KESEHATAN
22 Oktober 2019

Ini Dia 5 Makanan yang Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit Kuning

Bisa diringankan dengan makanan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Penyakit kuning adalah penyakit yang mempengaruhi hati. Ada beberapa makanan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit ini. Apa saja?

Moms, pengobatan penyakit kuning tidak hanya bisa dilakukan dengan obat-obatan semata. Aspek yang paling penting dari pengobatan penyakit kuning adalah makan makanan yang tepat.

Beberapa makanan dapat menyembuhkan penyakit kuning dan membantu kita sembuh lebih cepat. Berikut adalah makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan penyakit kuning.

Baca Juga: Yuk Kenali Tanda Penyakit Kuning Pada Bayi

1. Jus Lobak

cape-codder-2-1440.jpg

Foto: capecodder.com

“Jus yang diekstrak dari lobak segar dan daunnya mampu mengeluarkan bilirubin ekstra dari tubuh,” kata Dr. Giang Phung Tuan, dokter umum dari Vietnam penulis bukau Borderless Doctor.

Untuk menyiapkannya, parut satu lobak besar dan peras jusnya atau rebus daun lobak segar dalam air suling dan saring. Minum 2 hingga 3 gelas jus ini dua kali setiap hari selama 10 hari akan memberi tubuh hasil yang optimal.

Baca Juga: Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir dan Penanganannya

2. Jus Tomat

Cara Memutihkan Wajah dengan Tomat1.jpg

Tomat merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C. Itu sebabnya, tomat kaya akan likopen, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk tubuh. Jus tomat juga membantu Anda meremajakan sel-sel hati.

3. Jus Lemon

lime-lemon-orange-slices_1339-4600.jpg

Lemon adalah salah satu makanan terbaik untuk mendetoks tubuh. Peras satu lemon dan campur dengan segelas air hangat serta madu. Minum ramuan ini setiap pagi saat perut Anda masih kosong untuk membersihkan tubuh Anda.

4. Nanas

Pineapple_3a0e62bf-0fc4-428b-b501-649e738c3fcc_2000x.jpg

Foto: purenature.com

“Jus nanas muda, adalah diuretik dan vermifuge yang baik. Selain itu, sepotong nanas yang matang juga punya khasiat yang sama. Bisa mengatasi peradangan hati dan penyakit kuning,” ungkap Dr Tuan.

Yup. Nanas adalah buah yang dapat mendetoks tubuh dan membantu membersihkan sel-sel hati. Nanas merupakan salah satu makanan yang dapat menyembuhkan penyakit kuning secara efektif.

5. Air Tebu

“Air tebu memiliki banyak manfaat. Bisa memperkuat hati Anda dan obat yang terbukti ampuh untuk penyakit kuning. Antioksidan dalam jus tebu melindungi hati terhadap infeksi dan mempertahankan kadar bilirubin dalam kendali,” kata Dr Tuan.

Selain itu, air tebu memiliki kandungan energi yang sangat tinggi dan dapat mempercepat proses pemulihan tubuh Anda.

Baca Juga: Ini Tanda Penyakit Kuning yang Sering Diabaikan

Nah, itulah, Moms, aneka makanan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit kuning. Selain enak, berkhasiat juga ya, Moms.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait