KESEHATAN
30 Desember 2019

Kenali 4 Gejala Serangan Jantung yang Sering Terjadi Pada Perempuan, Moms!

Moms, ternyata ada gejala serangan jantung pada wanita dan pria berbeda, pahami cirinya ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kalau Moms mengikuti serial televisi Grey’s Anatomy, mungkin Moms mengingat ada salah satu episode yang menunjukkan salah satu tokohnya, Dr. Bailey yang mengalami serangan jantung.

Namun, dirinya tidak sadar kalau apa yang dia alami adalah serangan jantung. Sebab, gejalanya tidak seperti serangan jantung yang diketahui pada umumnya.

Rupanya kejadian tersebut tidak hanya terjadi di serial, Moms. Kasus seperti itu sudah sering terjadi pada wanita, yang gejalanya jauh berbeda dengan serangan jantung terjadi pada pria.

Menurut jurnal ilmiah dari Proceedings of the National Academy of Sciences disebutkan kalau wanita lebih cenderung bisa bertahan dari serangan jantung dibandingkan oleh pria, terlebih ketika dirawat oleh dokter wanita yang lebih cenderung mengenali tanda-tanda halus serangan jantung.

Nah, agar Moms bisa mengatasinya dengan baik, kenali beberapa gejala serangan jantung yang bisa dialami wanita tetapi seringkali diabaikan.

Baca Juga : Tak Selalu Serangan Jantung, Ini 4 Penyakit Lain yang Diawali dengan Nyeri Dada

Gejala Serangan Jantung yang Patut Moms Ketahui

Sesak pada Rahang

Ini Gejala Serangan Jantung yang Sering Terjadi Pada Perempuan, Moms Perlu Tahu!

Foto: The Healthy

Seperti pada jurnal dari Proceedings of the National Academy of Sciences yang menyebutkan kalau gejala serangan jantung yang terjadi pada wanita memang berbeda dengan pria, sehingga sering kali wanita tidak menyadari tanda-tanda gejala serangan jantung yang terjadi.

Salah satunya adalah ketika Moms merasakan sesak di bagian rahang secara mendadak. Bila hal tersebut memang terjadi tanpa sebab, bukan karena Moms terbentur atau karena hal lainnya, cobalah segera periksakan ke dokter.

Baca Juga : Waspada! Ini Tanda-tanda Awal Gejala Serangan Jantung

Sakit Perut

Mitos Atau Fakta Kalau Cuka Apel Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Foto: Medical News Today

Gejala serangan jantung yang terjadi pada perempuan juga serupa dengan beberapa gejala kesehatan lain, sehingga sulit untuk mendeteksinya.

Menurut American Heart Association, jika seorang wanita mengalami gejala-gejala tidak biasa, seperti rasa sakit pada perut yang benar-benar mendadak, tanpa disebabkan karena makanan pedas, disertai rasa pusing, dan sesak napas. Itu juga bisa menjadi pertanda dari ciri-ciri serangan jantung, Moms.

Nyeri Punggung Ekstrim

Ini Gejala Serangan Jantung yang Sering Terjadi Pada Perempuan, Moms Perlu Tahu!

Foto: Flo

Jika seorang wanita tiba-tiba mengalami sakit punggung bagian atas yang begitu menyakitkan, itu mungkin bukan otot tertarik, melainkan tanda lain dari serangan jantung. Terutama saat sakit punggung tersebut disertai dengan rasa pusing dan sesak napas.

Wanita yang mengalami serangan jantung memang sering kali ditandai dengan sakit punggung bagian atas. Rasanya seperti ada tali yang mengikat tubuh, Moms. Apabila rasa sakit itu tidak dipicu oleh cedera atau lainnya, bisa jadi itu adalah pertanda Moms mengalami gejala serangan jantung.

Mual, Pusing, Dan Berkeringat Terus Menerus

Ini Gejala Serangan Jantung yang Sering Terjadi Pada Perempuan, Moms Perlu Tahu!

Foto: Video Blocks

Mual, keringat dingin, dan pusing memang tampak seperti gejala yang menyerupai flu berat. Namun, selain gejala dari flu berat, kemungkinan itu bisa menjadi pertanda Moms sedang mengalami serangan jantung.

Jadi, bila Moms memang mengalami gejala di atas dan tidak dipicu oleh faktor jelas, sebaiknya Moms segera pergi ke dokter untuk mengetahui cara penanganan yang terbaik.

Baca Juga : Apa yang Harus Dilakukan Jika Pasangan Anda Terkena Serangan Jantung saat Bercinta?

Jangan sampai Moms terlembat memberikan penanganan untuk mencegah diri terkena serangan jantung yang berbahaya untuk diri.

NA/KM

Artikel Terkait