KESEHATAN
11 Oktober 2019

Ini Dia Kelompok Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya Secara Alami

Banyak yang bilang kolesterol adalah zat jahat penyebab penyakit. Untuk itu, kita perlu menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi dalam hidup ini!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, tahu tidak kalau kolesterol sebetulnya merupakan komponen yang dibutuhkan oleh tubuh?

Dalam kondisi normal, zat yang diproduksi oleh hati ini berguna untuk membangun membran sel, hormon, vitamin D, serta berfungsi mencerna lemak.

Kolesterol menjadi jahat saat gaya hidup kita menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak zat. Misalnya dengan mengonsumsi berbagai makanan penyebab kolesterol tinggi.

“Saat zat ini menumpuk di arteri jantung, ia akan menyebabkan penyumbatan yang kemudian menimbulkan penyakit tertentu, seperti jantung koroner, serangan jantung, atau stroke,” kata Dr. Eric Rimm, profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health

Tapi, jangan khawatir, ada berbagai cara menurunkan kolesterol yang bisa kita jalani. Salah satunya melalui konsumsi makanan yang rendah kolesterol.

Yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi jika terdapat terlalu banyak ‘kolesterol jahat’ (low-density lipoprotein atau LDL) dalam darah.

Kondisi ini bisa diperparah jika kita juga memiliki level ‘kolesterol baik’ (high-density lipoprotein atau HDL) yang rendah. Ini terjadi ketika kita tidak memerhatikan makanan yang masuk ke tubuh, terutama yang mengandung trans fat dan saturated fat.

Baca Juga: Tak Hanya Menyerang di Usia Tua, Kolesterol Tinggi Juga Bisa Menyerang Generasi Muda

Kolesterol Baik, Alasan Kenapa Kita Tak Perlu Selalu Takut akan Kolesterol 01.jpg

Trans fat bukan hanya menaikkan LDL, melainkan juga menurunkan kadar HDL di dalam darah sehingga mereka dikategorikan sebagai jenis lemak paling berbahaya,” ungkap Dr Rimm.

Trans fat banyak terdapat pada minyak sayur yang diproses secara artifisial atau disebut proses hidrogenasi. Sementara saturated fat biasanya terdapat pada daging dan susu. Lemak jenis ini memicu hati untuk memproduksi lebih banyak LDL sehingga kadar lemak jahat di dalam tubuh bisa meninggi.

Karena saturated dan trans fat sudah terbukti menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam darah, maka kita sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kedua jenis lemak tersebut. Selain itu, kita juga harus mengatur konsumsi garam dan gula agar tidak berlebihan.

Daftar Makanan Penyebab Kolesterol yang harus Dihindari

Inilah aneka makanan pemicu naiknya kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan Moms apaabila dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya, perhatikan asupannya agar tubuh senantiasa sehat, ya, Moms.

  • Semua jenis roti, biskuit, dan cookies karena banyak mengandung saturated fat.
  • Gorengan terlebih yang digoreng menggunakan minyak sayur atau margarin karena mengandung trans fat.
  • Fast food, sangat kaya akan trans fat sekaligus rendah nutrisi.
  • Popcorn, permen yang mengandung krim, serta donat karena juga mengandung trans fat.
  • Minuman bersoda dan es krim karena mengandung banyak pemanis buatan yang bisa memicu munculnya diabetes, penyakit jantung, serta obesitas.
  • Daging olahan misalnya sosis, bacon, dan hot dog yang sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Saat Kehamilan

Daging Bikin Kolesterol Tinggi?

makanan sehat untuk ibu hamil - daging.jpg

Banyak anggapan yang menyatakan kita juga sebaiknya menghindari makanan-makanan yang berasal dari produk hewani, seperti daging dan susu.

Namun, bahan-bahan makanan itu juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, seperti protein dan mineral, sehingga masih boleh dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Meskipun begitu, orang yang memiliki toleransi rendah terhadap kolesterol sebaiknya menghindari makanan yang berpotensi menaikkan kadar kolesterol.

Makanan tersebut di antaranya adalah daging merah, telur, keju, hewan laut bercangkang (kerang, kepiting, udang), jeroan (jantung, hati, paru), ikan sarden (yang bukan kalengan), dan yogurt.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol?

Moms, cara menurunkan kolesterol yang paling ampuh adalah dengan mengubah gaya hidup, termasuk pola makan.

Pilih jenis lemak yang baik untuk tubuh, yakni rendah akan saturated dan trans fat, serta kaya akan unsaturated fat alias lemak tak jenuh, semisal ikan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak tumbuhan nonhidrogenasi (seperti minyak zaitun, minyak canola, dan minyak bunga matahari).

Selain itu, Moms juga bisa melakukan tips berikut untuk menurunkan kadar kolesterol. Yuk dicoba!

  • Mengonsumsi makanan kaya serat yang mampu menyerap kolesterol dari dalam tubuh, misalnya gandum utuh (oatmeal), buah-buahan (apel, pisang, jeruk, pir), dan polong-polongan (kacang merah, lentil, kacang polong, kacang hitam, dan kacang lima).
  • Makan banyak sayur dan buah yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik karena mengandung plant stanol atau sterol yang berperan seperti serat dalam tubuh.
  • Makan ikan yang kaya asam omega 3 yang juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta mengurangi risiko penggumpalan darah sehingga kita dapat terhindar dari serangan jantung. Semua jenis ikan baik dikonsumsi, tapi beberapa jenis ikan memiliki omega 3 lebih banyak, misalnya salmon, tuna, dan makarel.
  • Kurangi garam hingga tidak lebih dari 2.300 miligram (1 sendok teh) per hari.
  • Kurangi alkohol karena alkohol mengandung kalori berlebih yang memicu obesitas.

Saat berat badan berlebihan, LDL akan naik dan HDL akan berkurang. Mengubah pola makan yang dikombinasikan dengan olahraga adalah cara paling aman untuk menurunkan kolesterol.

“Namun jika tidak berhasil, Moms bisa memeriksakan diri ke dokter untuk diresepkan obat kolesterol,” kata Dr. Rimm.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Bisa Bikin Sulit Hamil, Benarkah?

Itulah berbagai makanan penyebab kolesterol tinggi beserta hal yang dapat dilakukan untuk menurunkannya. Ikuti yuk, Moms. Lebih baik menjaga kesehatan daripada harus mengobati penyakit berat nantinya, lho.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait