KEHAMILAN
25 Mei 2019

Ini Panduan Konsumsi Vitamin saat Hamil secara Tepat

Vitamin yang tidak tepat justru bisa berbahaya bagi janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur

Selain memenuhi nutrisi seimbang, konsumsi vitamin saat hamil secara tepat juga wajib dilakukan lho Moms. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang Moms makan.Selain memenuhi nutrisi seimbang, konsumsi vitamin saat hamil secara tepat juga wajib dilakukan lho Moms. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang Moms makan.

Namun, saat hamil Moms akan perlu mengkonsumsi beberapa suplemen yang cukup untuk kebutuhan sehari. Mengonsumsi suplemen vitamin hamil ada aturannya lho. Jika tidap tepat, bukan tidak mungkin vitamin hamil justru akan membahayakan janin.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Moms wajib mengetahui konsumsi vitamin hamil secara tepat. Yuk kita cari tahu panduannya di bawah ini!

Baca Juga: Pentingnya Vitamin B untuk Ibu Hamil

Vitamin A

Ini Panduan Konsumsi Vitamin Saat Hamil yang Tepat 01.jpg

foto: Healthline

Konsumsi vitamin saat hamil yang perlu Moms perhatikan adalah vitamin A. Vitamin A memang baik untuk kesehatan mata, namun jangan konsumsi suplemen vitamin A atau apapun yang mengandung vitamin A.

Terlalu banyak konsumsi tersebut sangat berisiko dan membahayakan bayi Moms dalam kandungan.

Moms bisa mendapatkan suplemen dari apotek dan supermarket, atau dokter yang mungkin bisa meresepkannya. Jika Moms ingin mendapatkan asam folat atau vitamin D dari tablet multivitamin, pastikan tablet tersebut tidak mengandung vitamin A (atau retinol).

Vitamin D

Ini Panduan Konsumsi Vitamin Saat Hamil yang Tepat 02.jpg

foto: Parents Magazine

Konsumsi vitamin saat hamil yang perlu Moms perhatikan lainnya adalah vitamin D. Moms membutuhkan vitamin D untuk menjaga tulang tetap sehat dan memberi bayi cukup vitamin D untuk beberapa bulan pertama kehidupannya.

“Vitamin D mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh dan ini diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi,” ujar David G. Mottershead, Ph.D., seorang ahli gizi dari Keele University.

Terlalu sedikit konsumsi vitamin D saat hamil juga dapat menyebabkan tulang anak-anak melunak dan dapat menyebabkan rakitis, sebuah penyakit yang mempengaruhi perkembangan tulang pada anak-anak.

Hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan. Sumber vitamin D terbaik adalah radiasi UV dari sinar matahari.

Jumlah waktu yang Moms butuhkan di bawah sinar matahari untuk membuat cukup vitamin D berbeda untuk setiap orang, dan tergantung pada hal-hal seperti jenis kulit, waktu hari dan waktu dalam setahun.

“Tetapi kita tidak perlu berjemur terlalu lama atau sering. Jumlah sinar matahari yang dibutuhkan untuk membuat vitamin D terpenuhi dapat menyebabkan kulit terbakar,” tambahnya.

Jika Moms memiliki kulit gelap atau selalu menutupi kulit, Moms mungkin berisiko kekurangan vitamin D. Bicaralah dengan bidan atau dokter jika Moms khawatir tentang hal ini.

Bagi kebanyakan perempuan, sinar matahari setiap hari dikombinasikan dengan suplemen kehamilan yang mengandung 400 iu vitamin D akan cukup. Namun, jika kadar vitamin D Moms rendah, dokter akan meresepkan lebih banyak suplemen yang tepat.

Baca Juga: Ini 10 Sumber Vitamin B6 Alami yang Aman untuk Kehamilan

Vitamin C

Ini Panduan Konsumsi Vitamin Saat Hamil yang Tepat 03.jpg

foto: First Cry Parenting

Konsumsi vitamin saat hamil yang perlu Moms perhatikan lainnya adalah vitamin C. Kebutuhan akan vitamin C meningkat pada kehamilan karena volume darah yang lebih besar pada ibu dan pertumbuhan bayi yang belum lahir. Vitamin C penting untuk pembentukan kolagen yang sangat penting dalam pembuluh darah.

Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan Moms. Ibu hamil membutuhkan sekitar 60 mg vitamin C sehari. Sumber makanan vitamin C yang sangat baik termasuk buah dan sayuran.

Asam Folat

Ini Panduan Konsumsi Vitamin Saat Hamil yang Tepat 04.jpg

foto: Firstcry parenting

Konsumsi vitamin saat hamil yang perlu Moms perhatikan lainnya adalah asam folat. Folat adalah vitamin B yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Kebutuhannya meningkat selama kehamilan untuk pertumbuhan normal bayi yang belum lahir. Asupan folat yang cukup membantu mencegah cacat lahir pada bayi, seperti spina bifida.

Nah, suplemen ini tidak hanya baik dikonsumsi ibu hamil. Moms yang akan merencanakan kehamilan biasanya akan direkomendasikan untuk mengkonsumsi asam folat.

Jadi, Moms bisa mengambil vitamin kehamilan yang mengandung asam folat dan beredar di pasaran untuk menjaga kehamilan normal.

Baca Juga: Ini Dia 7 Vitamin untuk Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan

Nah, vitamin kehamilan apa yang Moms konsumsi untuk menunjang kesehatan kehamilan?

(GSA)

Artikel Terkait