BAYI
17 September 2019

Ini Dia Inspirasi Nama Anak Perempuan Dari Berbagai Negara Beserta Artinya

Pilih nama yang tepat untuk masa depan Si Kecil kelak.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms dan Dads pasti percaya kalau nama yang diberikan pada Si Kecil merupakan sebuah doa dan harapan yang besar untuk masa depannya. Oleh sebab itu, sederet nama unik dan indah menjadi sebuah perbincangan yang seru saat menantikan Si Kecil lahir ke dunia.

Berikut ini adalah beberapa daftar nama bayi perempuan yang populer di lima negara besar, yang bisa menjadi referensi untuk Moms dan Dads.

Arab

bayi, nama, nama bayi, arab

Foto: babble.com

Layla: Lahir di malam hari, kecantikan malam.

Beberapa orang percaya bahwa nama Layla sangat tepat diberikan pada anak perempuan yang lahir di malam hari. Terutama jika ia memiliki rambut yang hitam lebat dan cantik.

Aliyah: Mulia, yang tertinggi, maha, agung, paling atas.

Sesuai dengan artinya, nama Aliyah sangat besar artinya. Aliyah yang berarti maha atau tinggi membuat anak yang memiliki namanya memiliki karakter yang tegas, suka mencari kebenaran, dan memiliki karakter yang ceria.

Baca juga: 5 Artis Ini Memberikan Nama yang Indonesia Banget Untuk Anaknya

Inggris

bayi, nama, nama bayi, inggris

Foto: bringmethenews.com

Olivia: Dalam bahasa Latin diartikan sebagai pohon zaitun.

Nama Olivia juga terkenal dari sebuah novel Shakespeare berjudul Twelfth Night. Nama Olivia melambangkan orang yang dapat memanjakan dan kaya.

Dalam kepercayaan Yunani Kuno, pohon zaitun melambangkan simbol Athena, yaitu kedamaian dan kesuburan. Selain itu, rangkaian bunga zaitun selalu diberikan pada seorang pemenang di pertandingan Olympic.

Amelia: Rajin, pekerja keras. bersemangat.

Siapa yang tak senang jika memiliki anak yang rajin, pekerja keras, dan bersemangat. Oleh karena itu nama Amelia sangat tepat untuk disematkan pada Si Kecil yang segera lahir. Selain itu, nama Amelia juga bisa diartikan sebagai seorang pembela.

Jepang

bayi, nama, nama bayi, jepang

Foto: clickbabynames.com

Rin: Bermartabat.

Memiliki anak yang bermartabat tinggi, siapa yang tak mau. Nama Rin di Jepang tak hanya digunakan sebagai sebuah nama, tapi juga diberikan sebagai akhiran nama agar terdengar lebih manis. Tambahan rin bahkan lebih manis dibandingkan chan.

Kei: Berkat. Rahmat dari Tuhan.

Kei sebenarnya bisa dipakai untuk nama anak laki-laki atau pun perempuan. Jadi, Moms dan Dads yang juga memiliki anak laki-laki bisa mempertimbangkan nama ini, lho.

Indonesia

bayi, nama, nama bayi, indonesia

Foto: brit.co

Annisa: Anak yang puas dengan dirinya dan sangat ramah.

Annisa juga dapat dikaitkan dengan surat dalam kitab Al-Quran yaitu Surat Al-Nisa’ (bahasa Arab:النسآء, al-Nisā, “Wanita”) yang terdiri dari 176 ayat.

Intan: Permata, berlian.

Anak yang cantik dan berharga untuk orang tua nya.

Baca juga: Hamil Anak Pertama? Ini 12 Inspirasi Nama Bayi dengan Arti ‘Pertama’

India

bayi, nama, nama bayi, india

Foto: anegabawa.com

Prisha: Anak yang bertalenta yang datang dari Tuhan, penyayang, hadiah dari Tuhan.

Anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, jadi sangat tepat rasanya memilih Prisha sebagai nama favorit Moms dan Dads.

Naira: Bersinar, berkilauan.

Anak yang cantik dan berkilau rasanya sangat tepat menyandang nama Naira. Tak hanya itu, anak bernama Naira juga diprediksi akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif dan sukses di asa depan.

Tips Pilih Nama Bayi

bayi, nama, nama bayi, tips

Foto: Freepik.com

"Sebuah nama adalah salah satu hadiah pertama yang diberikan orangtua kepada anaknya, jadi saya sarankan mereka memilihnya seperti ketika memilih sebuah hadiah. Orangtua harus memikirkan apakah nama ini akan menyenangkan dan baik untuk anak mereka," kata Sherri Suzanne, konsultan dan pendiri My Name for Life.

Oleh karena itu, Moms dan Dads tidak boleh asal dan harus teliti dalam memilih nama Si Kecil. Berikut ini tips yang dikutip dari laman The Tot yang bisa Moms dan Dads catat.

  • Abaikan tren dengan nama-nama "unik". Moms dan Dads harus memikirkan apakah nama ini masih menjadi tren 10 tahun ke depan? Apakah Si Kecil harus berulang kali mengeja namanya ketika ditanya.
  • Nama-nama klasik tidak pernah mati. Tak ada salahnya memilih untuk tetap menggunakan nama-nama klasik, simlple and better.
  • Perhatikan nama-nama di pohon keluarga. Saat memilih nama, cobalah lihat nama-nama kerabat di pohon keluarga Moms dan Dads, jangan-jangan ada beberapa nama yang berkesan, selalu ada, dan bermakna baik untuk Si Kecil.
  • Hormati budaya Moms dan Dads. Memilih nama dari asal Moms dan Dads masing-masing tidak kalah indahnya, lho. Seperti Ayu pada suku Jawa atau Nauli pada suku Batak.
  • Cari tahu lebih jauh artinya. Nama Delila tentu terdengar indah, tapi jika ditelusuri lebih lagi Delila adalah wanita jahat yang menghancurkan Simson dengan segala trik yang ia miliki.
  • Pertimbangkan apakah nama Si Kecil akan berbunyi aneh saat dilafalkan.
  • Pilih nama tengah Si Kecil sesuai dengan keinginan Moms dan Dads. Jangan karena seluruh keluarga mencantumkan nama Putri, maka Moms dan Dads terpaksa mencantumkannya padahal tidak cocok dengan potongan nama lainnya. Ingat, pemberian nama haruslah berasal dari keputusan pilihan Moms dan Dads.
  • Jangan lupakan inisial. Perhatikan penyusunan huruf inisal Si Kecil. Hindari singkatan-singkatan seperti BAU atau TAI.
  • Coba lafalkan bunyinya. Setelah memilih nama coba sebutkan nama Si Kecil secara berurutan. Apakah enak di dengar atau tidak. Misalnya, Danisa Anisa Amasia. Kurang menyenangkan untuk didengar, bukan?
  • Jangan terlalu stres. Ingat, jika ternyata Moms dan Dads salah memberikan nama dan justru terdengar aneh, cobalah untuk memanggil Si Kecil dengan nama tengahnya. Jika tidak, Moms dan Dads masih bisa mengurus legalitas pergantian namanya sebelum Si Kecil masuk sekolah.

Baca juga: 15 Inspirasi Nama Unik Bayi Perempuan Berawalan Huruf B

Selamat berburu nama-nama indah!

(ERN/KM)

Artikel Terkait