TREN
27 November 2017

Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

Tanaman hias dalam ruangan juga dapat mengurangi polusi udara
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh katri.dyah
Disunting oleh katri.dyah

Tanaman yang ditaruh di ruangan biasanya digunakan sebagai hiasan dekoratif. Namun menurut penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA), tanaman tersebut ternyata memiliki manfaat lain yaitu dapat menyerap gas dan bahan kimia beracun yang berbahaya serta yang dapat mengganggu pernapasan.

Hanya dalam waktu 24 jam, beberapa jenis tanaman bisa menghilangkan 83 persen racun di udara. Selain itu, tanaman tersebut juga dapat menghasilkan aroma segar yang dapat dijadikan pengharum ruangan alami.

Nah, di bawah ini ada 5 jenis tanaman yang mungkin bisa Moms gunakan sebagai pengharum ruangan yang dapat menyegarkan pernapasan keluarga di rumah.

1. Lavender

inilah 5 jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan 2

Tanaman yang berbentuk kecil dan berwarna ungu ini memiliki aroma yang khas. Di balik aromanya yang harum, lavender sering digunakan sebagai penenang karena memiliki senyawa linalool yang dapat mengurangi kecemasan. Selain dapat mengharumkan ruangan, keberadaan lavender dalam sebuah ruangan juga bisa mengusir nyamuk.

2. Geranium

inilah 5 jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan 3

Tanaman cantik dengan variasi warna putih dan merah muda ini sering digunakan sebagai aroma terapi yang sangat baik. Seperti lavender, geranium juga bisa digunakan untuk menenangkan suasanan hati dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Wangi yang dihasilkan sangat lembut, mampu menenangkan wanita yang sedang Pre-Menstrual Syndromes (PMS) atau pun yang sudah menopause.

3. Kamboja

inilah 5 jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan 4

Tanaman dengan wangi khas ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengharum sekaligus tanaman dekoratif untuk mempercantik ruangan. Saat Moms menaruhnya di dalam ruangan, pastikan tanaman ini mendapatkan banyak cahaya agar dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga: Bunga yang Cocok untuk Moms Berdasarkan Zodiak

4. Sedap Malam

inilah 5 jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan 5

Tanaman yang hanya tumbuh di asia tenggara ini menghasilkan aroma yang segar. Biasanya sering digunakan untuk menghilangkan stres, meningkatkan sirkulasi darah, serta memberi rasa gairah yang tinggi. Oleh sebab itu, bunga sedap malam ini sebenarnya cocok juga dijadikan sebagai pengharum ruangan di kamar pasangan suami istri.

5. Gardenia

inilah 5 jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan 6

Di Indonesia, tanaman ini disebut dengan kacapiring. Bunga yang mirip dengan bunga melati ini juga berwarna putih. Aroma gardenia wangi sekali dan cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan. Moms bisa merangkai atau mencangkok tanaman gardenia untuk ditanam atau dipajang di ruangan yang Moms inginkan.

(OMI)

Sumber Foto : Pixabay

Artikel Terkait