi, seperti apakah makanan yang baik untuk vagina? Sebaliknya, seperti apa makanan yang buruk untuk vagina?

Yuk, simak penjelasan para ahli di bawah ini;

Makanan yang Baik untuk Vagina

1. Probiotik dan Prebiotik

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 01.jpg

Seperti juga usus, vagina memerlukan bakteri baik untuk mencegah infeksi dan menjaga pH agar tetap normal. Ternyata, makanan yang baik bagi usus juga merupakan makanan yang baik untuk vagina.

Jennie Ann Freiman M.D seorang dokter obgyn di New York menuturkan, mengonsumsi probiotik dapat membantu wanita yang bermasalah dengan vaginitis.

Vaginitis adalah ketidaknyamanan vagina kronis yang menyebabkan sakit pada saat berhubungan seks.

Brian A Levine, M.D-dokter kesuburan di New York, menyarankan untuk memakan makanan prebiotik seperti bawang putih, bawang, daun bawang mentah, bersama dengan makanan probiotik seperti yogurt, tempe, kimchi, dan kombucha.

Satu hal yang perlu diingat, mengonsumsi langsung makanan prebiotik dan probiotik lebih baik dari pada mengkonsumsi suplemennya, karena sesuatu yang dihasilkan lab tidak bisa mengalahkan apa yang dihasilkan oleh alam.

2. Kacang-Kacangan

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 02.jpg

Lemak sehat dalam kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat sering disebut sebagai superfood karena fungsinya untuk mengontrol kolesterol.

Lemak sehat juga bisa membantu menjaga keseimbangan tingkat estrogen dan menciptakan lapisan mukosa yang sehat yang bisa mencegah infeksi.

Almond dan kacang-kacangan lainnya seperti mede atau pistachio merupakan makanan yang baik bagi vagina karena selain lemak sehat juga mengandung vitamin B dan kalsium yang mencegah vaginitis, ujar Dr. Levine.

3. Cranberry

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 03.jpg

Alyssa Dweck, MD, ahli kandungan asal New York dan penulis buku The Complete A to Z for Your V mengatakan cranberry merupakan makanan yang baik untuk vagina dan kandung kemih Anda.

“Ada beberapa zat dalam jus konsentrat cranberry yang bisa membuat kandung kemih menjadi lebih licin dan lebih kebal terhadap bakteri E.Coli, bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih,“ ujarnya.

Infeksi saluran kemih membuat Anda merasa sakit di bagian vagina saat buang air kecil.

4. Kedelai

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 04.jpg

Dr Dweck mengatakan, kacang kedelai dan produk olahannya mengandung isoflavon yang menyerupai estrogen.

Zat tersebut bekerja mirip dengan estrogen dan sangat baik untuk mengurangi kekeringan vagina pada masa perubahan hormonal.

Makanan yang Buruk bagi Vagina

1. Makanan Olahan

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 05.jpg

Jika makanan prebiotik dan probiotik dapat menghasilkan bakteri baik bagi usus dan vagina, Dr. Freiman mengatakan, makanan olahan merupakan makanan yang buruk untuk vagina karena dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kekebalan tubuh yang menurun ini dapat menyebabkan masalah pada vagina, termasuk bakteri pada vagina, kekeringan, kesakitan saat berhubungan seks dan infeksi saluran kencing.

2. Gula Secara Berlebih

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 06.jpg

Tak hanya bisa membuat diabetes, terlalu banyak mengonsumsi gula tidak baik juga untuk vagina Anda.

“Secara spesifik itu bisa membahayakan dan membunuh bakteri yang penting pada vagina,” ujar Burt Webb, M.D, seorang dokter obgyn di Scotsdale, AZ.

Ketidakseimbangan bakteri bisa menyebabkan infeksi jamur, rasa sakit dan iritasi yang tentunya tidak Moms inginkan.

3. Alkohol

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 07.jpg

Seperti gula, alkohol juga dapat membunuh bakteri baik organ intim sehingga dapat dikategorikan sebagai makanan yang buruk untuk vagina.

Hal tersebut dikatakan oleh Alyssa Dweck, MD, ahli kandungan asal New York dan penulis buku The Complete A to Z for Your V.

4. Daging dan Susu yang Mengandung Hormon Buatan

Makanan Yang Baik dan Buruk Untuk Vagina 08.jpg

Daging tertentu dan produk susu yang berisi xenoestrogen—hormon buatan yang meniru estrogen.

Menurut Dr. Webb, ini merupakan makanan yang buruk untuk vagina karena bisa menghalangi estrogen, yang bisa menyebabkan vagina Anda infeksi.

Anda adalah apa yang Anda makan. Ketika Anda mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan vagina, maka kualitas kehidupan seks Anda juga akan menjadi baik. Jangan lupa makan-makanan sehat ya, Moms!

(MAG)

Artikel Terkait