BAYI
13 September 2019

Inilah Berat Badan Bayi Ideal Di Satu Tahun Pertama

Ketahui rata-rata berat badan bayi ideal untuk memastikan Si Kecil berkembang sesuai dengan usianya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Seperti kebanyakan orang tua, Moms mungkin bertanya-tanya apakah Si Kecil tumbuh secara normal. Termasuk mengenai berat badan bayi ideal.

Berat badan bayi tentu berbeda-beda, namun perkembangan dan pertambahan berat badannya sebenarnya dapat diprediksi melalui pedoman umum berikut ini.

1. Bayi Baru Lahir – 6 Bulan

1 Bayi Baru Lahir – 6 Bulan.jpg

Foto: newkidscenter.com

Pada beberapa hari pertama bayi baru lahir, merupakan hal yang normal bagi bayi yang minum susu formula atau ASI eksklusif untuk mengalami penurunan berat badan. Berat badan bayi ideal yang minum susu formula dapat turun hingga 5% dari berat lahir.

Sedangkan bayi yang ASI eksklusif dapat mengalami penurunan berat badan ideal hingga 10%. “Selama bayi diberi makan yang baik, menghasilkan urin dan BAB, dan tidak mengalami penurunan berat badan lebih dari 10% terhadap berat lahir, maka tidak menjadi masalah,” ungkap Dokter anak, Dr. Leigh Serra, seperti dikutip dari thebump.com. Setelah sekitar dua minggu, berat badan bayi ideal akan kembali naik dan bayi kembali ke berat lahirnya.

Baca Juga: Begini Cara Menambah Berat Badan Bayi

Dikutip dari verywellfamily.com, sebagian besar bayi akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 0,5 kg dari berat lahir saat usianya mencapai satu bulan. Pada usia ini, bayi sudah tidak banyak tidur dan mulai mengembangkan pola menyusui yang lebih rutin, serta isapan yang lebih kuat saat sedang menyusui.

Selanjutnya di bulan-bulan selanjutnya hingga bayi berusia enam bulan, bayi rata-rata akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 0,5 kg. Rata-rata berat badan bayi ideal di usia enam bulan adalah sekitar 16 pon 2 ons (7,3 kg) untuk bayi perempuan dan 17 pon 8 ons (7,9 kg) untuk bayi laki-laki. Di usia lima sampai enam bulan ini, berat badan bayi ideal seharusnya sudah mencapai dua kali berat lahir bayi.

2. 6 Bulan – 12 Bulan

2 6 Bulan – 12 Bulan.jpg

Foto: livestrong.com

Selama usia enam bulan hingga satu tahun, penambahan berat badan bayi ideal akan naik secara perlahan. Bayi mungkin akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 85-140 gram seminggu pada usia enam hingga 12 bulan.

“Harapannya bayi akan mengalami kenaikan berat badan tiga kali dari berat lahirnya saat mencapai usia satu tahun,” ungkap Dokter anak, Jay L. Hoecker, M.D., seperti dikutip dari mayoclinic.com. Di usia satu tahun, rata-rata berat badan bayi ideal untuk perempuan sekitar 8,9 kg dan pria 9,6 kg.

Baca Juga: Berat Badan Bayi Moms Normal? Yuk, Cek Di Sini

3. Hal Yang Mempengaruhi Berat Badan Bayi Ideal

3 Hal Yang Mempengaruhi Berat Badan Bayi Ideal.jpg

Foto: triptomotherhood.com

Meski merupakan hal yang normal bagi bayi baru lahir untuk mengalami penurunan berat badan di beberapa hari awal kehidupannya, namun penurunan berat badan atau bayi tidak berada pada berat ideal, merupakan pertanda adanya masalah pada bayi.

Untuk bayi yang ASI eksklusif, ini bisa menjadi pertanda bahwa bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup. Jika ini terjadi, maka Moms perlu berkonsultasi pada Dokter untuk mencari tahu penyebab berkurangnya berat badan bayi ideal.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Pada bayi yang ASI eksklusif lebih sedikit kemungkinannya untuk mengalami kenaikan berat badan berlebih secara cepat, dibandingkan bayi yang diberi susu formula. Karena itulah, memberikan ASI eksklusif dapat membantu mencegah kelebihan berat badan pada bayi atau obesitas.

Namun, pada bayi yang minum ASI eksklusif juga bisa mengalami kenaikan berat badan berlebih jika Moms memiliki pasokan ASI berlebih, bayi menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyusui daripada beraktivitas, atau MPASI bayi diberikan terlalu cepat. (GS)

Artikel Terkait