KESEHATAN
5 September 2019

Ini Dia Segenap Penyebab Kista Ovarium yang Harus Moms Hindari

Kista ovarium seringkali membuat kita khawatir dan waspada. Tapi, apa saja sih penyebabnya!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, banyak hal yang bisa jadi penyebab kista ovarium. Sebut saja gaya tidak sehat, pola makan buruk, masalah hormonal, serta gangguan kesehatan lainnya. Semuanya bisa menjadi pemicu timbulnya kista ovarium.

Kista ovarium adalah penyakit yang sering menyerang wanita dan terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Sel itu berupa kantung berisi cairan dan terletak di indung telur (ovarium).

Baca Juga: Menemukan Kista Ovarium Saat Hamil, Tindakan Apa yang Harus Dilakukan?

Penyebab Kista Ovarium

Penyeba kista ovarium

Ada penyebab kista ovarium tertentu karena kasus kista yang satu dan yang lainnya bisa berbeda. Berikut ini adalah penyebab kista ovarium yang diketahui.

Siklus Menstruasi

“Menstruasi yang kurang lancar bisa jadi salah satu penyebab kista pada indung telur. Penyebabnya adalah penumpukan darah kotor di dalam tubuh yang seharusnya dikeluarkan,” ucap dr Michael P. Hopkins, Profesor dan Ketua Departemen Kebidanan dan Ginekologi, Northeast Ohio Medical University.

Masalah Hormon

“Masalah hormon terbukti jadi penyebab nomor satu munculnya kista. Terutama kista indung telur. Pola hidup sehat adalah kunci untuk membantu menjaga keseimbangan hormon,”tambah dr Hopkins.

Belum Mengandung

“Mengandung dan melahirkan bayi bagus untuk pencegahan kista indung telur. Dan bisa menurunkan risiko munculnya kista indung telur sekitar 24%,” jelas dr Christina N.Kuffels, Instruktur Klinis Obstetri dan Ginekologi dari Northeast Ohio Medical University.

Tapi, kalau Moms belum (atau tidak berencana) melahirkan, bukan berarti tidak ada pencegahan dari kista jenis ini. Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan bisa jadi pilihan. Karena antioksidan melindungi tubuh dari virus, parasit, bakteri, dan berbagai radikal bebas.

Kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa menyerang organ reproduksi seperti rahim dan menyebabkan kista ovarium. Makanya, demi kesehatan organ reproduksi, seorang wanita sebaiknya mengurangi konsumsi lemak jenuh.

Stress

“Stres berlebihan juga dapat menghasilkan hormon tertentu yang memicu penyakit. Ketidakmampuan mengelola stres bisa menjadi pemicu kista ovarium,” terang dr Kuffels.

Sebaiknya, sebisa mungkin Moms menghindari stress. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur.

Baca Juga :Harus Tahu! Ini 4 Makanan Pemicu Kista dan Makanan untuk Mengatasinya

Yang Harus Dihindari Agar Jauh dari Kista Ovarium

Merokok.jpg

Agar tidak terkena kista ovarium, selain menghindari penyebab utamanya, kita juga harus menghindari faktor-faktor lain yang memicu kista ovarium. Di antaranya adalah:

Rokok

Rokok tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan paru-paru. Selain itu, zat adiktif di dalam rokok bisa mengganggu rahim dan menjadi pemicu kista pada indung telur. Berhenti merokok dan hindari jadi perokok pasif bisa mengurangi risiko terkena kista ovarium.

Konsumsi Alkohol & Soda

Minuman alkohol yang berlebihan bisa merusak organ tubuh. Hati terutama. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan kista ovarium.

Tidak hanya alkohol, ternyata konsumsi minuman bersoda secara berlebihan pun dapat meningkatkan risiko terkena kista ovarium. Agar lebih sehat, sebaiknya banyak air putih, susu, atau jus buah dan sayur.

Baca Juga: Punya Kista, Begini Perjuangan Rachel Goddard Selama Hamil

(RYO/DIN)

Artikel Terkait