KESEHATAN
11 September 2019

Ini Dia 4 Makanan yang Bisa Menyembuhkan Bisul di Kulit

Bisul ternyata bisa dihilangkan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Yuk Moms dilihat, apa saja makanan penghilang bisul!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Moms, selain menjaga kebersihan diri, penting juga untuk mengambil nutrisi yang tepat untuk membantu menghilangkan bisul. “Jika penderita menjalankan diet sederhana tepat guna, mungkin membantu menyembuhkan bisul-bisul yang diderita,” ucap Dr Adam J. Singer dari Johns Hopkins University.

Makanan yang baik juga akan meningkatkan daya tahan, sehingga bakteri tidak akan merusak kulit. Di artikel ini, kami pilihkan makanan dan minuman terbaik yang bisa menyembuhkan bisul sepenuhnya dari kulit.

1. Air Putih dan Jus

Shujinkouron.jpg

Foto: Shoujinkouron.com

Sangat penting minum banyak air secara teratur untuk menghindari bisul. Tubuh Moms akan tetap terhidrasi dan racunnya akan mudah luntur oleh asupan air yang sangat besar.

Moms juga bisa membuat jus jeruk encer di rumah. Jangan lupa, minum dua gelas di pagi hari dan dua gelas di malam hari. Karena wortel memiliki vitamin A yang akan melindungi tubuh dari bisul. Moms dapat mencoba jus wortel segar setiap hari.

Jadi, jangan lupa menghidrasi diri. Air putih dan jus yang Moms asup tersebut bisa menyembuhkan bisul.

Baca Juga : Kiat Meredakan Bisul Tanpa Harus Ke Dokter

2. Buah Segar

Jangan Sembarang Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Buah - makan buah ganggu pencernaan.jpg

“Untuk menghindari bakteri merajalela di kulit Anda, penting untuk makan buah-buahan yang sebagian besar terdiri dari vitamin C,” jelas Dr Singer.

Buah-buahan merupakan makanan yang bisa menyembuhkan bisul. Jika keluarga kita mengonsumsi buah-buahan seperti mangga, jeruk, nanas, kiwi, jeruk bali dan buah persik, level vitamin C di tubuh akan meningkat. Dengan demikian, infeksi kulit akan berkurang dan penderita akan lebih cepat sembuh dari bisul.

Baca Juga : 6 Langkah Mengobati Bisul Pada Balita, Jangan Dipencet, Ya!

3. Sayuran

Sup Sayur Untuk Bayi Manfaat dan Resep Pilihan 3.jpg

Untuk menyembuhkan bisul dari kulit, kita perlu mengonsumsi sayuran bergizi dalam jumlah yang baik. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan kubis kaya akan magnesium, vitamin C dan asam folat.

Ada juga brokoli yang kaya akan vitamin C, E dan beta-karoten. Bunga kol yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B-kompleks dan vitamin E. Bawang putih dan bawang merah yang kaya akan asam amino, kacang hijau sumber karbohidrat dan protein, dan wortel yang kaya akan beta-karoten.

Oh iya Moms, hindari kentang, kacang polong dan kacang polong yang penting dalam karbohidrat.

4. Almond dan Kacang

Medical News Today.jpg

Foto: MedicalNewsToday

Jika bisul membuat masalah, Moms bisa mengonsumsi 4-5 almond, kacang tanah, dan kenari sebelum sarapan. Juga ulangi di waktu malam. Kacang mengandung vitamin E yang baik untuk kulit.

Selain itu, kedelai, kubis Brussel, zaitun, biji bunga matahari, dan gandum yang kaya vitamin E juga merupakan makanan yang bisa menyembuhkan bisul.

Baca Juga : Serba-serbi Bisul di Badan

Artikel Terkait