KESEHATAN
20 September 2019

Mengenal 4 Manfaat Baik Bunga Saffron untuk Kesehatan

Ini dia manfaat di balik bunga saffron, bunga yang sangat mahal!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms tentu sudah familiar dengan khasiat bunga saffron yang sedang banyak dibicarakan. Apalagi bunga itu kini bisa didapatkan dengan sangat mudah karena sudah banyak online shop yang menjualnya.

Namun, bunga saffron dijual dengan harga yang cukup mahal karena bunga ini dianggap sebagai salah satu bunga yang punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Benarkah bunga saffron memiliki banyak manfaat? Simak pembahasan berikut ini untuk tahu informasi lebih lanjutnya, Moms!

Apa Itu Bunga Saffron?

Ini Dia Manfaat dari Bunga Saffron yang Berharga Sangat Mahal

Foto: the persian fusion

Bunga saffron atau crocus sativus merupakan sebuah tanaman yang mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, kalori, dan non-korestrol. Selain itu di dalam seratnya juga terkandung kalsium, zinc, magnesium, dan tembaga.

Mengutip dari sebuah jurnal dari Sikkim Manipal University, menyebutkan kalau bunga saffron sejak zaman dahulu memang sudah dijual dengan harga yang cukup mahal karena biasa digunakan untuk ramuan, khususnya di daerah Mediterania.

Selain menjadi ramuan obat, bunga saffron juga dijadikan bumbu pelengkap untuk dunia kuliner, menjadi sumber pewarna alami, dan bahan pembuat parfum.

Dari sisi medis, bunga saffron dianggap sebagai tonik dan antidepresan yang ampuh mengobati masalah pencernaan, batuk, menstruasi, meredakan kejang otot, hingga mampu menenangkan kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

Baca Juga : Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Safron

Ini Dia Manfaat dari Bunga Saffron yang Berharga Sangat Mahal

Foto: etsy

Dari banyaknya kandungan baik di dalamnya, bunga saffron punya manfaat baik. Ini dia daftarnya!

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saffron memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi (peradangan) pada tubuh dan ampuh mencegah kerusakan yang terjadi pada sel.

Rutin mengonsumsi bunga saffron bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang membuat Moms dan Dads jadi jarang sakit.

Menurunkan Gejala PMS

Wanita memang kerap mengalami gangguan PMS menjelang masa menstruasi setiap bulannya. Rasa pusing, nyeri atau kram di perut akan selalu Moms alami.

Mengonsumsi bunga saffron yang dilarutkan dalam air putih bisa mengatasi rasa nyeri yang datang selama PMS. Selain itu, bunga saffron juga ampuh untuk mengurangi rasa cemas dan mood yang naik turun selama PMS.

Meningkatkan Gairal Seksual

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi bunga saffron juga ampuh meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita.

Mengonsumsi bunga saffron dapat membantu meningkatkan kemampuan ereksi pria, sedangkan pada wanita bisa meningkatkan gairah seksual dan memperbanyak cairan lubrikasi yang dihasilkan.

Baca Juga : 5 Bunga yang Baik Bagi Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan, bunga saffron juga amat ampuh mengobati segala jenis permasalahan kulit. Moms bisa mencampurkan bunga saffron pada masker atau dikonsumsi secara rutin.

Masalah kulit, seperti jerawat, bisa berkurang dan tidak akan lagi timbul peradangan jika rutin mengonsumsi buah berwarna ungu yang satu ini.

(NA/KM)

Artikel Terkait