DI ATAS 5 TAHUN
21 Mei 2019

Jangan Dipaksa, Ini Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Memaksa hanya akan membuat anak semakin tidak mau
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Si Kecil menolak makan sayur? Jangan memaksa atau memarahinya, Moms, karena itu malah akan membuatnya membenci sayur.

Menurut Susan Miller, ahli gizi dari Franklin Lakes, New Jersey, anak harus dibuat agar menyukai makanan sehat selamanya, bukan sekadar mau makan makanan sehat di satu hari karena dipaksa.

Pada dasarnya, setiap manusia dirancang untuk memilih makanan yang manis dan cenderung tidak suka makanan yang pahit. Manis diasosiasikan dengan kelangsungan hidup, misalnya ASI, dan pahit dapat berarti sesuatu yang beracun.

Anak-anak cenderung menolak sayur karena indera perasa mereka jauh lebih sensitif dibanding orang dewasa, sehingga rasa 'pahit' pada sayur lebih kuat di lidah kecil mereka.

Jadi, apa yang bisa Moms lakukan agar anak mau makan sayur tanpa dipaksa? Simak tips berikut seperti dilansir dari parenting.com.

Baca Juga: Anak Picky Eater? Cari Tahu Dampak dan Cara Mengatasinya!

1. Cari Tahu Cara Penyajian Sayur yang Paling Enak

Anak Mau Makan Sayur

Foto: Pixabay

Laura Jana, MD, penulis buku Food Fights dan juru bicara American Academy of Pediatrics, seperti dikutip dari parenting.com, mengatakan bahwa memanggang dapat mengeluarkan rasa manis alami pada sayuran.

Jadi, alih-alih menyajikan tumis bayam, mungkin ada baiknya Moms menyajikan bayam di dalam casserole. Atau, kucurkan perasan air lemon di atas sayuran untuk memberi rasa asam segar dan menutupi rasa pahitnya.

Penyajian yang lebih enak akan membuat anak mau makan sayur tanpa harus Moms paksa.

2. Pastikan Ada Setidaknya Satu Jenis Sayur Setiap Hari

Anak Mau Makan Sayur

Foto: Pixabay

Meski Si Kecil mungkin kerap menolak sayur yang Moms sajikan, teruslah menyajikan sayuran setiap hari di meja makan. Sajikan di piring anak dan dorong ia untuk memakannya meski hanya satu gigit. Ini jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Moms bisa mencoba selada, buncis, wortel, sawi, kangkung, kacang panjang, dan lain-lain. Tujuannya, agar anak kenal dengan beragam jenis dan rasa sayuran. Hal ini secara tidak langsung akan membuat anak mau makan sayur.

Baca Juga: Anak Susah Makan Sayur? Ini Cara Menyiasatinya!

3. Buat Suasana Makan Malam yang Menyenangkan

Anak Mau Makan Sayur

Foto: Pixabay

Dilansir dari webmd.com, sebuah penelitian yang dilakukan Loughborough University di Inggris menemukan fakta bahwa makan malam bersama keluarga dapat membantu anak-anak picky eater menjadi kurang rewel tentang makanan.

Jadi, cobalah ciptakan suasana makan malam bersama yang menyenangkan, Moms. Misalnya, Moms bisa menyajikan makanan ala restoran Padang, di mana setiap menu disajikan dalam piring-piring kecil hingga memenuhi meja makan.

Porsi sayur yang lebih kecil mungkin akan membuat anak mau makan sayur.

Atau, atur makan malam ala restoran, misalnya dengan mengeluarkan makanan pembuka lebih dahulu, kemudian makanan utama, dan terakhir dessert.

4. Beri Teladan Buat Anak

Anak Mau Makan Sayur

Foto: Pixabay

Jika Moms ingin Si Kecil suka sayuran, maka pastikan Moms pun menyukainya. Anak adalah peniru ulung. Ia akan meniru apapun yang dilakukan oleh Moms dan Dads.

Jadi, tunjukkan padanya bahwa sayuran adalah makanan enak dan menyehatkan. Makanlah dengan cara yang menyenangkan dan buatlah menu sayuran yang menggugah selera, sehingga anak mau makan sayur.

Baca Juga: 3 Resep Brokoli Enak dan Mudah Diikuti agar Si Kecil Mau Makan Sayur

5. Ajak Anak Memasak Sayuran Bersama

Anak Mau Makan Sayur

Foto: Pixabay

Mengajak anak memasak bersama akan memberinya kendali atas apa yang ia makan. Ketika memasak, perkenalkan pada anak tentang manfaat sayuran yang sedang ia masak.

Kaitkan manfaat sayuran dengan hal-hal yang disukainya. Misalnya, wortel bagus untuk mata, membuat ia bisa nonton film kartun atau baca komik dengan lebih baik.

Bagaimana, Moms, tidak sulit, kan, memengaruhi Si Kecil agar mau makan sayur? Segera coba di rumah, ya.

(VAN)

Artikel Terkait