BALITA DAN ANAK
9 April 2020

4 Gejala Kekurangan Vitamin B3 pada Anak, Waspada!

Gejala bisa timbul pada kulit dan bagian tubuh lain
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, kekurangan vitamin B3 atau niacin terjadi bila asupannya kurang dari 4,4 sampai 6,6 miligram untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi balita.

Menurut Micronutient Information Center Oregon State University, kekurangan vitamin B3 dapat terjadi akibat kurang gizi, pola makan tidak sehat, penyerapan tryptophan abnormal, gangguan metabolik, serta efek samping kemoterapi.

Vitamin B3 sendiri memiliki berbagai peran penting dalam menjaga kesehatan serta fungsi berbagai organ tubuh balita, seperti menurunkan kadar trigliserida dalam darah, membantu meningkatkan fungsi otak, atau menjaga kesehatan mental.

Gejala Kekurangan Vitamin B3 pada Anak

Nah, berikut adalah gejala dan dampak kekurangan vitamin B3 pada balita yang harus Moms tahu seperti dikutip dari Office of Dietary Supplements (ODS).

Baca Juga: Seberapa Penting Pemberian Vitamin Pada Balita?

1. Gejala pada Kulit

Waspada, Gejala Kekurangan Vitamin B3 Pada Balita 1.jpg

Foto: Magicmaman.com

Vitamin B3 memiliki fungsi penting bagi kesehatan kulit balita, seperti menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi dan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar matahari.

Menurut dokter penyakit dalam Larry E. Johnson, MD, PhD, gejala kekurangan vitamin B3 ringan yang paling mudah dikenali adalah ruam kulit yang berwarna merah, meradang, dan terasa nyeri saat disentuh.

Pada kasus kekurangan vitamin B3 parah, biasanya muncul lesi simetris pada area kulit yang terpapar sinar matahari, seperti leher, tangan, dan kaki.

2. Gejala pada Selaput Lendir

Waspada, Gejala Kekurangan Vitamin B3 Pada Balita 2 (1).jpg

Foto: Modernspeechie.com.au

Selaput lendir atau membran mukosa adalah lapisan yang melindungi bagian organ tubuh dalam yang bersentuhan dengan udara, seperti terdapat pada mulut, lidah, bagian dalam hidung, vagina, maupun anus.

Gejala kekurangan vitamin B3 pada balita paling banyak terjadi pada mulut, namun bisa juga mempengaruhi vagina atau saluran kencing. Kekurangan vitamin B3 ringan dapat memicu gejala seperti radang lidah (glossitis) dan sariawan.

Bila terjadi dalam jangka panjang, selapur lendir pada lidah dan area mulut akan memerah dan terasa sakit, yang kemudian diikuti dengan produksi air liur berlebih dan pembengkakan lidah.

Baca Juga: Moms, Waspadai 5 Gejala Kekurangan Vitamin D Pada Balita Ini

3. Gejala pada Sistem Pencernaan

Waspada, Gejala Kekurangan Vitamin B3 Pada Balita 3.jpg

Foto: Howtoadult.com

Vitamin B3 atau niacin berperan penting dalam sistem pencernaan dan metabolisme, serta membantu tubuh memecah karbohidrat dan lemak dari makanan yang dikonsumsi balita.

Pada tahap awal kekurangan vitamin B3, tenggorokan akan terasa panas, perut terasa nyeri dan kembung, juga terkadang disertai dengan sembelit.

Bila kekurangan vitamin B3 terus berlanjut, balita akan mengalami muntah dan diare yang disertai darah, karena terjadinya penyempitan pembuluh darah (hiperemia) atau adanya jaringan yang mati (ulserasi).

4. Gejala pada Sistem Saraf

Waspada, Gejala Kekurangan Vitamin B3 Pada Balita 4.jpg

Foto: Kidspot.com.au

Rupanya kekurangan vitamin B3 juga dapat mempengaruhi sistem saraf balita lho, Moms.

Menurut informasi dari National Institutes of Health, gejala neurologis yang bisa muncul akibat kekurangan vitamin B3 di antaranya adalah sakit kepala, kelelahan, mudah lupa, depresi, sikap apatis, sampai halusinasi suara dan visual.

Supaya tidak salah langkah, bila melihat gejala kekurangan vitamin B3 di atas sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter agar bisa diberikan diagnosis yang tepat dan dilakukan penanganan yang profesional.

Baca Juga: Perlukah Balita Minum Suplemen Vitamin Setiap Hari?

Nah, apa Moms tahu makanan apa saja yang bisa diberikan pada balita supaya tidak sampai mengalami kekurangan vitamin B3?

(WA)

Artikel Terkait