PROGRAM HAMIL
7 Maret 2018

Ini Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Bayi Kembar

Agar kebutuhan Moms dan si kembar terpenuhi
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Setiap ibu hamil memang harus memperhatikan asupan nutrisi untuk dirinya dan bayi dalam kandungannya. Karena nutrisi inilah yang akan membantu pembentukan organ-organ penting sang janin. Lalu, bagaimana dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan bayi kembar seperti yang sedang dialami oleh Beyonce dan Amal Clooney?

Sebenarnya, kebutuhan nutrisi ibu hamil untuk janin kembar tetaplah sama. Hanya saja, pada kehamilan kembar seringkali bayi dilahirkan dalam dengan berat rendah. Untuk itu ada beberapa nutrisi yang diutamakan yaitu asam folat, kalsium dan zat besi. Moms juga harus menyertakan banyak protein, karbohidrat dan sedikit lemak untuk mendorong pertumbuhan bayi.
Ikuti beberapa langkah sederhana ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil bayi kembar.

1. Konsumsi berbagai jenis bahan makanan
Makanan sehat seperti sayur, buah, dan daging sangat baik untuk mencukupi asupan nutrisi ibu hamil setiap harinya. Usahakan untuk banyak mengonsumsi bahan segar dan kurangi pengawet atau makanan olahan. Produk berbahan dasar susu, seperti keju dan yoghurt yang kaya akan kalsium juga baik untuk calon bayi kembar. Jika perlu, lengkapi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil.

2. Penuhi kebutuhan kalori
Sangat penting bagi ibu hamil bayai kembar untuk memperhatikan asupan kalori. Ini supaya kedua bayi dapat tumbuh dengan ukuran optimal. Pada kehamilan normal, seorang ibu membutukan 300 kalori per hari. Maka untuk kehamilan kembar, Moms akan membutuhkan 600 kalori per hari. Moms bisa menambahkan kalori ini sejak trisemester kedua dan berlanjut hingga trisemester ketiga kehamilan. Tahbahkan juga karbohhidrat kompleks seperti oats, brown rice dan pasta untuk menghindari konstipasi.

3. Cukupi kebutuhan iodine
Iodine merupakan salah satu zat yang penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Variasikan menu makan Moms dengan aneka produk olahan susu, garam laut, dan ikan laut yang kaya akan iodine. Meski demikian, Moms dianjurkan untuk tidak mengonsumsi garam lebih dari satu sendok teh per harinya untuk mengurangi risiko darah tinggi dan kegemukan.

4. Tambahkan nutrisi penting lainnya
Selama masa kehamilan, nutrisi penting seperti asam folat, vitamin D, omega-3, dan zat besi harus dicukupi dengan baik. Saat kandungan memasuki minggu ke-20 hingga 24, pastikan Moms memenuhi kebutuhan zat besi karena kurangnya unsur ini dapat mengakibatkan anemia. Masalah yang satu ini sering dijumpai pada ibu hamil yang akan memiliki bayi kembar.

Selain memerhatikan makanan yang dikonsumsi, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengecek kesehatan Moms dan sang calon bayi kembar, ya.

Apakah saat ini Moms ada yang sedang hamil bayi kembar? Yuk, cerita pengalamannya di sini.

<ARK>

Artikel Terkait