BAYI
27 November 2019

Baca Moms! Ini 5 Cara Membuat Bayi Tertawa

Mendengar suara tawa bayi akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dengan cara-cara ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mendengar suara bayi tertawa tentu akan meluluhkan hati orang tua manapun yang mendengarnya. Selain senyum dan kata pertama, orang tua juga pasti menantikan suara bayi tertawa pertama kalinya.

“Senyum pertama terjadi sekitar satu sampai tiga bulan usia bayi dan bayi tertawa rata-rata terjadi pada usia tiga setengah bulan,” ungkap Dr. Caspar Addyman, seperti dikutip dari fatherly.com.

Saat akhirnya bayi tertawa untuk pertama kali, Moms mungkin akan mencari beragam cara membuat bayi tertawa lagi. Berikut ini lima cara membuat bayi tertawa yang dapat Moms praktekkan.

1. Tertawa Lepas

2 Akting Menjadi Badut (1).jpg

Foto: kyhands.com

Cara membuat bayi tertawa adalah dengan memberi contoh bagaimana tertawa lepas dan keras. Karena sel otak spesial yang disebut mirror neurons, akan membuat bayi mengikuti aksi Moms saat tertawa.

Awalnya mungkin bayi hanya akan tersenyum dahulu. Tapi dalam beberapa minggu, bayi akan mulai mengikuti cara Moms tertawa. Konsep ini sama halnya seperti menonton komedi, di mana Moms tertawa karena melihat orang lain juga tertawa.

Baca Juga: Ternyata Tertawa Bisa Membuat Balita Tambah Pintar

2. Akting Menjadi Badut

3 Letakkan Barang Tidak Pada Tempatnya (1).jpg

Foto: mamanatural.com

Siapapun tentu akan tertawa jika melihat seseorang melakukan gerakan aneh atau tidak biasa, termasuk juga bayi. Moms bisa membuat gerakan tubuh atau ekspresi wajah lucu di hadapan bayi sebagai cara membuat bayi tertawa. Semakin aneh dan lucu gaya yang Moms perlihatkan, maka akan semakin besar kemungkinan bayi tertawa.

Cara membuat bayi tertawa ini juga akan membantu bayi untuk belajar isyarat emosional (sebuah perilaku yang disebut referensi sosial) yang memperlihatkan bayi bahwa Moms hanya bermain-main dan bukan ‘tidak waras’.

2. Letakkan Barang Tidak Pada Tempatnya

4 Keluarkan Suara Yang Menarik (1).jpg

Foto: publicorthodoxy.org

Cara membuat bayi tertawa ini membutuhkan pengalaman dan pengetahuan bayi mengenai berbagai hal di sekitarnya. Bayi perlu mengetahui bahwa sepatu digunakan pada kaki, bukan di kepala atau popok dikenakan pada pantat bayi, bukan di kepala Moms.

Sebuah fakta yang bayi pelajari dari kegiatan sehari-hari yang ia lihat. Hingga sekitar usia sembilan bulan, bayi akan mengetahui sesuatu yang ‘salah’ saat Moms berusaha membuat bayi tertawa dengan meletakkan barang tidak pada tempatnya dengan sengaja.

Baca Juga: Simak 6 Ide Permainan Untuk Membuat Bayi Tertawa Ini, Yuk

Sebagai contoh, Moms bisa menggunakan buah pisang, lalu meletakkannya di kuping seperti telepon. Dalam dunia bayi, sesuatu yang membuat bayi tertawa satu kali akan tetap membuatnya tertawa berkali-kali, meski diulang. “Orang tua kadang lupa kalau ini mudah, jika ada sesuatu yang membuat bayi tertawa, ulanglah.

Mungkin bagi orang tua membosankan, namun bagi bayi, ini merupakan sesuatu yang selalu baru dan tetap lucu meski diulang 20 atau 30 kali,” ungkap pengarang buku Playful Parenting, Lawrence J. Cohen, Ph.D., seperti dikutip dari parents.com.

3. Keluarkan Suara Yang Menarik

5 Cara Membuat Bayi Tertawa (1).jpg

Foto: smartparenting.com.ph

Awalnya, buatlah suara-suara menyerupai binatang yang sudah sering bayi lihat. Misalnya: anjing, burung, atau kucing. Suara-suara unik lain juga dapat Moms keluarkan sebagai cara membuat bayi tertawa. Moms juga mengkombinasikan dengan sentuhan.

Misalnya Moms membuat suara burung dengan bantuan gerakan tangan menyerupai burung yang bergerak mengenai perut bayi. Cara ini mungkin akan membuat bayi tertawa, karena tidak hanya suara yang lucu tapi juga tergelitik saat Moms menyentuh perutnya.

Baca Juga: Yuk, Luangkan Waktu untuk Tertawa dan Mencintai!

4. Permainan Tak Lekang Waktu: Cilukba

5 Permainan Tak Lekang Waktu Cilukba (1).jpg

Foto: persolaise.com

Bermain cilukba akan memberi unsur kejutan yang dapat membuat bayi tertawa. Selain menutup wajah dengan tangan, cilukba akan lebih seru jika Moms bersembunyi di balik meja, kursi, atau selimut.

“Cilukba merupakan salah satu permainan pertama yang dipelajari bayi untuk dimainkan, dan karena mereka menyukai pengulangan, maka bayi akan mau melakukannya berulang-ulang kali,” ungkap Kepala Psikolog Anak di Quirky Kid Clinic, Dr Kimberley O'Brien, seperti dikutip dari essentialbaby.com.au.

Baca Juga: 5 Manfaat Tertawa untuk Tumbuh Kembang Bayi

Cara membuat bayi tertawa ini akan memaksimalkan perkembangan kognitif bayi dengan mengembangkan object permanence, yaitu pemahaman tentang objek yang tetap ada meski tidak kelihatan, terdengar atau disentuh oleh bayi.

Itulah beberapa cara membuat bayi tertawa yang dapat Moms mainkan dengan Si Kecil. Kegiatan ini juga tentu akan membuat ikatan antara orang tua dan anak semakin kuat. (GS)

Artikel Terkait