2-3 TAHUN
1 November 2019

Ini Makanan Agar Balita Tumbuh Tinggi

Kira-kira makanan apa ya Moms?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Anak yang cukup gizi biasanya ditandai dengan kondisi fisik dan mentalnya yang sehat, postur tubuh tidak pendek, dan juga tumbuh kembangnya optimal. Anak dengan kondisi tersebut tentunya menjadi idaman seluruh orang tua di dunia.

Nah, untuk menjaga asupan gizinya agar terus baik maka ahli kesehatan dan juga ahli gizi merekomendasikan Moms untuk memberikan telur setiap hari kepada anak-anaknya.

Kenapa telur? Telur merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan protein dan juga kolesterol baik pada bagian kuningnya.

Kuning telur merupakan bagian paling bergizi dari telur karena mengandung kolesterol baik yang memiliki peranan penting dalam mengatur proses sel dan mengatur jalur yang terlibat dalam pensinyalan sel. Tidak heran, telur menjadi salah satu makanan agar balita tumbuh tinggi.

Konsumsi telur, baik direbus, digoreng, maupun diorak-arik untuk jadi menu omelet akan sangat baik bagi pertumbuhan Si Kecil. Segala nutrisi yang ada di dalam telur memang dirancang untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil.

Baca Juga: 6 Manfaat Telur untuk MPASI Bayi dan Resepnya

Makan Telur Setiap Hari Mencegah Stunting

agar balita tumbuh tinggi

Dilansir dari BBC, sebuah penelitian di Ekuador selama 6 bulan membuktikan bahwa anak-anak yang diberikan telur setiap hari untuk dikonsumsi tidak mengalami stunting atau kondisi tubuh pendek.

Mengonsumsi telur setiap hari dapat mencegah stunting pada anak atau balita. Dengan kata lain, telur juga jadi salah satu makanan agar balita tumbuh tinggi.

Stunting sendiri merupakan kondisi tubuh yang tidak dapat tumbuh semestinya akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama.

Selain membuat tubuh anak menjadi pendek, stunting juga membuat kecerdasan anak menjadi lebih rendah dan juga rentan terhadap segala macam penyakit ketika dewasa.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa ada 155 juta anak dan balita yang mengalami stunting di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka datang dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah hingga menengah.

Baca Juga: Apakah Stunting Merupakan Penyakit Genetik? Ini Kata Ahli!

Cara Murah untuk Mencegah Stunting

agar balita tumbuh tinggi

Melihat fakta tersebut, Moms tentunya paham tentang manfaat memberikan telur setiap hari bagi anak. Namun, tentunya Moms juga perlu mengetahui hasil lainnya dari penelitian yang dilakukan di Ekuador terhadap pemberian telur setiap hari kepada anak-anak.

Penelitian tersebut pun menunjukkan bahwa anak-anak yang diberikan telur setiap hari cenderung jauh dari risiko terkena stunting. Jadi, selalu sediakan telur untuk dikonsumsi sebagai makanan agar balita tumbuh tinggi ya Moms.

Dalam penelitian itu, kesehatan 160 anak yang dilibatkan terus dipantau setiap hari dan dibandingkan dengan anak-anak yang tidak diberikan telur setiap hari.

Salah satu peneliti yang bernama Lora Lannotti pun sedikit terkejut dengan hasil riset yang dilakukan ia dan timnya. Lora mengatakan, pemberian telur setiap hari bisa menjadi cara yang murah untuk mencegah terjadinya stunting.

Hasil riset itu tentunya bukan tanpa sebab lantaran telur memang mengandung kombinasi nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak. Lebih jelasnya lagi, seorang anak yang berusia 2 tahun sedang mengalami masa krusial bagi tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu, Moms perlu memberikan asupan gizi yang cukup karena jika tidak dampaknya akan dirasakan anak hingga dewasa.

Baca Juga: Bukan Daging yang Jadi Sumber Protein Terbaik, Tapi Telur, Kok Bisa?

Banyak yang Khawatir Menimbulkan Alergi

eggs-food-fried-eggs-236812.jpg

Di sisi lain, ahli nutrisi di Royal College of Paediatrics and Child Health Prof Mary Fewtrell menyatakan bahwa saat ini masih belum banyak penelitian soal telur dalam menangkal stunting.

Menurut dia, hal itu terjadi karena dalam beberapa budaya telur bukan merupakan makanan utama akibat adanya ketakutan terhadap alergi.

Meski begitu, Fewtrell menyatakan bahwa kecukupan gizi yang baik diawali oleh pemberian ASI selama 6 bulan kepada buah hati.

Setelah itu, makanan pendamping seperti telur dan lainnya yang juga bergizi bisa diberikan guna mencukupi kebutuhan gizi buah hati Moms sekalian.

Kendati memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, The British Nutrition Foundation menyarankan Moms untuk memberikan banyak variasi makanan bergizi lainnya kepada Si Kecil.

Hal itu agar segala nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh anak bisa diserap semuanya.

Baca Juga: Resep No Egg Cake, Cake Untuk Si Alergi Telur

Itulah alasan mengapa telur bisa menjadi salah satu asupan makanan agar balita tumbuh tinggi. Jangan ragu lagi untuk memberikan telur ya Moms!

Artikel Terkait