BALITA DAN ANAK
9 Juli 2019

Ini Yang Harus Dilakukan untuk Mempersiapkan Balita Menghadapi Operasi

Bantu Si Kecil untuk mengendalikan rasa takutnya ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Semua orang tua tentu berharap anaknya selalu sehat dan jauh dari segala jenis penyakit apalagi yang harus melalui pembedahan alias operasi. Hal itu sangat alami, mengingat orang tua selalu ingin melindungi anak-anak kita dari rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Sayangnya, kadang-kadang operasi diperlukan untuk mengobati penyakit serius atau kondisi medis tertentu. Operasi tentunya merupakan hal yang cukup menyakitkan dan tidak nyaman, bahkan untuk orang dewasa sekalipun.

Namun, jika operasi merupakan jalan satu-satunya untuk penyembuhan, Moms tentu harus menyiapkan diri Si Kecil yang masih berusai balita untuk siap menghadapi operasi.

Moms dan Dads tentu juga harus mendidik diri sendiri tentang apa yang akan terjadi, sehingga kalau sampai ada trauma yang harus dialami bisa diatasi bersama.

Dikutip dari Verywellfamily.com, ada beberapa hal yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk mempersiapkan balita menghadapi operasi. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mempersiapkan Balita Ke Rumah Sakit

1. Yakin Bahwa Ini Harus Dilakukan

20181218_surgery_pixabay.jpg

Foto: Asiaone.com

Hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan balita menghadapi operasi yang pertama adalah meyakinkan Si Kecil.
Selain mayakinkan diri Moms dan Dads bahwa operasi harus dilakukan demi kebaikan Si Kecil, Moms dan Dads juga perlu meyakinkan Si Kecil. Jelaskan kepada Si Kecil bahwa operasi harus dilakukan demi kesehatannya.

Moms dan Dads juga harus istirahat cukup sebelum Si Kecil masuk ruang operasi. Terkadang, operasi membutuhkan waktu yang cukup panjang dan akan sangat melelahkan untuk Moms dan Dads.

2. Beri Pengertian Si Kecil dengan Cara yang Mudah

20171010_surgery_anethesia.jpg

Foto: Wolfsonchildrens.com

Hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan balita menghadapi operasi yang selanjutnya adalah beri pengertian dengan cara yang mudah.

Balita, terutama yang masih berusia di bawah tiga tahun tentu akan lebih sulit untuk mengerti tentang operasi. Namun, tentu Si Kecil harus tahu dan mengerti tentang pembedahan yang harus dia jalani.

Oleh sebab itu, pastikan dengan bahasa yang mudah dan positif. Kalau perlu, berikan penjelasan tentang langkah-langkah yang harus dialami Si Kecil dengan bahasa yang menyenangkan, seolah-olah dia tengah bermain dengan alur yang jelas.

Baca Juga: Disangka Pura-pura Sakit Perut, Balita Ini Ternyata Menderita Kanker Langka Mematikan

3. Ajarkan untuk Mengendalikan Rasa Takut

surgery1.jpg

Foto: Slate.com

Hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan balita menghadapi operasi yang selanjutnya adalah ajarkan meongendalikan rasa takut.

Menurut Steven Dowshen, MD, dokter anak di Delaware, Amerika Serikat, banyak anak takut rasa sakit yang timbul karena operasi. Moms bisa membantu menjelaskan bahwa rasa sakit tersebut tidak akan terasa begitu sakit.

"Jelaskan bahwa ada dokter spesialis anestesi yang akan memberikan obat sebelum operasi berlangsung. Obat itu akan membuat pasien tertidur dan tidak merasakan apapun selama operasi," kata Dr Sowshen seperti dikutip dari Kidshealth.org.

4. Temani Si Kecil dengan Benda Favoritnya

Tips for surviving your toddler's Tonsillectomy .jpg

Foto: Housewifeeclectic.com

Hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan balita menghadapi operasi yang selanjutnya adalah membawakan benda favoritnya.

Pada hari operasi, tidak ada salahnya Moms membawakan benda favorit Si Kecil. Ini akan sangat membantu Si Kecil untuk merasa tenang dan memiliki teman. Ruangan rumah sakit pun akan terasa lebih nyaman dengan kehadiran benda favorit Si Kecil.

Moms juga harus siap kalau barang kesayangannya hilang, pasalnya tentu perawat dan tenaga medis tidak terlalu sigap dengan benda kesayangan Si Kecil. Sehingga usahakan benda yang dia bawa benda yang masih mungkin diganti kalau sampai hilang.

Baca Juga: Balita Malas Menggosok Gigi Berpotensi Terkena Sakit Jantung?

Itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mempersiapkan balita menghadapi operasi. Usahakan selalu ada terus di samping Si Kecil ya Moms.

(TPW)

Artikel Terkait