DI ATAS 5 TAHUN
13 Juni 2020

Inilah 5 Peran Penting Ayah Untuk Anak Perempuan, Moms Dan Dads Wajib Tahu!

Apa saja peran ayah bagi perkembangan dan kepribadian anak perempuan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bukan cuma anak laki-laki yang butuh sosok pria panutan saat tumbuh besar, peran ayah untuk anak perempuan juga sangat penting bagi pembentukan pola pikir dan karakternya di masa depan.

Berbagai studi ilmiah, termasuk dari National Institutes of Health, telah menemukan bukti kalau peran ayah dalam pengasuhan anak perempuan bukan hanya akan dirasakan dalam masa tumbuh kembang saja, tapi juga berbagai aspek kehidupannya saat dewasa nanti.

Pentingnya Peran Ayah dalam Membesarkan Anak Perempuan

Yuk Moms, ajak Dads menyimak penjelasan berikut untuk tahu lebih banyak tentang pentingnya peran ayah dalam membesarkan anak perempuan.

1. Performa Akademis

Inilah 4 Peran Penting Ayah Untuk Anak Perempuan, Moms Dan Dads Wajib Tahu! 1.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut hasil penelitian terkini, kualitas interaksi antara ayah dan anak sejak lahir sangat berpengaruh pada perkembangan kognitif, prestasi akademis, serta pola pikir anak tentang pendidikan, baik secara positif maupun negatif.

Anak perempuan yang didukung oleh ayahnya melalui hubungan hangat, komunikasi lancar, dan sering melakukan aktivitas edukatif bersama, cenderung memiliki kemampuan verbal dan kuantitatif yang lebih baik, fungsi intelektual lebih tinggi, dan berprestasi lebih baik di sekolah.

Anak perempuan dari ayah yang aktif memberikan dorongan dan bimbingan soal pendidikan juga cenderung lebih mandiri dan disiplin soal pendidikan, lebih berani mengambil pendidikan dan karier yang didominasi pria, lebih kompeten dalam pekerjaan, juga memiliki status sosial ekonomi yang lebih tinggi saat dewasa.

Baca Juga: Ini 6 Peran Penting Ayah Dalam Mendidik Anak

2. Kepercayaan Diri

Inilah 4 Peran Penting Ayah Untuk Anak Perempuan, Moms Dan Dads Wajib Tahu! 2.jpg

Foto: Freepik.com

Menurut terapis dan peneliti Dr. Carol Langlois pada psychcentral.com, hubungan sehat dengan ayah adalah kunci untuk menumbuhkan rasa percaya diri positif seorang anak perempuan, terutama di masa pembentukannya pada usia 2-4 tahun.

Yang penting untuk Dads lakukan adalah menunjukkan kasih sayang pada Moms, memberikan dukungan pada minat anak, mendorong Si Kecil untuk berani mencoba hal baru, serta mencontohkan cara bersikap tegas.

3. Citra Diri

Inilah 4 Peran Penting Ayah Untuk Anak Perempuan, Moms Dan Dads Wajib Tahu! 3.jpg

Foto: Freepik.com

Tahukah Moms, kalau masalah citra diri sudah bisa dialami oleh anak perempuan sejak usia 5 tahun? Anak perempuan dengan citra diri negatif juga cenderung memiliki masalah kecemasan dan gangguan makan.

Selain karena sering melihat tokoh atau idola dengan standar kecantikan tertentu, sikap dan bahasa yang digunakan dalam lingkungan keluarga juga sangat mempengaruhi opini anak tentang citra dirinya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ayah supaya anak perempuan tumbuh dengan citra diri positif, seperti:

  • Memberikan pujian pada penampilan anak perempuan tanpa menghubungkannya dengan berat badan atau bentuk tubuhnya.
  • Sering memberikan pujian pada kualitas diri anak perempuan lainnya, seperti kecerdasan, kecekatan, kreativitas, dan semacamnya.
  • Tidak melakukan body shaming atau memberikan komentar negatif tentang berat badan atau penampilan fisik anak perempuan maupun wanita lain.
  • Mencontohkan kebiasaan makan sehat dan pentingnya memiliki tubuh yang sehat.

Baca Juga: Ternyata Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Mengasuh Balita

4. Kesehatan Mental

Inilah 4 Peran Penting Ayah Untuk Anak Perempuan, Moms Dan Dads Wajib Tahu! 4.jpg

Foto: Freepik.com

Dalam sebuah artikel dari Institutes for Family Studies dijelaskan kalau anak perempuan yang memiliki hubungan erat dengan ayahnya memiliki kesehatan mental dan tingkat kepuasan hidup yang lebih baik.

Di sisi lain, anak perempuan dari ayah yang tidak terlibat aktif dalam pengasuhan cenderung lebih rentan mengalami depresi dan kecemasan, memiliki masalah interpersonal dan kemampuan problem-solving, serta ketangguhan dalam menghadapi stress yang lebih rendah.

5. Interaksi Sosial dan Hubungan Dengan Lawan Jenis

Inilah 4 Peran Penting Ayah Untuk Anak Perempuan, Moms Dan Dads Wajib Tahu! 5.jpg

Foto: Freepik.com

Peran ayah untuk anak perempuan lain yang tidak kalah penting adalah menjadi panutan positif dalam interaksi sosial, seperti mengenali perilaku pantas atau tidak dalam sebuah hubungan, berani membela diri dan mengungkapkan pendapat, serta cara memperlakukan orang lain dengan baik.

Beberapa studi juga menemukan kalau sosok ayah menjadi standar anak perempuan dalam menilai lawan jenis, baik dalam hubungan biasa maupun hubungan romantis. Dads yang memperlakukan Moms dengan kehangatan, kasih sayang, dan rasa hormat, membantu anak perempuan menghindari hubungan tidak sehat dengan lawan jenis di masa depan.

Baca Juga: Peran Penting Ayah dalam Hidup Anak Perempuan

Melihat contoh nyata melalui hubungan dan interaksi dengan Moms adalah kunci penting untuk memaksimalkan peran ayah untuk anak perempuan. Jadi selalu pastikan Moms dan Dads selalu menjadi panutan dalam keseharian Si Kecil.

Menurut Moms, aktivitas apa yang bisa mendekatkan ayah dengan anak perempuan?

Artikel Terkait