KESEHATAN
5 Agustus 2019

Ini Dosis Kopi yang Boleh Dikonsumsi Setiap Harinya

Apakah Moms senang minum kopi?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak dari kita yang memulai aktivitas dengan meminum kopi terlebih dulu. Ini dikarenakan kopi dianggap mempunyai kemampuan untuk memberikan energi bagi yang meminumnya.

Selain itu, kopi tak selalu hadir dengan reputasi yang buruk. Kopi juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebuah studi dari Departemen Epidemologi Harvard School of Public Health, Boston, AS mengungkapkan bahwa kopi bisa melindungi kita dari diabetes tipe 2.

Tak cuma itu, kopi juga melindungi tubuh kita dari penyakit parkinson, menurut sebuah studi yang diterbitkan secara online di PubMed. Kopi juga melindungi diri kita dari penyakit hati, seperti sirosis, ini diungkapkan oleh meta-analisis.

Unit Akademik Perawatan Primer dan Ilmu Kependudukan, Fakultas Kedokteran, Universitas Southampton, Inggris.

Namun, ada dosis tertentu saat mengonsumsi kopi agar tak membahayakan tubuh. Berapa ya kopi yang dibutuhkan setiap harinya?

Baca Juga: Berapakah Takaran Kopi untuk Ibu Hamil?

Dosis Kafein dan Banyaknya Kopi yang Aman untuk Diminum

Dosis Kopi yang Boleh Dikonsumsi Setiap Harinya - dosis aman.jpg

Foto: rd.com

Meminum kopi tak bisa sembarangan. Alih-alih ingin sehat, kita bisa terdampak buruk dari kopi akibat melebihi dosis yang ditentukan.

Food and Chemical Toxicology menyimpulkan bahwa jumlah kafein yang aman per hari untuk orang dewasa yang sehat mencapai 400 miligram atau setara dengan 4 cangkir.

Menurut Divisi Epidemiologi dan Genetika Kanker, Institut Kanker Nasional, Institut Kesehatan Nasional, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, Rockville, AS, penelitian yang dilakukan kepada 402.260 orang usia 50-71, mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko kematian terendah selama periode studi 12-13 tahun.

Baca Juga: Bolehkah Balita Minum Kopi? Ini Dampak Bila Anak Kebanyakan Kafein

Tanda Jika Terlalu Banyak Dosis Kopi

Dosis Kopi yang Boleh Dikonsumsi Setiap Harinya - tanda terlalu banyak minum kopi.jpg

Foto: rd.com

Selain dosis aman, ada pula dosis tidak aman dalam mengonsumsi kopi.

Menurut sebuah studi bulan Maret 2019 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, individu yang minum lebih dari 6 cangkir kopi per hari mengalami risiko 22 persen lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular bila dibandingkan dengan mereka yang hanya minum satu hingga dua cangkir.

Tak cuma itu, perlu diingat pula bahwa kandungan kafein dalam minuman sangat bervariasi. Bukan cuma pada minuman kopi saja, terutama di antara minuman berenergi.

Baca Juga: Benarkah Bayi ikut Terpapar Kafein Jika Busui Hobi Minum Kopi?

Untuk mendapat semua manfaat kesehatan tersebut tidak berarti kita harus minum kopi. Orang yang peka terhadap kafein, memiliki kondisi medis tertentu, atau tidak suka minuman ini, pasti harus menghindarinya. Apabila tidak, kesehatan tubuh kita justru akan semakin memburuk.

Tanda jika kita terlalu banyak minum kopi, yakni migrain, insomnia, gugup, sifat lekas marah, merasa gelisah, sering buang air kecil, perut merasa tak enak, dan detak jantung terasa cepat.

Bagaimana dengan Moms? Apakah sudah sesuai dosis?

Artikel Terkait