TREN
10 April 2018

Inilah 5 Cara Kerja Orang Jepang yang Bisa Kita Tiru Agar Karir Sukses

Kebiasaan baik akan menghasilkan kesuksesan, apa saja rahasianya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Seperti yang kita tahu, Jepang dikenal dengan budaya disiplin, teratur, dan dedikasi kerja yang luar biasa. Mereka memiliki prinsip-prinsip tertentu yang berhasil menjadikan mereka sebagai pekerja keras yang berkualitas.

Tak heran jika orang Jepang bisa sukses di bidang apapun dan dimana pun mereka bekerja. Ingin meniru kesuksesan mereka? Apa saja ya rahasianya?

Nah, berikut ini adalah prinsip dan cara kerja orang Jepang yang bisa kita tiru agar karir sukses. Yuk, diikuti.

  1. Tepat Waktu

Waktu menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi penduduk Jepang. Itu sebabnya mereka sangat tepat waktu, dan memastikan untuk selalu on time saat bekerja, berangkat sekolah, atau saat melakukan kegiatan lainnya.

Bahkan di Jepang ada aturan yang tidak tertulis, bahwa mereka harus menggunakan jam digital supaya tidak terlambat dan selalu tepat waktu.

Selain itu, mereka juga memiliki prinsip untuk selalu tetap waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dan tidak menunda-nundanya melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga : 5 Keuntungan Jika Moms Pulang Kerja Tepat Waktu

  1. Loyalitas dan Pekerja Keras

Orang Jepang dikenal memiliki loyalitas dan pengabdian yang tinggi terhadap perusahaan di tempat mereka bekerja. Mereka juga bekerja dengan totalitas dan semangat yang tinggi serta setia dalam satu pekerjaan, sehingga mereka jarang diketahui berpindah-pindah perusahaan.

Baca Juga : Meja Kerja Rapi Membuat Anda Lebih Sehat

  1. Kejujuran

Selain dua prinsip di atas, prinsip kerja lainnya adalah kejujuran. Mereka paling menjunjung tinggi nilai positif yang satu ini. Ini bisa kita lihat dari kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari.

Misalnya, tidak menerima tip dalam berbagai bentuk dan situasi apapun. Apabila menemukan benda yang tercecer di jalan, mereka pun akan segera mengembalikan kepada yang punya atau melaporkannya kepada yang berwajib.

Baca Juga : Cara Menyalurkan Passion untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Kreatif, Inovatif, dan Produktif

Orang Jepang juga dikenal sebagai masyarakat yang kreatif, inovatif, dan produktif. Itu sebabnya, di Jepang, ada banyak sekali benda berteknologi canggih, robot-robot, dan penemuan-penemuan unik lainnya.

Ini karena mereka tidak takut untuk berkarya dan menerapkan ide-ide kreatif yang mereka punya. Mereka sangat terbuka mempelajari hal-hal baru dalam bekerja.

Baca Juga : 5 Tanda yang Kita Perlu Cuti Sejenak dari Aktivitas Kantor

  1. Menghargai Setiap Pekerjaan

Orang Jepang selalu menghargai apapun pekerjaan yang dilakukan orang lain. Sekecil apapun pekerjaannya, mereka tidak akan menganggapnya remeh.

Sebab, perusahaan di Jepang memang mendidik karyawannya untuk bekerja dan memulai pekerjaan mereka dari tingkat yang paling bawah.

Misalnya saja, karyawan yang baru diminta untuk merapikan berkas, mengelap meja, atau hal-hal lainnya yang sering dianggap sebagai pekerjaan sepele.

(OMI)

Artikel Terkait