GAYA HIDUP
13 Agustus 2019

Ini Lho Manfaat Baking Soda untuk Keperluan Sehari-hari

Banyak Moms mungkin belum tahu sederet manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari ini
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms pasti memiliki baking soda di rumah. Akan tetapi, tidak pernah terpikirkan untuk menggunakannya kecuali benar-benar dibutuhkan. Padahal menurut pendiri Nutritious Life, Keri Glassman, MS, CD, dan RDN, mineral alami natrium bikarbonat alias baking soda merupakan bahan yang serba guna namun sering diabaikan.

Jadi, bila Moms hanya mengetahui penggunaan baking soda paling umum untuk memanggang seperti memberi roti tekstur yang ringan serta halus karena menghasilkan gelembung yang tetap berada di adonan saat dipanggang. Ternyata, baking soda bisa memiliki ragam manfaat yang lain.

Kira-kira, apa saja ya manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari? Berikut daftarnya!

Baca Juga: Ini 4 Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

1. Pengganti Sabun Cuci

Cuci Buah.jpg

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang pertama adalah pengganti sabun cuci. Moms, ada baiknya mulai memikirkan alternatif produk sebagai pengganti sabun cuci yang biasa ada di pasaran.

Maka, baking soda bisa menjadi alternatifnya. Cukup siapkan air yang direndam baking soda kemudian rendam seperti buah selama 12 sampai 15 menit, hal ini akan mampu menghilangkan sekitar 80 dan 96 pestisida tertentu dari apel, yang mana lebih baik ketimbang air ledeng saja.

Baca Juga: Ini 4 Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

2. Sebagai Pembersih Alami

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang selanjutnya adalah sebagai pembersih alami. Campurkan baking soda dengan air sebagai pembersih non-abrasif yang efektif. Moms bisa menggunakan campuran tersebut untuk membersihkan sisa makanan lama dari bagian dalam kulkas.

Moms juga bisa menaburkan soda kue ke saluran pembuangan dengan air panas untuk menyegarkan pipa yang terkadang menimbulkan bau tidak sedap.

Bahkan, campuran ini bisa membersihkan bak mandi, wastafel, tirai mandi, dan jangan lupa bisa menghilangkan bau tidak enak di karpet dengan cara taburkan baking soda di atas karpet, diamkan, dan bersihkan, hal ini bisa menghilangkan bau busuk.

3. Pembersih Panci dan Wajan

Bersihkan Wajan.jpg

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang selanjutnya adalah membersihkan panci dan wajan. Moms tentu jengkel ketika memasak tapi sisa makanan malah lengket atau menempel di wajan atau panci.

American Cleaning Institute merekomendasikan menambahkan soda kue ke wajan dan panci, diisi dengan air panas, dan berendam selama 15 hingga 30 menit.

Soda kue akan membantu mengangkat potongan makanan berkerak di panci dan wajan.

Baca Juga: 7 Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Peralatan Rumah

4. Untuk Membersihkan Baju

Pembersih Baju.jpg

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang selanjutnya adalah membersihkan baju. Tambahkan ½ cangkir soda kue ke siklus bilas baju. Hal ini akan membuat segar pakaian tanpa semua bahan kimia dalam produk lain.

Dalam sebuah penelitian tentang penggunaan soda kue untuk membunuh bakteri di pakaian. Bakteri tidak akan bertahan lama ketika pakaian yang sempat terkena produk berbusa ditambahkan baking soda saat pembilasan.

5. Hilangkan Mulas Perut

Minum baking soda.jpg

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang selanjutnya adalah menghilangkan mulas perut. Moms, untuk membantu meringkan mulas boleh dicoba menggunakan baking soda caranya ½ sendok teh ke ½ gelas air dan minum.

Sodium bikarbonat dalam soda kue bekerja seperti kebanyakan obat antasida yang dijual bebas sama seperti antacid bermerek, baking soda berfungsi untuk meredakan mulas. Dengan menambahkan ke dalam asam lambung, pH diturunkan yang membantu sistem pencernaan ketika terlalu banyak asam di lambung.

Baca Juga: Keajaiban Baking Soda untuk Kulit

6. Menghilangkan Gatal Bekas Gigitan Serangga

HERO Mudah Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Gatal Karena Diabetes.jpg

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang selanjutnya adalah menghilangkan gatal bekas gigitan serangga. Apabila Si Kecil terkena gigitan serangga tentu Moms akan langsung melakukan tindakan karena efek setelahnya terkadang menimbulkan gatal.

Nah, berdasarkan Mayo Clinic, Moms bisa mengoleskan pasta baking soda caranya campur baking soda dengan sedikit air agar mendapatkan konsistensi yang tepat hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan beberapa kali sehari.

7. Rawat Gigi Ibu Hamil

Perawatan-Gigi-Hero.jpg

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang selanjutnya adalah merawat gigi ibu hamil. Ketika Moms sedang mengandung tentu terjadi yang namanya morning sickness.

Seiring dengan mual, asam lambung yang disertai muntah ternyata dapat menghilangkan enamel gigi Moms. Jika memungkinkan Moms bisa kumur-kumur dengan 1 sendok teh baking soda setelah muntah secara sesekali atau teratur.

8. Obat Infeksi Kuku

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang selanjutnya adalah obat infeksi kutu. Ketika mendapatkan infeksi kuku ringan, Moms bisa mempertimbangkan penggunaan baking soda yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air kemudian rendam bagian kuku yang terinfeksi.

Hal ini bisa membaik karena baking soda memiliki sifat antijamur.

Itulah manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari yang mungkin belum Moms ketahui. Ternyata banyak juga ya Moms manfaatnya selain untuk memasak.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait