TREN
7 Oktober 2019

Inilah Manfaat Bikram Yoga untuk Kesehatan

Bikram yoga dinilai bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Ini penjelasannya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, pasti sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan olahraga yoga. Yoga menjadi salah satu olahraga yang kini banyak diminati, karena tidak hanya dapat menyehatkan tubuh tapi juga dapat membantu menenangkan pikiran serta mengurangi tingkat stres.

Tidak dapat dipungkiri bahwa zaman sekarang seseorang mudah merasa stres karena berbagai faktor penyebab.

Contohnya saja, sebagai seorang wanita yang sudah menikah, mempunyai anak, dan bekerja, Moms dapat merasakan stres karena banyaknya hal yang harus dipikirkan.

Stres ini bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh dan mental, lho! Untuk itu, coba lakukan olahraga yoga secara rutin.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

Ternyata, yoga juga memiliki banyak jenisnya, salah satunya adalah bikram yoga. Nama bikram sendiri diambil dari pendiri Bikram’s Yoga College of India, yaitu Bikram Choudhury.

Beliau juga yang memperkenalkan Hatha Yoga, yang menjadi inti dari bikram yoga ini, yaitu cabang yoga yang menggabungkan postur tubuh dan pernapasan.

Terdiri dari 26 postur tubuh yang bisa diikuti, jenis yoga ini dilakukan pada ruangan bersuhu panas, sekitar 36 sampai 40 derajat Celcius.

Tentunya, olahraga ini harus dilakukan dengan arahan dari instruktur yang sudah berpengalaman agar manfaat yang dirasakan dapat maksimal.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat bikram yoga untuk kesehatan? Ini ulasannya.

Bikram Yoga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Bikram Yoga untuk Kesehatan-2.jpg

Foto: self.com

Secara umum, yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya membantu mengatasi penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan jantung, mencegah asma kambuh, menurunkan berat badan, dan mengurangi stres.

Bikram yoga ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Jenis yoga yang biasanya berlangsung selama 90 menit ini ternyata membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, meregangkan otot, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, jenis yoga ini juga membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kelenturan serta kekuatan tubuh. Bikram yoga juga disebut menjadi olahraga yang baik bagi mereka pengidap sakit sendi.

Baca Juga: Asyiknya Yoga Your Way, Ajang Positif dan Menyehatkan untuk Para Perempuan

Namun, bagi Moms yang mengidap penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi atau rentan dehidrasi, sebaiknya memeriksakan kesehatan tubuh terlebih dulu sebelum mengikuti kelas bikram yoga.

Faktanya, karena yoga ini dilakukan di ruangan bersuhu panas dan waktunya cukup lama, dapat berdampak berbahaya bagi orang dengan riwayat penyakit tertentu.

Bikram yoga juga tidak direkomendasikan bagi Ibu hamil karena dapat meningkatkan suhu tubuh.

Lakukan Hal Ini sebelum Bikram Yoga

Manfaat Bikram Yoga untuk Kesehatan-3.jpg

Foto: healthline

Layaknya olahraga lainnya yang membutuhkan persiapan dulu, seperti pemanasan, agar tidak terjadi cedera, begitu juga dengan bikram yoga. Selain harus mengikuti arahan instruktur berpengalaman, Moms bisa melakukan persiapan ini sebelum melakukan bikram yoga, yaitu:

  1. Penting untuk menyiapkan matras terlebih dulu, bisa membawa sendiri atau biasanya sudah disediakan di tempat berlatih yoga.
  2. Gunakan pakaian yoga yang tepat dan kalau bisa menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa juga untuk membawa handuk yang diletakkan di dekat matras, sebab bikram yoga akan memacu produksi keringat pada tubuh.
  3. Pastikan Moms minum air yang cukup baik sebelum, selama, dan setelah kelas bikram yoga berlangsung agar tidak mengalami dehidrasi. Tidak disarankan untuk makan dalam waktu dua jam sebelum mengikuti kelas.

Baca Juga Bikin Langsing dan Menenangkan Emosi, Inilah 4 Gerakan Yoga Bagi Pemula yang Patut Dicoba

Olahraga bikram yoga ini sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dan melatih kelenturan serta kekuatan tubuh, sehingga tidak ada salahnya menjadi olahraga yang bisa Moms ikuti dengan rutin. Jadi, tertarik untuk mencoba bikram yoga?

Artikel Terkait