TREN
13 April 2016

Ini Dia Alasan Kenapa Anda Selalu Ingin Berbelanja

Find the facts here
Artikel ditulis oleh (ninda)
Disunting oleh (ninda)

Ada saatnya Anda merasa ‘merdeka’ karena habis mendapat bonus di luar gaji ataupun rezeki tak terduga. Niatnya sih, disimpan rapi dalam tabungan agar bisa digunakan di hari tua.

Namun praktiknya tak semudah itu. Kadang ada ‘sabotase’ berupa belanja berlebihan yang kadang bahkan bisa mengambil jatah dana pensiun. Oh no! Jangan sampai nafsu belanja Anda kelewat batas. Sadari yuk, faktor-faktor yang bisa menjadi pencetus ini.

Peer pressure

Generasi milenial sangatlah suka berbelanja. Jika Anda merasa hidup terasa kurang jika tak menggenggam iPhone keluaran terbaru. Namun sayangnya tak semua orang beruntung bisa memiliki keduanya, kepuasan belanja dan menabung untuk hari tua.

Jadi, jika Anda merasa belum cukup dana untuk memenuhi kebutuhan barang mewah, lebih baik rem dulu. Beli tas yang lebih murah dan simpan sisanya untuk tabungan di hari tua.

Retail Therapy

Retail therapy atau dikenal juga dengan comfort shopping banyak dilakukan wanita untuk relaksasi. Anda mungkin terbiasa dengan membeli sepatu atau baju baru saat terkena masalah.

Pertengkaran dengan pasangan atau masalah di kantor seringkali menjadi pencetus. Ini sebenarnya sah-sah saja jika Anda tak keblablasan atau malah berhutang. Nah, jika ingin berhutang, pikirkan pula repotnya jika Anda harus mencicil tiap bulan. Bisa jadi lebih memberatkan, bukan?

Tapi bukan berarti Anda tak boleh belanja, kok. Tapi pikirkan barang-barang yang bisa menjadi investasi. Branded bag atau perhiasan emas misalnya. Nantinya bisa Anda jual lagi asal masih dalam kondisi prima.

Impulsive Buying

Ini dia yang menyebabkan pengeluaran kita cepat habis. Dan parahnya, ini tak hanya menghabiskan uang semata, namun juga space di lemari Anda. Nah, untuk mengatasi hal ini, tekankan pada diri Anda setiap membeli satu baju, maka Anda akan mendonasikan satu baju lama. Jadi ada keseimbangan.

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa berbelanja dengan cerdas? Caranya mudah, yuk berbelanja di Orami, sedang ada promo Lebaran dengan diskon hingga 70%. Anda bisa membeli keperluan yang Anda butuhkan tanpa harus membuat dompet Anda kosong.

Artikel Terkait