KESEHATAN
14 Oktober 2020

Mengenal 10 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini dia manfaat di balik bunga saffron, bunga yang sangat mahal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tentu sudah familiar dengan manfaat saffron yang sedang banyak dibicarakan. Apalagi bunga itu kini bisa didapatkan dengan sangat mudah karena sudah banyak online shop yang menjualnya.

Namun, bunga saffron dijual dengan harga yang cukup mahal karena bunga ini dianggap sebagai salah satu bunga yang punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Benarkah bunga saffron memiliki banyak manfaat? Simak pembahasan berikut ini untuk tahu informasi lebih lanjut mengenai manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan ya, Moms!

Mengenal Bunga Saffron

Ini Dia Manfaat dari Bunga Saffron yang Berharga Sangat Mahal

Foto: thepersianfusion.com

Bunga saffron atau crocus sativus merupakan sebuah tanaman yang mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, kalori, dan non-korestrol, serta kalsium, zinc, magnesium, dan tembaga.

Saffron adalah rempah termahal di dunia. Mengutip Saffronir, 1 kilogram bunga saffron asli bisa memiliki kisaran harga Rp52,1 juta sampai Rp238,2 juta lho, Moms!

Selain menjadi ramuan obat, bunga saffron juga dijadikan bumbu pelengkap untuk dunia kuliner, menjadi sumber pewarna alami, dan bahan pembuat parfum.

Dari sisi medis, bunga saffron dianggap sebagai tonik dan antidepresan yang ampuh mengobati masalah pencernaan, batuk, menstruasi, meredakan kejang otot, hingga mampu menenangkan kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

Baca Juga: Cara Membuat Teh Mawar dan Manfaatnya untuk Tubuh

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Ini Dia Manfaat dari Bunga Saffron yang Berharga Sangat Mahal

Foto: etsy.com

Dari kandungan baik yang terkandung dalam bunga saffron, ada juga manfaat saffron untuk kesehatan. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai manfaatnya berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat saffron dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena rempah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi (peradangan) pada tubuh dan ampuh mencegah kerusakan yang terjadi pada sel.

Rutin mengonsumsi bunga saffron bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang membuat seseorang menjadi jarang sakit.

2. Menurunkan Gejala PMS

Wanita memang kerap mengalami gangguan PMS menjelang masa menstruasi setiap bulannya. Rasa pusing, nyeri atau kram di perut akan selalu Moms alami.

Manfaat saffron untuk kesehatan jika dikonsumsi bisa mengatasi rasa nyeri yang datang selama PMS. Selain itu, bunga saffron juga ampuh untuk mengurangi rasa cemas dan mood yang naik turun selama PMS.

Moms bisa mengonsumsinya dengan melarutkan dalam air putih.

3. Meningkatkan Gairal Seksual

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, manfaat saffron untuk kesehatan juga ampuh meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita.

Mengonsumsi bunga saffron dapat membantu meningkatkan kemampuan ereksi pria, sedangkan pada wanita bisa meningkatkan gairah seksual dan memperbanyak cairan lubrikasi yang dihasilkan.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

4. Meningkatkan Kesehatan Penglihatan

Dalam jurnal Molecules yang melakukan penelitian pada tikus, safranal, salah satu unsur saffron, ditemukan dapat memperlambat degenerasi retina. Ini menjadi manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya.

Suplementasi saffron juga ditemukan untuk menginduksi perbaikan signifikan jangka menengah pada fungsi retinal dalam kasus degenerasi makula terkait usia.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sehubungan dengan suplementasi saffron dalam praktik klinis.

5. Membantu dengan Masalah Insomnia

Manfaat saffron juga dapat membantu dengan masalah insomnia.

Dalam penelitian pada tikus, crocin dalam saffron ditemukan dapat meningkatkan gerakan mata yang tidak cepat saat tidur. Crocetin, karotenoid lain dalam saffron, juga dapat meningkatkan total waktu tidur non-REM sebanyak 50% menurut jurnal Molecular Nutrition & Food Journal.

Uji klinis lain dalam Journal of Integrative Medicine juga menunjukkan bahwa manfaat saffron dapat membantu memperbaiki gejala depresi pada orang dewasa yang mengalami gangguan depresi mayor. Salah satu gejalanya, sesuai penelitian, adalah insomnia.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi ekstrak saffron dapat menunjukkan potensi terapeutiknya untuk berbagai masalah sistem saraf.

Manfaat saffron mungkin memiliki efek menguntungkan dalam kasus Alzheimer atau Parkinson. Namun, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan perspektif rinci tentang efek saffron pada sistem saraf manusia.

Namun, potensi manfaat saffron dalam gangguan memori yang terkait dengan cedera otak traumatis dan iskemia otak masih harus diselidiki lebih lanjut.

Baca Juga: 15 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Kanker!

7. Dapat Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat saffron diduga dapat membantu menyembuhkan luka bakar.

Satu penelitian pada tikus dalam The Keio Journal of Medicine, mengaitkan kemungkinan sifat penyembuhan luka saffron dengan aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi.

Saffron secara signifikan dapat meningkatkan reepitelisasi pada luka bakar, dibandingkan dengan luka yang diobati dengan krim. Penelitian ini meningkatkan kemungkinan keampuhan saffron dalam mempercepat penyembuhan luka bakar.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat saffron dapat berguna bagi pasien yang mengalami metastasis hati.

