KESEHATAN
4 Desember 2019

8 Obat Alami Kutu Air, Simak di Sini

Yogurt sampai baking soda bisa redakan kutu air yang membandel
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Kutu air adalah penyakit yang akrab bagi ibu-ibu rumah tangga.

Karena penyakit ini menyerang area tubuh yang kerap terkena air atau lembab, khususnya sela-sela jari kaki.

Biasanya karena kerap melakukan kegiatan- kegiatan rumah tangga seperti mencuci piring dan baju, jadi mudah terkena kutu air.

Namun, kutu air juga bisa terjadi pada para pekerja kantoran lho Moms.

Karena penyakit satu ini senang hinggap pada orang yang sering mengenakan sepatu tertutup.

"Kutu air biasanya terjadi para orang yang sering mengenakan sepatu tertutup dengan kaos kaki serta kaki yang berkeringat. Jamur sangat suka dengan tempat-tempat yang gelap, lembab dan bagian dalam sepatu adalah lingkungan yang pas untuk berkembang biak,"ujar Dokter John Giurini, MD, Kepala Bagian Bedah Podiatri dari Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston, Amerika Serikat (AS) seperti dikutip dari www.thehealthy.com.

Kutu air memang bukan penyakit serius. Namun, bisa sangat mengganggu karena rasanya gatal dan terkadang pedih, disertai kulit yang terkelupas.

Selain itu, kaki pun terkadang menjadi bau. Bahkan, kutu air bisa menular ke bagian tubuh yang lain seperti tangan hingga wajah.

Kabar baiknya penanganan kutu air ini bisa dilakukan dari rumah lho Moms, karena bahan-bahannya alami dan cukup mudah diperoleh.

Berikut obat alami kutu air yang bisa Moms coba:

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil.jpg

Menurut dokter Giurini, tea tree oil biasanya digunakan sebagai obat alami kutu air karena mampu membasmi jamur di kaki.

Jenis essential oil ini memiliki kandungan yang mampu menghentikan penyebaran jamur penyebab kutu air.

Caranya, cukup rendam kaki dalam air yang sudah dicampur dengan beberapa tetes tea tree oil. Setelah itu, keringkan kaki.

2. Sari Cuka Apel

Merendam dengan cuka apel.jpg

Sari cuka apel bisa berfungsi untuk mengeringkan sekaligus membantu mengontrol keringat.

Cobalah untuk merendam kaki dalam cairan sari cuka apel beberapa menit, kemudian keringkan kaki seperti biasa.

Baca Juga: Cegah Kanker dengan Konsumsi Cuka Apel? Ini Faktanya!

3. Baking Soda

Baking soda .jpg

Cobalah menaburkan baking soda di kaki atau di kaos kaki, sebelum memakai sepatu. Bahan ini bisa jadi obat alami kutu air, Moms.

Pengobatan rumahan ini tidak menghilangkan rasa gatal di kaki, namun akan menyerap kelembaban di bagian dalam sepatu, sehingga jamur kutu air ini tidak menyebar.

4. Hidrogen Peroksida

Hydrogen peroxide.jpg

Hidrogen peroksida ini juga merupakan obat alami kutu air. Berdasarkan penelitian dalam BMC Resource Notes tahun 2013, cairan ini mampu membunuh bakteri dan jamur di area kaki.

Jadi cukup rendam kaki dalam campuran hidrogen peroksida dan air. Tapi jangan kaget ya Moms karena rendaman ini akan sedikit terasa menyengat di kaki, apalagi jika ada bagian kaki yang luka atau terkelupas.

5. Bawang Putih

Bawang Putih.jpg

Kutu air bisa menjadi penyakit kambuhan. Dia bisa kembali datang ketika kaki kerap bersentuhan dengan air.

Jika itu yang Moms alami, bawang putih bisa menjadi solusi obat alami untuk kutu air. Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal American Family Physician, bawang putih memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri.

Jadi untuk mengusir kutu air yang membandel, cukup cincang halus beberapa siung bawang putih dan tambahkan dalam air. Gunakan campuran tersebut untuk merendam kaki selama 30 menit.

Bisa juga Moms membuat ramuan tropis sendiri yang terdiri dari irisan bawang putih dicampur dengan olive oil. Aplikasikan campuran ini langsung pada area yang terinfeksi kutu air.

Baca Juga: Khasiat Bawang Putih untuk Rambut Lengkap dengan Resepnya

6. Teh Hijau

Green tea.jpg

Menurut sebuah studi dalam jurnal The Foot pada 2013, obat alami kutu air satu ini memiliki molekul yang mengandung anti jamur.

Untuk menggunakan ramuan ini, cukup masukkan 5 sampai 6 kantung teh hijau dalam air mendidih.

Diamkan sampai campuran air dan teh hijau menjadi hangat, lalu rendam kaki sekitar 10 hingga 15 menit. Kemudian keringkan kaki.

7. Garam

Garam.jpg

Garam juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang cukup tinggi. Caranya, cukup campurkan dua sendok makan garam ke dalam air hangat.

Rendam kaki selama 5 sampai 10 menit. Ulangi kegiatan ini beberapa kali sampai kaki yang terkena kutu air benar-benar sembuh.

Baca Juga: Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak!

8. Plain Yoghurt

Plain yoghurt.jpg

Yoghurt ternyata tidak hanya enak dikonsumsi dan bagus untuk pencernaan lho Moms. Yoghurt juga mengandung bakteri Acidophilus yang mampu menyembuhkan kutu air dengan cepat.

Jadi saat kutu air menyerang, segera oleskan plain yogurt di area yang terinfeksi, biarkan kering dan bilas kemudian. Pastikan bukan yoghurt yang memiliki varian rasa ya Moms.

Nah, itu beberapa bahan yang bisa jadi obat alami kutu air.

Tapi, sebelum terkena, sebaiknya kita sudah mulai melakukan tindakan pencegahan ya Moms. Caranya cukup mudah. Pastikan untuk selalu membuat kaki bernapas dan juga kering.

(SERA/DIN)

Artikel Terkait