DI ATAS 5 TAHUN
10 Maret 2018

Ini Manfaat Sepak Bola Bagi Perkembangan Anak

Bisa membangun kemampuan anak untuk bersosialisasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Sepak bola adalah olahraga favorit hampir semua orang. Dimainkan oleh siapa saja, tidak pandang kalangan dan usia. Permainan seru ini ternyata juga punya banyak manfaat bagi perkembangan anak. Oleh karenanya, tidak ada salahnya memperkenalkan sepak bola kepada si kecil yang punya energi dan semangat tinggi, apalagi jika ia adalah laki-laki. Apa saja sih, manfaatnya bagi anak Mama?

  1. Perkembangan fisik

Aktivitas yang mengharuskan gerak tubuh jelas sangat bagus untuk perkembangan anak dalam segi kesehatan fisik. Selain membuat metabolisme tubuh lancar, sepak bola sangat baik untuk meningkatkan kapasitas aerobik serta menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, karena dalam olahraga ini anak diharuskan untuk berjalan, berlari, dan juga sprint, kekuatan, fleksibilitas serta ketahanan tubuhnya akan terlatih juga.

  1. Perkembangan psikis

Sepak bola juga memengaruhi perkembangan psikis anak, lho. Pertama, sepak bola adalah olahraga yang menyenangkan. Menggiring bola dan berusaha untuk memasukkannya ke dalam gawang akan membangun suasana menjadi seru. Ini membuat anak menjadi gembira, bersemangat, dan antusias ketika berkumpul dan bermain dengan teman sebaya. Kedua, kepercayaan diri akan muncul ketika anak berlaga dalam tim. Ia “dipaksa” pede bahwa tiap anggota tim memiliki peran masing-masing dan harus melakukan yang terbaik untuk bisa memenangkan pertandingan. Oleh karena sepak bola adalah group activity, tekanan yang dirasakan anak juga tidak sebesar ketika dirinya melakukan olahraga yang individual. Dalam bola, kalah-menang adalah tanggung jawab tim. Kebebasan perasaan dan rasa senang sangat baik untuk perkembangan psikis anak karena olahraga sudah seharusnya memberikan keceriaan dan kebahagiaan, bukannya tekanan.

  1. Social skill

Dengan bekerja dalam tim, anak belajar bagaimana bekerja sama, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang lain. Bertukar ide dengan cara yang dapat dipahami pun ia pelajari di sini sehingga tim bisa bermain dengan baik dan keluar membawa menang. Sepak bola juga mengajarkan nilai kebersamaan dan sportivitas. Tanpa rasa ini tak mungkin suatu tim dapat memenangkan pertandingan karena para anggota harus bekerja sama sebagai satu kesatuan. Hal terakhir yang baik untuk perkembangan anak Mama adalah leadership atau kepemimpinan. Apalagi jika ia ditunjuk menjadi kapten tim, buah hati harus bisa memimpin dan mengarahkan kawan-kawannya dengan cara yang baik dan bisa diterima orang lain untuk mencapai tujuan, yakni kemenangan.

<ARK>

Artikel Terkait