KESEHATAN
25 Juni 2019

Inilah Bahayanya Kalau Meletakkan Handphone di Samping Kepala Saat Tidur

Jangan dibiasakan ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Carla Octama

Ketergantungan orang dengan handphone sudah tidak asing di zaman sekarang ini, salah satu contohnya adalah bermain handphone sebelum tidur, di mana hal ini sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan.

Entah Moms hanya mengecek media sosial, membaca berita, menonton video, atau malah Moms asyik menelepon dengan teman sampai malam hari.

Kemudian, setelah beraktivitas dengan handphone, Moms ketiduran, sedangkan handphone masih berada di tangan, atau di bawah badan Moms, atau bahkan di bawah bantal yang sedang Moms gunakan untuk tidur.

Handphone atau berada di tempat yang sama sampai pagi hari dan buruknya hal ini bisa terjadi hampir setiap hari.

Penyebab Risiko Penyakit Kanker Otak

tidur dengan hp

Foto: imperfectlynatural.com

Menurut World Health Organization (WHO) lebih dari 7 juta orang menggunakan handphone secara global.

Berdasarkan penelitian yang sedang berjalan, WHO mengatakan kalau radiasi dari handphone dapat memengaruhi susunan saraf manusia sehingga bisa menimbulkan tumor atau kanker.

Walaupun pernyataan tersebut dibantah oleh Cancer Research UK, mengatakan sangat tidak mungkin kalau tidur dengan handphone di samping kepala dapat menyebabkan kanker, tetapi diakuinya kalau hal ini membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Namun, California Department of Public Health sudah memberikan peringatan kalau tidur dengan handphone yang diletakkan di atas kasur atau diletakkan di dekat dengan kepala ternyata dapat menyebabkan risiko penyakit kanker otak lho Moms.

Hal ini disebabkan karena Handphone akan terus memancarkan frekuensi gelombang radio kapan pun dan di mana pun.

Apalagi ketika sinyal lemah, handphone akan lebih banyak mengirimkan lebih banyak energi frekuensi radio untuk meningkatkan koneksi sinyalnya ke menara pemancar.

Di mana energi frekuensi radio dari handphone yang dibawa selama tidur diyakini oleh beberapa ilmuwan dapat meningkatkan risiko kanker otak, tumor saraf (neuroma akustik), dan kanker kelenjar ludah.

Selain itu, frekuensi gelombang radio juga dikaitkan dengan produksi jumlah sperma yang lebih rendah dan lebih sedikit sperma yang aktif bergerak.

Baca Juga: Posisi Tidur Mencerminkan Kepribadian Anda!

Apa yang Harus Moms Lakukan?

tidur dengan hp

Foto: electronics.howstuffworks.com

Setelah mengetahui bahayanya, kini Moms harus lebih perhatian terhadap kesehatan diri sendiri ya. Caranya adalah melakukan berbagai usaha agar Moms tidak tidur dengan posisi handphone di samping kepala.

Mematikan Handphone atau Merubah ke Mode Pesawat

Department of Health mengatakan sebaiknya jangan tidur dengan handphone di dekat kepala Moms, kecuali kondisi ponsel mati atau dalam mode pesawat.

Letakkan Handphone Jauh dari Area Tidur

Untuk mengurangi dampak gelombang radio yang terus menyala ketika Moms tidur, sebaiknya letakkan handphone tidak berdekatan dengan posisi kepala Moms.

Mengurangi Intensitas Pemakaian Handphone di Malam Hari

Sebaiknya batasi pemakaian handphone di malam hari ya Moms, paling tidak setelah jam 10 malam, Moms sudah tidak memegangnya lagi.

Nah itulah bahayanya jika Moms meletakkan handphone di samping kepala saat tidur. Yuk mulai dari sekarang jauhkan handphone ketika tidur Moms!

(IRN/CAR)

Artikel Terkait