KEHAMILAN
3 Maret 2020

Ini Dia Posisi Tidur Ibu Hamil yang Paling Baik

Posisi lateral kiri akan menjadi yang terbaik untuk tidur selama kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Jika tengah hamil maka Moms pasti tahu secara langsung sulitnya menemukan posisi tidur ibu hamil yang nyaman. Trimester pertama tentu tidak seberapa, akan tetapi saat perut mulai tumbuh maka semuanya menjadi sedikit lebih sulit.

Sehingga, tak aneh bila saat Moms merebahkan diri di tempat tidur pada malam hari untuk beristirahat menjadi sibuk mencari posisi terbaik serta nyaman. Moms pun perlu ketahui bahwa beberapa posisi tibur saat hamil pun bisa berpotensi berbahaya bagi Si Kecil.

Jadi, apa posisi tidur ibu hamil yang paling baik? Temukan jawabannya di bawah ini.

Tidurlah dengan Menyamping

Ibu Hamil Tidur Miring

Posisi tidur ibu hamil adalah hal yang terdengar remeh tapi ternyata penting lho Moms. Ginekolog menyarankan bahwa jika Moms hamil, maka harus tidur menyamping bahkan lebih baik bila miring ke sebelah kiri. Posisi lateral kiri akan menjadi yang terbaik untuk tidur selama kehamilan.

"Itu karena pembuluh darah kita, yang sejajar dengan tulang belakang tidak akan menekan jika wanita itu tidur di sisi kirinya. Jadi, rahim dan bayinya akan mendapatkan aliran darah terbaik,” kata Konsultan Obstetri dan Ginekolog di Rumah Sakit Fortis, Dr Sushma Tomar.

Jika Moms memiliki sakit punggung, maka memilih posisi tidur ibu hamil ini akan sangat membantu. Tempatkan bantal di bawah perut Moms juga. Jika Anda mengalami mulas saat tidur maka cobalah menopang tubuh bagian atas dengan bantal. Cobalah berbaring miring ketika Anda mungkin mengalami sesak napas.

Baca Juga: Ini Lho Manfaat Baking Soda untuk Keperluan Sehari-hari

Tidur Telentang selama Kehamilan

Ibu Hamil Tidur Telentang

Moms, para ahli merekomendasikan ibu hamil menghindari tidur telentang selama trimester kedua dan ketiga. Kenapa? Posisi tidur ibu hamil telentang membuat Moms menyandarkan seluruh berat rahim dan bayi yang tumbuh ke punggung Moms, usus dan vena cava utama yang membawa darah kembali ke jantung dari tubuh bagian bawah Moms.

Baca Juga: 3 DIY Masker Alami untuk Menghilangkan Komedo

Tekanan ini dapat memperburuk sakit punggung, wasir dan pencernaan menjadi kurang efisien. ”Tidur telentang dapat menyebabkan sirkulasi darah menurun atau melambat, artinya Anda akan menghadapi kesulitan bernafas yang dapat menimbulkan bahaya bagi Anda dan bayi bahkan bisa membuat bayi kurang berat badannya,” terang dokter kandungan, Dr Archana Dhawan Bajaj.

Moms bisa tidur telentang tapi dengan catatan sesekali karena bila berada di posisi tersebut untuk jangka waktu yang lama seperti berminggu-minggu dan berbulan-bulan maka bisa menimbulkan masalah saat kehamilan dan melahirkan.

Baca Juga: Pas Banget untuk Si Kecil, Ini 6 Tempat Wisata di Bali untuk Edukasi

Tips Tidur Nyaman untuk Ibu Hamil

Tak ada salahnya juga Moms melakukan beberapa tips yang dilansir dari American Pregnancy Assosiation, untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur di bawah ini.

1. Gunakan Banyak Bantal

Cobalah menyilangkan satu kaki di atas kaki lainnya dan letakkan satu bantal di antara mereka dan bantal lain di belakang Moms atau kombinasi lainnya yang membantu Moms tidur.

2. Gunakan Bantal Khusus Kehamilan

Untuk dukungan tambahan, coba gunakan bantal berbentuk baji atau bantal kehamilan 5 kaki seluruh tubuh.

3. Dukung Diri Moms

Jika bantal tidak membantu, cobalah tidur dalam posisi semi-tegak lurus di kursi malas (jika ada) alih-alih tempat tidur.

Nah, sudah tahu kan posisi tidur ibu hamil yang paling baik? Jangan salah lagi ya Moms.

Artikel Terkait