KESEHATAN
16 September 2019

Ini Dia Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit yang Harus Moms Waspadai

Ada beberapa hal yang menyebabkan perut sebelah kiri sakit. Simak yuk artikelnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Heni
Disunting oleh Heni

“Nyeri perut adalah gejala umum yang mengarah ke jutaan kunjungan rawat jalan, dan pada kenyataannya, adalah salah satu alasan paling umum bagi orang untuk mengunjungi dokter,” kata Rosario Ligresti, MD, Kepala, Divisi Gastroenterologi di Hackensack University Medical Centre, New Jersey, AS.

"Jika perut sebelah kiri sakit tiba-tiba dan pasien sampai harus dibawa ke unit gawat darurat," kata dr. Ligresti, "maka dokter mungkin akan melakukan tes X-ray diagnostik khusus, termasuk CT scan."

Sementara itu, jika penyebabnya adalah kondisi serius seperti ruptur aneurisma aorta (robekan pembuluh aorta), perforasi (pembolongan) atau pembengkokan usus, dan aliran darah yang rendah ke usus (iskemia) kemungkinan akan dilakukan pembedahan darurat. Selain ini ada banyak kondisi lain yang perlu dievaluasi di dokter.

Baca juga: Waspadai Radang Usus Buntu! Kenali Penyebab dan Gejalanya

Pastikan Lokasi Sakitnya

Ini Dia, Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit 2 freepik.jpg

Foto: freepik.com

“Saat menentukan penyebab perut sebelah kiri sakit, dokter akan terlebih dahulu menemukan lokasi yang tepat,” jelas dr. Ligresti. “Jika rasa sakit sebagian besar di perut kiri atas, itu bisa menjadi penyebab lambung atau ginjal seperti gangguan pencernaan, gas, refluks, gastritis, borok, dan batu ginjal.”

Jika berada di perut kiri bawah, dokter cenderung memikirkan kondisi usus besar (divertikulitis dan kolitis), penyebab ginekologis (kista ovarium atau endometriosis), atau kondisi testis.

Selain rasa sakit, dokter akan menanyakan adakah gejala demam, tinja berdarah, mual dan muntah yang persisten, penurunan berat badan, atau perubahan buang air kecil.

"Kami juga ingin tahu apakah rasa sakit itu terkait dengan mati rasa, terbakar, kesemutan atau gatal-gatal pada kulit, atau apakah ada ruam kulit di daerah tersebut," kata dr. Ligresti. Berikut beberapa penyebab perut sebelah kiri sakit.

Divertikulitis

Ini Dia, Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit 3 freepik.jpg

Foto: freepik.com

The American Gastroenterological Society mendefinisikan divertikulitis sebagai peradangan kantong (divertikula) di dinding usus besar.

“Divertikulitis adalah salah satu sumber paling umum dari nyeri perut bagian bawah kiri dan secara klasik timbul bersama demam, perubahan kebiasaan buang air besar, kadang-kadang tinja berdarah, kedinginan, dan gejala yang cukup terlokalisasi,” kata dr. Ligresti.

Pada kasus yang serius, divertikulitis dapat menyebabkan perdarahan, robekan, atau penyumbatan. Mendiagnosis kondisi tersebut memerlukan pemeriksaan fisik dan tes pencitraan.

“Ini adalah diagnosis yang penting untuk dibuat karena memerlukan perawatan dengan antibiotik segera,” kata dr. Ligresti.

Baca juga: Nyeri Perut Di Bagian Kanan Bawah, Hati-Hati Terkena Penyakit Ini!

Radang Usus Besar

Jika sakit perut yang terkait dengan divertikulitis sering terjadi secara tiba-tiba, sebaliknya gejala kolitis (radang usus besar) muncul lebih bertahap.

“Selain itu, kolitis cenderung muncul dengan perubahan fungsi usus (diare atau berdarah) dan divertikulitis biasanya tidak,” kata dr. Ligresti.

Kolitis sering disebabkan oleh infeksi (seperti keracunan makanan), suplai darah yang buruk, dan reaksi autoimun. Ada juga berbagai jenis kondisi, termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, sejenis penyakit radang usus.

Radang Perut

Ini Dia, Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit 4 freepik.jpg

Foto: freepik.com

Ini adalah istilah untuk kondisi yang melibatkan peradangan pada lapisan perut. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi, penggunaan obat penghilang rasa sakit, atau minum terlalu banyak alkohol.

“Gejala gastritis dapat terjadi secara tiba-tiba (gastritis akut) atau terjadi secara perlahan (gastritis kronis), dan dalam beberapa kasus, gastritis dapat menyebabkan bisul. Ulkus dan gastritis adalah beberapa penyebab paling umum dari nyeri perut kiri atas dan biasanya hadir dengan rasa sakit perut kiri yang menggerogoti sisi dalam yang mungkin memburuk pada malam hari dan kemudian membaik setelah makan,” jelas dr. Ligresti.

Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan mual dan muntah, penurunan berat badan, dan feses berwarna gelap. "Ini adalah diagnosis penting yang harus dibuat karena pengobatan sangat efektif jika dimulai sejak dini," katanya.

Baca juga: Sakit Perut Bagian Bawah, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

(HEN/DIN)

Artikel Terkait