DI ATAS 5 TAHUN
12 Desember 2018

Ini yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua Untuk Mengurangi Kedekatan Anak dengan Gadget

Ajak Si Kecil bermain di luar bisa jadi cara yang efektif lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Di era teknologi seperti ini, rasanya hampir semua orang tidak bisa lepas dari gadget, termasuk anak-anak.

Sebenarnya banyak manfaat dari gadget yang bisa didapatkan Si Kecil, mulai dari berbagai video dan mainan edukasi, hingga berbagai pengetahuan.

Namun, jangan sampai juga Si Kecil akhirnya menjadi kecanduan gadget. Banyak dampak negatif bila anak kecanduan gadget, mulai dari gangguan perilaku dan kesehatan sampai terhambatnya perkembangan sosial, emosional, serta kognitif.

Tak hanya itu, Moms dan Dads juga harus waspada bahwa anak juga dapat terpapar berbagai informasi dan konten negatif di internet lewat gadgetnya.

Lalu bagaimana caranya menyikapi anak yang dekat dengan gadget? Berikut beberapa tips dari Bapak Tata Sudrajat, Director Advocacy and Campaign Yayasan Sayangi Tunas Cilik.

Baca Juga : Dampak Buruk Terlalu Lama Lihat Gadget Pada Mata Anak

Tentukan Waktu Bebas Gadget

shutterstock 402629179

Moms dan Dads harus tegas dalam menentukan waktu bebas gadget ini. Di waktu ini, seluruh anggota keluarga harus mematikan gadgetnya dan berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya.

"Misalnya ketika sedang makan bersama tidak ada yang boleh memakai gadget. Semuanya harus mengobrol," ujar Tata saat ditemui di Kampanye Ayo Bermain! IKEA di Alam Sutera, Tangerang, (1/11).

Ingat, aturan ini tidak hanya diterapkan untuk anak-anak saja ya, tapi juga Moms dan Dads. Sebagai orang tua, Moms dan Dads harus menunjukkan contoh yang baik pada SI Kecil.

Dengan begitu, anak akan melihat bahwa kedua orang tuanya bisa kok tidak lengket terus-menerus dengan gadget, dia pun pasti akan merasa bisa melakukannya.

Baca Juga : Anak Kecanduan Gadget Sampai Masuk Rumah Sakit Jiwa di Bondowoso

Ajak Anak Bermain Di Luar

shutterstock 196668920

Cara lainnya yang bisa Moms dan Dads lakukan jika anak terus-menerus lengket dengan gadgetnya adalah mengajaknya bermain di luar. 

Dengan mengajak anak bermain di luar, anak tidak hanya akan lupa dengan gadgetnya, tapi ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan. 

Bermain di luar tak hanya sekedar melatih fisik dan motorik anak lho, ini juga waktu yang tepat untuk memperkuat kedekatan dengan orang tua. Moms, Dads, dan Si Kecil bisa bermain dan bersenang-senang bersama.

Sst, tahukah Moms kalau membangun kedekatan anak dan orang tua sangatlah banyak manfaatnya. Terlebih lagi bagi ayah untuk dapat melibatkan diri bermain dengan anak-anaknya.

"Sebab keterlibatan Ayah dapat mendorong keterampilan motorik, kepemimpinan, serta pengembangan kognitif dan kemampuan mengendalikan emosi secara lebih baik,” ujar Tata.

Sekarang Moms dan Dads sudah tahu kan bagaimana mengurangi ketergantungan anak pada gadgetnya? Apakah Moms dan Dads sudah melakukannya?

(CAR)

Artikel Terkait