KESEHATAN
8 Agustus 2019

Ini Dia Cara Alami Untuk Mengurangi Mata Kering!

Jika terus dibiarkan, akan sangat mengganggu penglihatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernah merasakan ketidaknyamanan di mata? Contohnya saat mengedip, seperti ada pasir-pasir mengganggu di bawah kelopak mata? Atau mata terasa panas dan seperti air mata menghilang begitu saja saat diperlukan? Itu adalah salah satu tanda mata kering Moms.

Sam Berne, OD, seorang ahli kacamata holistik mengatakan, jika mata Moms merasa gatal, menyengat, terbakar, kemerahan, kelelahan, ketegangan, atau ketidaknyamanan saat mengenakan kontak mata, kemungkinan Moms memiliki kasus mata kering.

Menurut Dr Sam, salah satu penyebab utama mata kering adalah peradangan. “Peradangan ini mengganggu produksi film air mata yang menutupi kornea dan membuat mata tetap lembap,” jelasnya.

Penyebab umum lainnya dari mata kering: ketegangan mata digital, di mana mata Moms menghabiskan begitu banyak waktu menatap layar sehingga mereka mengembangkan masalah seperti kekeringan, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Dan perempuan tampaknya lebih sensitif daripada pria. “Faktor gaya hidup lain yang dapat menyebabkan mata kering termasuk merokok, kurang tidur, dan kebiasaan diet yang buruk,” tambah Dr Sam.

Alih-alih terlalu sering menggunakan obat bahan kimia, cara alami mengurangi mata kering dari kami ini layak untuk dicoba.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Penularan Sakit Mata

Madu Organik

mata kering

Foto: Bcbstwelltuned.com

Madu organik memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptic. Dia akan sangat cocok untuk mengobati mata kering. Dia juga mencegah infeksi dan dapat meningkatkan pelumasan saat diaplikasikan sebagai pengompres mata.

Moms hanya butuh ½ gelas air dingin, 1 sendok makan madu, dan bantalan kapas. Caranya, tambahkan madu ke dalam air hingga semuanya bercampur. Rendam kapas dalam larutan tersebut dan letakkan di atas mata selama lima menit. Cara ini bisa dilakukan dua atau tiga kali sehari.

Baca Juga: 4 Mitos Kesehatan Mata yang Ternyata Tidak Terbukti Kebenarannya

Ekstrak Teh Hijau

mata kering

Foto: Shadibox.com

Epigallocatechin gallate (EGCG) adalah senyawa dalam teh hijau yang membuatnya bagus untuk mengobati mata kering. Ini bertindak sebagai antioksidan alami dan anti-inflamasi dan membantu mencegah infeksi mata.

Cukup ambil 1 kantong teh hijau, 1 gelas air panas dan bantalan kapas. Untuk selanjutnya, tempatkan kantong teh hijau dalam secangkir air panas. Biarkan mereka meresap selama sepuluh menit. Setelah dingin, celupkan kapas ke dalam campuran dan letakkan di kelopak mata Moms. Biarkan selama lima menit.

Minyak Jarak

mata kering

Foto: Cierracandless.com

Cara alami mengurangi mata kering lainnya adalah dengan menggunakan minyak jarak. Minyak ini kaya akan asam risinoleat dan dapat meningkatkan pelumasan alami di mata, sehingga akan sangat membantu menghilangkan rasa gatal dan kekeringan.

Moms hanya membutuhkan saripati minyak jarak yang dioleskan sedikit ke kelopak mata dan di sekitar garis bulu mata. Lakukan ini pada malam hari sebelum tidur dan rasakan khasiatnya saat bangun tidur.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

Air Mawar

mata kering

Foto: Sahab-export.com

Air mawar sangat menyejukkan dan bisa meredakan mata yang kering dan teriritasi. Dia memiliki sifat antibakteri luar biasa yang dapat membantu menghilangkan mata dari bakteri penyebab infeksi.

Moms bisa merendam bola kapas di air mawar dan mengoleskannya ke kelopak mata tertutup atau menggunakan air mawar murni sebagai tetes mata untuk membantu mengembalikan kelembapan pada mata Moms.

Melihat laptop dan layar ponsel memang menjadi kebiasaan yang tak terhindarkan saat ini. Dengan cara alami ini, diharapkan masalah mata kering Moms dapat disembuhkan.

Pastikan Moms tidak alergi terhadap salah satu bahan, dan juga memeriksakan mata ke dokter mata untuk memastikannya tidak serius dan dapat diobati dengan pengobatan rumahan sederhana.

Artikel Terkait