NEWBORN
23 Maret 2019

Ini Dia 5 Aktivitas Sensorik Untuk Bayi

Mandi pun bisa merangsang kemampuan sensorik bayi
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Aktivitas sensorik bayi bukan hanya penting bagi perkembangan otak mereka, tetapi juga sangat bermanfaat bagi Moms untuk beristirahat sejenak sambil mengawasi Si Kecil yang sedang belajar tentang hal-hal baru di sekitarnya.

Coba aktivitas sensorik mudah di bawah ini untuk merangsang indera bayi dan memberikan stimulasi pada mereka dengan mengeksplorasi hal-hal baru.

1. Mandi Sambil Belajar Mengenal Objek

xx aktivitas sensorik untuk bayi 1

Foto: essentialbaby.com.au

Dilansir dari BabyCentre, aktivitas mandi memungkinkan Moms untuk mengajari Si Kecil belajar tentang tenggelam dan mengambang, hangat dan dingin, atau basah dan kering.

Tunjukkan pula pada bayi bagaimana air mengalir di antara benda-benda yang berbeda. Dorong Si Kecil untuk mengeksplorasinya sendiri menggunakan cangkir, spons, dan botol.

2. Menari Bersama untuk Perkembangan Emosional

xx aktivitas sensorik untuk bayi 2

Foto: dailyrecord.co.uk

Putar salah satu lagu favorit Moms sambil menggendong si kecil, kemudian bergeraklah dengan lembut mengikuti irama musik seperti sedang menari.

“Ini akan mendorong minat pada musik dan memperkuat ikatan dengan orang tua, yang terpenting adalah untuk perkembangan emosional,” kata psikolog anak dan remaja Robert Myers, Ph.D., seperti dikutip Parents.

3. Belajar Mengenal Tekstur dari MPASI

xx aktivitas sensorik untuk bayi 3

Foto: cgbabyclub.co.uk

Begitu Si Kecil mulai dikenalkan dengan makanan padat, jelaskan rasanya dan tekstur dari makanan yang berbeda di setiap waktu makannya.

Dorong Si Kecil untuk mengeksplorasinya sendiri menggunakan tangan dan mulutnya. Ini memang akan menyebabkan sedikit kekacauan, tetapi Si Kecil akan menikmatinya.

4. Bermain Meniru dan Mengikuti

xx aktivitas sensorik untuk bayi 4

Foto: parents.com

Mulailah dengan sesuatu yang mudah ditiru bayi seperti membuka dan menutup tangan, mengetuk meja, bertepuk tangan, dan melambaikan tangan. Lihat berapa banyak tindakan yang bisa ditiru Si Kecil secara berturut-turut.

Jika Si Kecil terlihat menyukainya dan semakin bersemangat, tingkatkan tantangan dengan menambahkan gerakan baru yang sedikit lebih susah. Tetap perhatikan bagaimana reaksi si kecil. Turunkan kembali tingkat kesulitannya jika Si Kecil tampak frustrasi. Kunci dari aktivitas bayi untuk melatih kemampuan sensorik ini adalah harus menyenangkan.

Bukan hanya meniru, aktivitas semacam ini juga membantu bayi mempelajari percakapan timbal-balik serta bermanfaat untuk memperkuat ingatannya.

5. Mengenal Tekstur dan Suara dengan Bermain Velcro

xx aktivitas sensorik untuk bayi 5

Foto: thekavanaughreport.com

Bayi dan anak-anak selalu tertarik dengan suara yang dihasilkan Velcro dan berbagai cara kreatif untuk menggunakannya dapat memicu rasa penasaran bayi. Biarkan Si Kecil mengeksplorasi sendiri Velcro yang dipegangnya sehingga ia dapat belajar tentang bagaimana ia merekatkannya dan memisahkannya.

Moms juga dapat menyediakan berbagai benda berbeda seperti boneka, tali sepatu, atau kaus kaki. Biarkan Si Kecil belajar mengetahui benda mana yang bisa merekat dengan Velcro miliknya dan mana yang tidak.

Aktivitas ini dapat mulai dikenalkan setelah si kecil mampu menopang kepalanya sendiri ketika melakukan tummy time atau setelah Si Kecil bisa duduk, baik dengan ataupun tanpa dukungan Moms.

Nah, itulah beberapa aktivitas sensorik sederhana yang dapat Moms kenalkan pada si kecil. Apakah ada aktivitas sensorik bayi lainnya yang biasa Moms lakukan bersama Si Kecil?

(RGW/IRN)

Artikel Terkait