TREN
13 November 2017

Ini Dia 6 Makanan Korea yang Menggugah Selera

Nomor 2 sungguh menggugah selera
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Moms ingin mencoba nuansa baru dengan makanan khas Korea? Ada beberapa pilihan menu yang bisa Moms jadikan panduan saat ingin berpetualang rasa dari negeri ginseng ini.

1. Bulgogi

shutterstock 718448359

Bulgogi merupakan panganan berbahan dasar daging. Daging diiris tipis kemudian direndam dengan bawang putih, kecap asin, gula, minyak wijen, jahe, lada dan bahan lainnya. Proses pemasakannya biasanya ditumis bersama dengan bahan lain seperti jamur. Di Korea Selatan, bulgogi biasanya dimakan dengan cara dibungkus daun selada bersama dengan nasi, kimchi dan tambahan cabai jika menyukai rasa pedas. Rasanya lengkap mulai dari gurih, manis dan asin.

2. Bibimbap

shutterstock 541545379

Bibim artinya campur, sedangkan bap artinya nasi. Bibimbap adalah nasi campur versi Korea. Namun yang unik adalah, Moms akan mencoba makanan ini bukan dari mangkuk biasa tapi dari mangkuk batu panas. Gunanya adalah untuk menciptakan kerak nasi yang sudah bercampur dengan bumbu dan bahan lainnya. Bumbu yang digunakan untuk campuran nasi adalah gochujang atau sambal cabai, daging tumis, sayuran rebus seperti tauge, sayur bayam, jamur, dan wortel. Untuk menambah rasa, biasanya ditambah sedikit minyak wijen serta taburan biji wijen panggang. Rasanya pedas dengan sensasi yang berbeda disetiap gigitannya.

3. Jajangmyoen

shutterstock 750595441

Jajangmyeon adalah jenis panganan mie dengan saus kedelai hitam yang gurih kental dengan tambahan potongan daging. Cara memakannya, Moms harus mencampur mie dengan sausnya secara merata. Hati-hati, saat memakan saus biasanya akan menimbulkan cipratan ke muka atau baju Moms.

4. Jjampong

shutterstock 484240312

Jjampong juga merupakan jenis makanan berbahan mie. Namun yang berbeda adalah jjampong adalah mie kuah bercita rasa seafood. Jenis seafood yang ada dalam makanan ini bervariasi namun yang kerap ditemukan adalah jenis kerang, udang, cumi-cumi, gurita terkadang kepiting. Makanan berkuah ini cocok untuk Moms pecinta makanan pedas dan segar.

Baca juga: Makanan ini Sering Ada di Drama Korea

5. Ttokpokki

shutterstock 723075601

Ttokpokki merupakan makanan berbahan kue beras dengan kuah kental yang pedas. Biasanya, ttokpokki disajikan di pinggan besar bersama dengan telur rebus, fish cake dan aneka sayuran serta bawang bombay. Bahan dasar kuahnya biasanya adalah kaldu, teri dan rumput laut.

6. Kimbap

shutterstock 738074410

Makanan ini merupakan makanan yang mudah disantap. Moms bisa menyantapnya sambil menuju kantor atau mengantar si kecil sekolah. Kimbap serupa dengan sushi hanya saja kimbap hanya berisi sayuran atau tambahan daging yang digulung dengan rumput laut.

Seluruhnya menggugah selera, kan? Selamat berpetualang.

DNY

Artikel Terkait