NEWBORN
29 Desember 2019

Ini Penyebab Nyeri Payudara saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Rasa sakit payudara saat menyusui paling umum terjadi karena posisi dan pelekatan yang masih kurang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Proses menyusui merupakan momen yang paling berharga dan berkesan bagi banyak ibu. Menyusui adalah bentuk bonding terbaik yang dirasakan oleh Moms dan Si Kecil.

Namun, terkadang proses menyusui tidak selalu bisa berjalan dengan baik. Moms pun akan dihadapkan dengan beragam permasalahan.

Misalnya seperti susah saat latching/pelekatan, ASI yang tidak keluar atau keluar terlalu sedikit, termasuk juga adanya rasa nyeri saat menyusui.

"Rasa sakit saat menyusui apalagi sampai lecet dan berdarah paling sering disebabkan oleh posisi dan pelekatan yang masih kurang tepat," jelas dr. Margaret Mutiaratirta Sugondo, CIMI, Konselor Laktasi, RS Pondok Indah-Puri Indah.

Penyebab Nyeri Payudara saat Menyusui

Ia melanjutkan, penyebab mendasar sakit saat menyusui lainnya apabila posisi dan pelekatan sudah diperbaiki tetapi masih sering lecet atau nyeri, kemungkinan adanya infeksi jamur (nipple thrush), kelainan anatomi mulut bayi (lip tie/tongue tie), atau vasospasme pada puting ibu.

Dokter Margaret menyarankan untuk mencari penyebab yang mendasari gejala sakit saat menyusui, agar kegiatan menyusui tetap bisa berlanjut.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar?

Lebih lanjut, dr. Margaret mengatakan, cara mengatasi nyeri saat menyusui adalah dengan memperbaiki posisi dan pelekatan bayi pada payudara.

"Apabila nyeri masih berkelanjutan, periksakan kondisi ibu ke konselor laktasi atau dokter untuk dikaji lebih lanjut," jelasnya.

Cara Mengatasi Nyeri Payudara saat Menyusui

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika untuk membantu mengatasi nyeri payudara saat menyusui. Mengutip dari New Parent, berikut caranya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

1. Atasi Rasa Sakit

Ini Kondisi yang Terjadi Jika Ibu Tidak Menyusui-2.jpg

Selama minggu pertama menyusui, rasa sakit saat menyusui seringkali merupakan akibat dari perubahan kulit postpartum yang normal. Rawat puting yang atau pecah-pecah dengan salep atau gel khusus, yang akan membantu kulit untuk sembuh.

Moms bisa juga mengoleskan ASI sendiri, yang memiliki sifat antibakteri, sehingga mencegah infeksi pada puting karena menyusui.

2. Pelajari Cara Pelekatan (Latch) yang Tepat

Puting Agak Rata, Bolehkah Pakai Nipple Shield saat Menyusui-1.jpeg

Cara mengatasi nyeri payudara saat menyusui selanjutnya adalah pelajari cara pelekatan yang tepat. Nyeri puting yang terus-menerus mungkin merupakan akibat dari proses pelekatan puting dan mulut bayi yang tidak tepat.

Dikutip dari Kidshealth.org, jika pelekatan bayi terus menerus salah, misalnya menghisap hanya area puting tidak sampai areola, rasa nyeri payudara akan muncul. Selama pelekatan masih salah, hal ini akan terus Moms alami.

Latching yang efektif memastikan bahwa bagian paling sensitif dari puting ditarik masuk ke dalam mulut bayi, tetapi pelekatan yang buruk dapat menyebabkan bayi hanya menerima sebagian puting, dan membuat puting susu terlihat berkerut atau lancip.

Baca Juga: 6 Perlengkapan Menyusui Wajib Punya Agar Tetap Nyaman

3. Mandi Air Dingin dan Hangat

mandi terlalu lama

Mandi air dingin dan hangat ternyata membantu meredakan nyeri payudara saat menyusui lho Moms. Saat payudara membengkak, bantu ASI agar dapat mengalir dengan mandi air hangat sebelum menyusui, setidaknya 5 menit saja (terlalu lama justru dapat memperparah pembengkakan).

Setelah menyusui, Moms bisa membantu mengurangi rasa sakit saat menyusui akibat pembengkakan dengan menaruh kompres dingin selama 10 menit.

4. Perhatikan Tanda-tanda Peringatan

Ibu Menyusui Ingin Puasa Pertimbangkan 5 Hal Ini-1.jpg

Hubungi dokter jika Moms masih mengalami pembengkakan yang parah, rasa sakit saat menyusui sangat kuat sehingga sulit untuk menyusui, atau jika bayi masih tampak lapar setelah disusui.

Nah Moms, itulah penyebab dan cara mengatasi nyeri payudara saat menyusui. Waspadai juga gejala mastitis, atau infeksi jaringan payudara, yang ditandai dengan payudara menjadi hangat, pembengkakan, dan nyeri seperti ditekan.

Artikel Terkait