KESEHATAN
10 April 2019

Ini Waktu Terbaik untuk Mulai Menggunakan Produk Skincare Anti-Aging

Makan Makanan Bergizi untuk Membantu Proses Anti-Aging Dari Dalam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Masih merasa terlalu dini untuk menggunakan skincare anti-aging, Moms? Jangan salah, untuk menggunakannya tidak harus menunggu kepala 3 lho. Tindakan preventif seperti mulai mengaplikasikan saat berumur 20-an akan jauh lebih baik.

Produk skincare anti-aging sebenarnya memberikan banyak manfaat seiring bertambahnya usia. Seorang ahli kecantikan terkenal Renee Rouleau mengatakan, penggunaan produk skincare anti-aging tergantung pada jenis kulit Anda.

"Produk anti-aging terutama yang mengandung antioksidan, dapat digunakan sedini usia 21. Tetapi yang paling penting adalah menggunakan produk yang sesuai untuk jenis kulit Anda," kata Rouleau.

Jika Anda mulai memasukkan produk anti-aging dalam skincare harian Anda pada usia yang lebih dini, seperti di usia awal 20-an, akan lebih sedikit kerusakan akan terjadi pada kulit dibandingkan jika Anda memutuskan mulai menggunakan produk ini pada umur 30-an.

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Pict: Makeupandbeauty.com

Secara umum, perawatan skincare anti-aging ditargetkan untuk merawat kulit yang lebih kering. Artinya, jika kondisi kulit wajah anda termasuk kering, jangan ragu untuk menggunakan produk ini lebih cepat. "Jika kulit Anda sangat kering, Anda membutuhkan minyak yang intensif dan kaya lipid. Tetapi jenis kulit normal, kombinasi, berjerawat, dan berminyak tidak memerlukannya karena hanya akan menghasilkan pori-pori yang tersumbat, berjerawat, dan peningkatan komedo,” tambah Rouleau.

Mereka yang memiliki kulit kering harus menyingkirkan dari produk anti-aging yang berbasis minyak, karena hanya dapat mengiritasi kulit. Meskipun beberapa orang mungkin percaya bahwa produk berbasis minyak yang lebih lembut dan mungkin lebih mudah melembabkan kulit. Namun saat memiliki kulit kering, produk berbasis minyak hanya meninggalkan lapisan minyak pada kulit dan tidak berbaur.

Baca Juga: Manfaat Skin Care Untuk Para Wanita Usia 20-an

Cara terbaik untuk mencegah penuaan pada kulit adalah dengan membiasakan menggunakan produk yang mengandung tabir surya. Menggunakan tabir surya secara teratur dapat membantu mencegah penyakit kulit dan masalah yang dapat terjadi kemudian hari akibat paparan sinar matahari.

Makan makanan kaya antioksidan juga dapat membantu untuk mencegah penuaan kulit dari dalam, dan selalu gunakan produk yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit Anda.

Hindari Terlalu Banyak Memakai Pencuci Wajah

Pict: Allure

Hal lain yang penting untuk diingat adalah hindari eksfoliasi yang terlalu keras, baik dalam bentuk kimia atau scrub. Banyak orang yang menggunakan pembersih atau scrub yang terlalu banyak menggunakan asam dalam serumnya. Ini akan merusak fungsi penghalang kulit dan membuat kulit wajah iritasi.

Baca Juga: Mengapa Produk Skin Care dengan pH Balance Itu Penting?

“Fungsi sel normal masih terjadi pada usia 20-an. Dan banyak produk anti-aging difokuskan pada merangsang pergantian sel dengan pengelupasan kulit dengan bahan-bahan seperti asam glikolat, laktat, dan asam salisilat,” tuturnya.

Sebagai gantinya, gunakan scrub lembut seminggu sekali.

Sudah menentukan kapan mulai memasukkan produk anti-aging ke dalam list belanja kosmetik Moms? Mungkin lebih cepat akan lebih baik. Happy shopping.

(FAR/IRN)

Artikel Terkait