GAYA HIDUP
29 Oktober 2019

Ini Website yang Menyediakan Tes Buta Warna Online

Menjalankan tes buta warna tidak harus di dokter lho Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Buta warna membuat kita hanya bisa melihat warna putih saja dan tidak warna lainnya. Padahal tidak semua orang mengalami buta warna total (hanya dapat melihat hitam dan putih saja).

Ada juga yang tidak bisa membedakan warna merah, hijau, atau biru. Untuk itu, biasanya kita akan disarankan untuk melakukan tes buta warna.

Baca Juga: Kenali Gejala Buta Warna Pada Anak

Namun, tes buta warna ini juga dibagi lagi dalam beberapa jenis, lho Moms. Jika mau melakukan tes buta warna dalam waktu dekat, Moms bisa mencoba melakukan tes buta warna online melalui beberapa website di bawah ini.

Situs Enchroma.com

tes buta warna online

EnChroma Color Blind Test adalah tes buta warna yang dirancang untuk menentukan tipe dan tingkat buta warna seseorang.

Test online buta warna ini dibuat oleh EnChroma, sebuah perusahaan independen yang berbasis di California, tes buta warna EnChroma adalah website test buta warna online 1 untuk kekurangan penglihatan warna yang telah dicoba oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia.

EnChroma juga merupakan salah satu produk kacamata buta warna terkenal, yang banyak digunakan oleh orang.

Baca Juga: Apakah Buta Warna Bisa Diobati?

Tes EnChroma didasarkan pada metode uji “hidden digit” Ishihara yang dikombinasikan dengan algoritma adaptif komputer untuk mengukur jenis dan tingkat kekurangan penglihatan warna (CVD) seseorang.

Tersedia dalam mode angka untuk orang dewasa dan anak-anak usia 10+ dan dalam mode bentuk untuk anak-anak usia 5+. Tiga jenis utama kebutaan warna adalah Deutan, Protan, dan Tritan.

Situs EyeQue

tes buta warna online

EyeQue merupakan pemimpin dalam uji penglihatan di rumah, perusahaan ini menghadirkan perawatan mata yang terjangkau bagi semua orang. EyeQue berdedikasi untuk menempatkan tes penglihatan yang akurat langsung ke rang-orang di seluruh dunia.

Nah, melalui situs eyeque.com, kita bisa melakukan tes buta warna online lho. Bahkan EyeQue menggunakan teknologi uji Ishihara standar industri untuk mengukur persepsi warna dan kekurangan warna layar.

Proses ini terdiri dari piring berwarna, alias piring Ishihara, yang berisi angka di antara titik-titik, secara acak dalam ukuran dan warna. Sejak diciptakan oleh Dr. Shinobu Ishihara pada tahun 1917, ia tetap menjadi persepsi warna paling akurat untuk kekurangan warna merah-hijau.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

Situs Colblindor

tes buta warna online

Situs color-blindness.com juga menyediakan tes buta warna online yang dibutuhkan. Banyak orang mencari kemungkinan untuk menguji penglihatan warna mereka di web. Sayangnya tidak ada banyak tes buta warna yang tersedia online.

Jadi situs ini akan menyatukan serangkaian tes untuk memeriksa jenis defisiensi penglihatan warna pribadi dan tingkat keparahannya.

Perlu diketahui bahwa pengaturan tampilan komputer pribadi kita, cahaya sekitar dan faktor-faktor lain dapat memengaruhi hasil pengujian.

Jika Moms ingin mendapatkan diagnosis yang akurat tentang kekurangan penglihatan warna, bisa kunjungi spesialis mata terdekat.

Artikel Terkait