KESEHATAN
6 Desember 2019

Inilah Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

Bawang putih bisa dijadikan sebagai obat antikanker
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mungkin kita sudah biasa mendengar tentang bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih. Jenis-jenis bawang ini biasanya kita gunakan sebagai bumbu untuk penyedap sebuah masakan. Namun bagaimana dengan bawang hitam? Apa sebenarnya manfaat bawang hitam?

Baru-baru ini kepopuleran bawang hitam meningkat. Bawang ini bukanlah jenis bawang baru, melainkan bawang putih yang telah melalui proses fermentasi selama satu bulan di bawah suhu panas dan kelembapan yang dikontrol.

Hasil dari proses fermentasi ini akan menghasilkan bawang yang bertekstur lembut menyerupai jelly, dan uniknya tidak memiliki bau dan rasanya mirip seperti buah ara.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Dari sudut pandang nutrisionist, bawang hitam memiliki kandungan allicin yang sama dengan bawang putih, yaitu kandungan yang memberikan banyak manfaat. Bahkan jenis bawang ini diperkaya dengan asam amino yang jumlahnya hampir dua kali lipat jumlah antioksidan jika dibandingkan dengan bawnag putih.

Lalu apa saja manfaat bawang hitam ini untuk kesehatan?

Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Jantung

bawang hitam

Foto: firstforwomen.com

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di A.S menurut laporan dari American Heart Association. Merokok, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga berdampak langsung pada kesehatan jantung. Meskipun benar bahwa faktor genetik juga berperan, gaya hiduplah yang sebenarnya berpengaruh.

Salah satu cara untuk melindungi jantung kita adalah dengan menambahkan bawang hitam dan makanan bernutrisi lainnya ke makanan sehari-hari kita. Antioksidan dalam rempah ini akan mendukung fungsi kardiovaskular dan dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Menurut ulasan yang diterbitkan oleh Frontiers in Physiology pada November 2018, bawang ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner.

Manfaat Bawang Hitam untuk Menjaga Fungsi Otak

bawang hitam

Foto: everydayhealth.com

Seiring bertambahnya usia, otak manusia menjadi kurang fokus dalam memproses informasi dan mempelajari hal-hal baru. Mungkin kita akan mulai mengalami masalah memori dan sulit untuk mengingat. Selain itu, faktor-faktor lain, seperti kurang tidur, diabetes, dan penyakit jantung, juga dapat memengaruhi fungsi kognitif dan otak.

Manfaat bawang hitam lainnya, dapat membantu menjaga fungsi otak tetap tajam sampai usia lanjut. Menurut Journal of Food and Drug Analysis, rempah ini dapat meningkatkan daya ingat karena tingkat antioksidannya yang tinggi.

Bawang Hitam sebagai Obat Antikanker

bawang hitam

Foto: naturallivingideas.com

Kanker, yang telah dianggap sebagai salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Jenis penyakit ini erar kaitannya dengan pertumbuhan sel atau jaringan yang tidak terkontrol atau abnormal dalam tubuh kita.

Baca Juga: Selain Kemoterapi, Inilah Pengobatan Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan

Banyaknya bukti yang menunjukkan bahwa manfaat bawang hitam memiliki efek antikanker dalam beberapa dekade terakhir ini. Bahkan bawang ini juga disarankan agar digunakan untuk mencegah dan mengobati kanker, dari kanker lambung hingga leukemia.

Mekanisme efek antikanker bawang hitam dalam berbagai jenis penyakit kanker terdiri dari induksi apoptosis, penghentian siklus sel, dan penghambatan pertumbuhan, dan invasi tumor.

Tertarik untuk mencoba bawang hitam Moms dengan segudang manfaat bawang hitam yang bisa Moms rasakan?

Artikel Terkait