2-3 TAHUN
24 Mei 2019

Ini Dia Usia Tepat Anak Belajar Makan Sendiri

Sebenarnya pada usia berapa yang tepat untuk ajarkan anak makan sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Orami

Ketika buah hati lahir, setiap orangtua langsung ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Dimulai dari hal paling utama, yaitu memastikan nutrisinya tercukupi dengan baik.

Ketika bayi lahir sampai berusia 6 bulan, ia disarankan hanya untuk mengonsumsi ASI. ASI bertugas penting bagi perkembangan dan pertumbuhannya.

ASI mampu melatih agar kekebalan tubuh bayi semakin kuat. ASI juga meningkatkan keintiman antara Moms dan anak.

Setelah ia berusia 6 bulan, maka akan diberikan makanan pendamping ASI atau yang disebut MPASI.

Di waktu ini, penting sekali untuk Moms mengajarkan anak untuk mengenal berbagai bentuk, tekstur, dan rasa makanan.

Anak yang sudah MPASI juga bertepatan dengan waktu tumbuh giginya sehingga ia disarankan untuk konsumsi finger food agar merangsang pertumbuhan giginya pula.

Awalnya, pasti anak membutuhkan bantuan Moms untuk menyuapi makanan. Ada waktu pula ketika Moms membiarkan anak untuk memegang makanannya sendiri walau masih berantakan.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Alergi Makanan Pada Anak

Lalu, pada usia berapa sebaiknya anak belajar makan sendiri? Makan sendiri berarti bisa menggunakan peralatan makan sendiri dan bukan menggunakan tangan. Simak jawabannya berikut ini, ya, Moms!

Berikan Waktu Anak Belajar Makan Sendiri

Ini Dia Usia Tepat Anak Belajar Makan Sendiri 01.jpg

Seorang early childhood practitioner dan co-founder Rumah Dandelion bernama Carmelia Riyadhni mengungkapkan pendapatnya tentang waktu yang tepat mengajarkan anak untuk makan sendiri.

Semua harus berawal dari kemauan orangtua untuk memberikan waktu anak belajar makan sendiri tanpa perlu diinterupsi.

“Untuk makan dengan menggunakan alat makan, biasanya orangtua mengajarkan anak dari usia 13-20 bulan. Berikan kesempatan anak untuk makan sendiri walau awalnya pasti akan tumpah dan berantakan. Hindari pemikiran lebih baik disuapi agar praktis karena hal tersebut menghambat kemampuan motorik anak,” ujar Carmelia ketika sedang berbincang-bincang di Kulwap Orami Community pada Selasa (5/3) lalu.

Tips awal yang bisa Moms lakukan ketika mengajarkan anak untuk makan sendiri adalah memberikan sendok dan mangkuk untuk bermain tuang-menuang, atau bermain peras sponge dan air supaya genggamannya semakin kuat.

Baca Juga: 4 Trik Agar Anak Mengurangi Makan Junk Food

Tindakan ini melatih agar anak bisa memegang sendok dengan lebih stabil. Selagi bermain, selalu perhatikan kebersihan peralatan yang dipakai anak agar sistem kekebalan tubuh anak tetap terjaga.

Kunci Utama Mengajarkan Anak Makan

Ini Dia Usia Tepat Anak Belajar Makan Sendiri 02.jpg

Hal utama saat mengajarkan anak untuk makan sendiri adalah kesabaran orangtua. Tak perlu jengkel ketika anak menumpahkan makanan atau meja makan menjadi berantakan, karena itu adalah proses ia agar nantinya bisa makan dengan baik.

Percaya deh, Moms, bahwa semuanya membutuhkan proses yang sedikit demi sedikit melatih kemampuan anak.

Selain itu, sebaiknya tetapkan waktu makan yang rutin setiap harinya agar anak diajarkan untuk disiplin.

Atur juga waktu makan tidak lebih dari 30 menit agar lebih maksimal. Beberapa hal sederhana ini akan melatih kemampuan anak untuk belajar mandiri dan konsisten.

Saat anak belajar makan sendiri, pastikan juga makanan yang dikonsumsi mudah untuk ia kunyah.

Memberikan makanan dengan beragam tekstur dan rasa tidak masalah, namun pastikan teksturnya masih mudah dicerna anak agar mencegah ia tersedak.

Baca Juga: Redakan Diare dan Muntah pada Bayi dengan Makanan Ini

Nah, jadi tidak bingung lagi dalam mengajarkan anak untuk makan sendiri, kan, Moms?

Momen melatih anak makan sendiri menjadi momen yang tidak akan datang untuk kedua kalinya. Jadi, pastikan momen ini menjadi saat yang menyenangkan antara orangtua dan anak.

(DG)

Artikel Terkait