ORAMI MAGAZINE
8 September 2019

Ini Dia 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Biduran

Dari aloe vera sampai baking soda, ampuh atasi biduran
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Biduran adalah gangguan kulit sebagai dampak alergi terhadap beberapa hal. Bisa bahan makanan, cuaca dingin atau panas, bulu binatang sampai stres.

Gejala biduran pada umumnya berupa bercak- bercak atau bentol kemerahan di permukaan kulit dengan ukuran yang berbeda- beda dan rasanya sangat gatal. Gangguan kulit ini bisa muncul di mana saja termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan, atau telinga.

Bahan alami biduran 1.jpg

Pada umumnya, biduran tidak berbahaya. Gejala biduran biasanya akan menghilang dalam waktu 24 jam, sehingga tidak dibutuhkan pengobatan tertentu. Meski bisa hilang dengan sendirinya, gejala biduran bisa cukup menganggu Moms.

Bahan alami biduran 2.jpg

Namun untuk meredakan gejalanya, jangan buru- buru membeli obat ya Moms. Karena biduran ternyata juga bisa diobati cara yang alami. Bahan-bahannya juga sangat mudah diperoleh.

Berikut lima bahan alami yang mampu meredakan gejala biduran.

Bahan alami biduran 3.jpg

Baca Juga: Biduran Saat Hamil, Ketahui Penyebab dan Cara Penanganannya

1. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dipercaya cukup ampuh dalam mengurangi inflamasi sekaligus meredakan biduran.

Caranya, cukup basahi kertas tisu atau tisu toilet dengan sari cuka apel yang teksturnya masih kasar. Oleskan ke bagian kulit yang gatal beberapa kali sehari.

2. Essential Oils

Essential oils.jpg

Essential oils cukup banyak jenisnya. Untuk meredakan gejala biduran, gunakan varian peppermint, tea tree, dan lavender.

Caranya juga sangat mudah, campurkan ketiga varian essential oils di atas, lalu oleskan essential oil ini pada bagian- bagian kulit yang kemerahan.

Baca Juga: 4 Hal Ini Tanpa Disadari Jadi Penyebab Biduran

3. Coconut Oil atau Minyak Kelapa

Coconut oil.jpg

Minyak kelapa ternyata juga mampu menyembuhkan biduran. Namun, penggunannya harus dicampur dengan essential oils.

Caranya, sediakan satu mangkuk besar, masukkan 1/2 gelas minyak kelapa lalu tambahkan 5 tetes minyak peppermint, 3 tetes minyak tea tree, 3 tetes minyak lavender dan 3 tetes frankincense oil. Campur semuanya dengan hand mixer sehingga membentuk krim lembut. Berikutnya, oleskan secukupnya pada kulit yang terkena alergi.

4. Aloe Vera Gel

Aloe vera.jpg

Aloe vera gel tidak hanya mampu mendinginkan, tapi juga bisa meredakan rasa gatal pada kulit. Caranya, oleskan aloe vera gel pada bagian kulit yang bermasalah, tiga kali sehari.

5. Oatmeal

Oatmel tidak hanya baik untuk dikonsumsi. Serealia ini ternyata juga mampu meredakan gatal- gatal di kulit.

Caranya, oatmeal dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi bubuk. Lalu campurkan bubuk oatmeal ini dengan air hangat Kemudian gunakan untuk mandi atau berendam selama 20 menit.

Baca Juga: Ketahui Jenis Biduran dan Cara Mengatasi Biduran dengan Bahan Alami

6. Baking Soda

Baking soda .jpg

Salah satu bahan untuk membikin kue ini ternyata berkhasiat meredakan biduran dan mencegah biduran muncul lagi.

Caranya, campur 1/4 gelas baking soda atau bisa lebih jika biduran sudah menyebar di permukaan kulit, dengan air secukupnya. Oleskan dengan lembut pada bagian kulit yang gatal 4-5 kali sehari. Moms juga bisa menggunakan baking soda untuk mandi lho.

Bahan alami biduran 6.jpg

Nah, cukup mudah bukan, meredakan biduran hanya dengan bahan alami. Meski begitu, jika dengan pengobatan alami ini,gejala- gejala biduran tidak kunjung reda, atau bahkan disertai gejala lain, seperti pusing sampai kesulitan bernapas , maka Moms harus segera mencari rujukan medis ya.

Artikel Terkait