Karotenoid dalam saffron dapat membantu menghambat produksi spesies oksigen reaktif. Tetapi penyelidikan lebih lanjut dengan ukuran sampel yang jauh lebih besar diperlukan.

Kandungan safranal dalam saffron juga dapat melindungi hati dari racun lingkungan. Namun temuan ini belum diverifikasi oleh uji klinis pada manusia.

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat Saffron untuk Kecantikan

manfaat saffron untuk kecantikan.jpg

Foto: britannica.com

Tidak hanya berguna untuk kesehatan, tetapi ada juga manfaat saffron untuk kecantikan. Apa saja? Cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan, manfaat saffron untuk kecantikan juga amat ampuh mengobati segala jenis permasalahan kulit. Moms bisa mencampurkan bunga saffron pada masker atau dikonsumsi secara rutin.

Masalah kulit, seperti jerawat, bisa berkurang dan tidak akan lagi timbul peradangan jika rutin mengonsumsi buah berwarna ungu yang satu ini.

10. Melindungi Kulit Dari Radiasi UV

Dalam Iranian Journal of Pharmaceutical Research, ditunjukkan bahwa manfaat saffron dapat digunakan sebagai agen penyerap UV alami.

Efek fotoprotektif pada saffron mungkin juga disebabkan oleh senyawa fenolik lainnya, seperti asam tannic, gallic, caffeic, dan ferulic. Beberapa dari senyawa ini digunakan sebagai bahan aktif dalam berbagai tabir surya dan lotion kulit.

Namun, saffron tampaknya tidak memiliki efek pelembap khusus.

Penting untuk berhati-hati dalam menggunakan rempah ini pada kulit, karena dapat menyebabkan kulit menguning jika digunakan secara berlebihan.

Baca Juga: 4 Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil, Simak di Sini!

Dosis dan Penyajian untuk Mengonsumsi Saffron

dosis dan penyajian saffron.jpg

Foto: thespruceeats.com

Moms sudah mengetahui ragam manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan. Jika ingin mengonsumsi rempah ini, penting untuk mengetahui dosisnya agar tidak mengonsumsi secara berlebihan.

Mengutip Very Well Fit, sebagai suplemen makanan, aman untuk mengonsumsi saffron hingga 1,5 gram setiap hari. Saffron dianggap beracun bila tertelan lebih tinggi dari 5 gram dan bisa mematikan pada dosis lebih dari 20 gram sehari.

Studi klinis telah mengevaluasi dosis mulai dari 20 mg sehari hingga 400 mg sehari, meskipun dosis efektif paling umum yang diterapkan dalam uji klinis adalah 30 mg hingga 50 mg sehari.

Jika Moms ingin mengonsumsi saffron, ada beberapa cara penyajian yang bisa dilakukan. Saffron dapat digunakan dalam bentuk benang atau bubuk, tergantung pada resepnya.

Tips memasak yang diberikan di bawah ini akan memungkinkan Moms untuk mendapatkan manfaat saffron yang maksimal:

1. Menjadikan Bubuk untuk Masakan

Moms dapat menyiapkan saffron bubuk. Caranya, giling saffron bentuk benang menggunakan lesung dan alu.

Jika kesulitan menggiling benang karena kadar airnya, tambahkan sedikit gula ke dalamnya lalu haluskan. Ini akan membuat penggilingan lebih mudah tanpa memengaruhi resep.

2. Sari Saffron

Moms bisa membuat saffron cair dengan menambahkan 3 hingga 5 sendok teh air hangat atau air mendidih ke bubuk saffron dan biarkan meresap selama 5 hingga 10 menit. Simpan dalam toples selama beberapa minggu dan gunakan saat dibutuhkan.

Sari saffron ini juga bisa dibuat dengan susu, cuka, atau anggur sebagai pengganti air. Biasanya ditambahkan ke bahan lain menjelang akhir memasak untuk mengeluarkan warna dan menyebarkan rasa ke seluruh hidangan.

3. Susu Saffron

Moms juga bisa membuat susu saffron. Siapkan 1 cangkir susu rebus, sejumput saffron, dan 2 sendok teh gula (jika perlu). Tambahkan gula dan saffron ke susu rebus. Teh susu saffron ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rutin dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Bisa untuk MPASI!

Kemungkinan Efek Samping dari Bunga Saffron

efek samping saffron.jpg

Foto: puresaffrona.com

Meskipun ada ragam manfaat saffron, dan dianggap aman bagi kebanyakan orang jika dikonsumsi dalam jumlah kecil yang biasanya digunakan untuk memasak, penggunaan suplemen saffron dapat memicu efek samping ringan.

Dalam dosis yang lebih kecil dari 30-50 mg, yang kebanyakan dilakukan dalam penelitian, efek samping saffron kebanyakan termasuk mual, muntah, pusing, dan mulut kering.

Dalam pengobatan tradisional, konsumsi saffron dalam dosis tinggi (lima gram) telah terbukti dapat menginduksi stimulan rahim dan memiliki efek estrogenik pada hewan.

Sehingga, sebaiknya Moms tidak mengonsumsi saffron jika sedang hamil.

Seperti halnya suplemen apa pun, jika Moms mempertimbangkan untuk menggunakan saffron untuk tujuan kesehatan, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu untuk mempertimbangkan pro dan kontra dari saffron.

Selain itu, perlu diingat bahwa mengobati sendiri kondisi seperti depresi dan menghindari atau menunda perawatan standar dapat menimbulkan konsekuensi yang serius.

Itu dia Moms, manfaat saffron untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga berguna.

Artikel Terkait