3-12 BULAN
22 Oktober 2019

Ini Dia Rekomendasi 6 Bahan MPASI Sehat dan Enak untuk Bayi

Setelah enam bulan mengonsumsi ASI, MPASI diperlukan untuk bayi 6-12 bulan. Bahan apa saja yang pas, baik soal gizi dan kemudahan dicerna oleh bayi?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Dalam memilih MPASI sehat untuk bayi, Moms mungkin cukup selektif. Berikut ini adalah 6 rekomendasi bahan MPASI yang penuh nutrisi untuk buah hati Moms.

1. Sumber Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Berikan bayi beberapa variasi makanan seperti beras putih, beras merah, tepung beras, tepung maizena, kentang, talas, singkong, tepung hunkwe, tepung sagu dan tepung tapioka. “Sajikan dalam bentuk bubur agar mudah dicerna Si Kecil,” kata Mona Rifka, MD, dokter anak di Rumah Sakit Hillcrest Cleveland Clinic.

Baca Juga: Siap Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil Dengan 6 Cara Ini

2. Sayuran

Carrots-medium-done_1024x1024.jpg

Sayuran seperti wortel, bayam, kangkung, labu kuning, brokoli, sawi hijau, daun katuk, tomat merah, mentimun, kembang kol, kol, daun pakis, oyong dan terung sangat bagus karena kaya akan vitamin dan mineral. “Sebaiknya menu MPASI memakai sayuran yang masih muda,” ucap Dr Rifka.

Baca Juga: 5 Manfaat Butternut Squash Untuk Mpasi Bayi

3. Buah

Buah-Hero.jpg

Pisang, alpukat, mangga, pepaya, semangka, melon, bengkuang, belimbing, timun suri, jambu biji merah, pir, apel, dan anggur adalah buah-buahan yang boleh diberikan saat usia bayi 6 bulan. “Berikan buah yang telah matang sempurna dan hindari buah yang rasanya asam. Untuk jeruk baru bisa diberikan saat usia bayi menginjak 7 bulan,” terang Dr Rifka.

4. Tempe

Tempe.jpg

Foto: fullofplants.com

Bayi juga sudah bisa diberikan tempe tetapi yang berbahan dasar kedelai. Selain mengandung banyak protein nabati dan vitamin B12, tempe juga mengandung senyawa anti diare.

5. Yogurt Tawar

Yogurt

Yogurt mengandung kalsium dan vitamin D yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi. Untuk cita rasa manis, sajikan bersama buah. Jangan sekali-kali menambahkan gula,”Dr Rifka mengingatkan.

6. Minyak Zaitun, Minyak Kelapa, Mentega Tawar Tanpa Garam

5 Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur

Minyak kelapa dan minyak zaitun bisa digunakan untuk menumis makanan bayi. Kedua minyak ini tergolong minyak jenuh, sehingga lebih aman digunakan.

“Hindari menggunakan minyak tidak jenuh ganda seperti minyak bunga matahari dan minyak jagung, karena bila dipanaskan menghasilkan radikal bebas yang mengancam kesehatan,” jelas Dr Rifka.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

Nah, itulah aneka MPASI paling sehat yang bisa Moms kenalkan pada si buah hati. Tapi, perhatikan juga sesuai dengan kebutuhan Si Kecil, ya.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait