FASHION & BEAUTY
9 Juli 2020

Ini Lho Moms! Cara Paling Mudah Tampak Segar dan Awet Muda

Ternyata tidak sulit untuk dilakukan dan diterapkan lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kini makin banyak produk multivitamin yang dirancang untuk mencegah penuaan dini. Menurut dr. Elia Indrianingsih SpGk dari Eka Hospital, jika asupan makan tercukupi dan seimbang (buah, sayur), serta lengkap vitamin mineral, maka tanpa suplemen multivitamin pun tidak masalah.

Nah, sebelum berfikir untuk mengkonsumsi suplemen pencegah penuan dini, melakukan perawatan yang mahal hingga operasi, simak dulu yuk cara paling mudah tampak segar dan awet muda berikut ini.

10 Cara Paling Mudah Tampak Segar dan Awet Muda

1. Dimulai dengan Vitamin C

Vitamin C Alami

Foto: Orami Stock Photos

Vitamin C adalah “kunci” awet muda. Berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C akan memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini.

Dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi.

Baca Juga: Awet Muda, Begini 5 Penampilan Yuni Shara yang Selalu Cantik dan Segar

2. Alami Lebih Baik

Makanan sehat pasti dibuat dengan bahan-bahan segar, sebisa mungkin hindari bumbu siap saji ya, Moms.

Misalnya saat menumis cepat, gunakan minyak zaitun dan agar lebih harum dan menggunggah selera gunakan bawang putih.

Karena kandungan allium sativum tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol, bahkan mencegah kanker, dan sebagai salah satu cara paling mudah tampak segar dan awet muda.

3. Jadi Balita Lagi

Ketika Moms memiliki balita, tentunya asupan dan pola makannya harus bersih bukan agar dirinya tubuh sehat? Jadi tak ada salahnya jika Moms bisa mengikuti pola makan balita, bersih dan padat gizi.

Selain itu, ikuti juga pola makan dan beristirahat secara teratur. Mulai dari mulai untuk tidak lagi meremehkan sarapan di pagi hari, batasi makanan yang digoreng di siang hari dan perbanyak sayuran di malam hari.

Lalu, usahakan rutin mengganti cemilan kripik dan sejenisnya dengan buah, sebagai cara paling mudah tampak segar dan awet muda.

Baca Juga: DIY Masker Kopi untuk Dapatkan Wajah Awet Muda

4. Tahan Nafsu

easy spaghetti carbonara.jpg

Apapun yang dikonsumsi berlebihan pastinya tak baik untuk kesehatan. Sayangnya, makanan lezat yang umumnya mengandung minyak, kolesterol, lemak, dan gula tinggi memang mengundang nafsu dan sulit dihindari.

Solusinya, cobalah berpuasa atau melakukan diet yang direkomendasikan ahli dan pastinya mampu dijalani.

Masalah pencernaan, seperti sembelit ataupun wasir, pun tak akan menggangu hidup Moms. Saran dr. Elia, “Agar pencernaan terjaga, hindari makan cara buffet atau makan sepuasnya. Itu membuat Anda makan lebih banyak dari biasa.”

5. Ganti Wadah

Ganti wadah atau toples yang berisi kripik dengan wadah yang berisi buah segar atau salad.

Buah segar bukan hanya kaya serat dan vitamin, tetapi sahabat untuk keremajaan kulit dan sebagai cara paling mudah tampak segar dan awet muda.

6. Banyak Minum

Sebelum memilih minuman sehat sebagai seperti teh hijau, yogurt, rebusan jahe, kunyit, atau temulawak, usahakan pilih air putih setiap kali makan.

Pastikan juga cukup minum air putih setiap hari agar tidak dehidrasi, manfaatnya kulit tidak kering dan sirkulasi darah ke otak lancar sehingga otak bisa bekerja optimal.

Baca Juga: Tambahkan 6 Rempah Ini dalam Perawatan Kulit Moms Agar Tetap Awet Muda

7. Bergembira Saat Makan

beauty-woman-asian-cute-girl-feel-happy-eating-diet-food-fresh-salad-good-health-pink-background_1150-10220.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Setiap kali makan, nikmati dan rasakan makanan. Syukuri hidangan yang masuk ke mulut Moms. Makan bersama orang-orang tercinta harusnya menimbulkan emosi positif dan bahagia.

Dan akan membuat Moms lebih awet muda. Salah satu cara untuk makan enak adalah menjauhi kondisi stres. Dengan hati yang tenang, semua makanan bisa terasa lezat.

8. Gairah Tak Boleh Padam

“Kesehatan seksual merupakan cerminan dari kondisi kesehatan fisik dan psikologis seseorang,” ujar Ian Kerner, konselor seks di New York, AS, dan penulis buku She Comes First.

“Jika Anda kehilangan gairah seksual, bisa jadi itu merupakan tanda adanya masalah kesehatan lain, bisa depresi, kurang asupan nutrisi, atau mengidap penyakit tertentu,” lanjutnya.

Jangan abaikan kehidupan seks yang meredup. Karena kehidupan seksual yang sehat berpengaruh positif pada kesehatan Moms dan bisa menunjang dengan efektif sebagai cara paling mudah tampak segar dan awet muda.

Baca Juga: Masuki Usia 37 Tahun, Ini 5 Potret Awet Muda Dian Sastrowardoyo

9. Rutin Olahraga

Bergerak aktif dengan rutin berolah raga mampu olahraga mampu menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh tetap teratur.

Sehingga kesehatan organ tubuh seperti jantung, otak, otot dan tulang tetap terjaga.

Alhasil membantu menangkal penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, sakit jantung, hingga depresi.

10. Persiapkan Menopause

Menopause Dini, Apa Penyebabnya-3.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Khusus untuk wanita, menjelang menopause (perimenopause), wanita mengalami kemerosotan produksi hormon estrogen. Kondisi ini mengakibatkan gangguan fisik dan mental.

Seperti mudah lelah, berat badan naik, sulit tidur, timbul rasa panas di dada (hot flash), perasaan tidak nyaman, mudah marah, atau depresi ringan.

Nah,beberapa jenis sayuran, biji-bijian (kenari, almon), dan kacang-kacangan (terutama kedelai) kaya akan fitoestrogen (hormon estrogen alami) dapat membantu kestabilan kadar hormon wanita jelang menopause tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat Moms terapkan sebagai cara paling mudah tampak segar dan awet muda. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak nutrisi ya Moms!

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan perlindungan asuransi kesehatan AXA Mandiri. Dengan asuransi jiwa ini, Moms tak perlu khawatir tentang pengeluaran yang diakibatkan oleh kondisi tubuh yang tidak prima.

(ADV)

Artikel Terkait