BAYI
20 September 2019

Inilah Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun yang Harus Diketahui Orangtua

Cari tahu perkembangan bayi usia 1 tahun hanya di sini.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tidak terasa waktu sangat cepat berlalu dan sudah genap 1 tahun usia Si Kecil. Pasti selama 12 bulan belakangan ini Moms dan Dads menjadi saksi hidup bagaimana pertumbuhan Si Kecil dari ia lahir hingga saat ini.

Kini Si Kecil bukan lagi bayi mungil yang tidak bisa apa-apa, sebab dia perlahan-lahan tumbuh dan mulai menemukan serta mempelajari berbagai macam hal.

Baca Juga: 7 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 10-12 Bulan

Tahapan usia 1 tahun bisa jadi momen yang sangat sibuk dan terpadat untuk orang tua. Pasalnya, Moms dan Dads harus benar-benar memperhatikan perkembangan Si Kecil agar ia bisa tumbuh menjadi anak yang sehat, pintar, dan sempurna. Berikut beberapa perkembangan bayi usia 1 tahun yang harus diketahui.

Bentuk Fisik

ZzOXloNDE6KYsi4GwKsQFSrdG_2Cx3Kt.jpg

Foto: Parents.com

Perkembangan bayi usia 1 tahun yang pertama adalah bentuk fisik Si Kecil. Dilansir dari WebMD, pertumbuhan berat badan Si Kecil meningkat hampir tiga kali lipat sejak ia lahir. Memasuki usia 1 tahun, tinggi bayi juga akan meningkat hampir 50 persen dan ukuran otak mereka mencapai 60 persen dari otak orang dewasa.

Namun perlu diketahui, kenaikan berat badan ini tentu akan mulai melambat ketika Si Kecil sudah melakukan banyak aktivitas.

Baca Juga: Ini Alat Bantu Bayi Belajar Jalan Selain Baby Walker

Kemampuan Motorik

photo-1544829832-c8047d6b9d89.jpg

Foto: unsplash.com

Sudah mampu berdiri sendiri merupakan salah satu perkembangan bayi 1 tahun yang harus Moms ketahui. Pasalnya, di usia ini kekuatan otot Si Kecil sudah mampu digunakan untuk berdiri dan mencoba beberapa langkah pertama.

Tidak hanya itu, Si Kecil juga semakin meningkatkan kemampuan makan, mencoba menggunakan sendok, berpakaian, menyusir, membalik halaman buku, dan semua dilakukan sendiri. Walaupun belum sempurna, tetapi ia sudah menunjukkan kemampuan yang cukup baik.

Bahasa

wbz-can-you-teach-babies-to-talk.jpg

Foto: WebMD

Perkembangan bayi usia 1 tahun selanjutnya adalah kemampuan bahasa. Di usia ini koleksi kosakata Si Kecil memang masih sangat terbatas. Mungkin ia baru saja bisa mengatakan “Ibu, Mama, Ayah, atau Papa”.

“Sebenarnya kemampuan berbahasa bayi di usia ini lebih mengarah ke mengoceh daripada berbicara," ungkap Lauren Krause, Chief of Speech-Language Pathology di La Rabida Children’s Hospital di Chicago, Amerika Serikat, .

Meski begitu, yang paling penting adalah apakah ia merespon ketika Moms memanggilnya. Apakah dia mengenal suara Moms atau Dads, dan apakah ia bereaksi ketika ada orang yang tertawa di dekatnya. Jika memang ia merespon, berarti ia memiliki kemampuan yang sudah sangat baik.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Terkait Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi Bayi

Emosi

124825878.jpg

Foto: understood.org

Perkembangan bayi usia 1 tahun yang terakhir adalah tentang emosi. Memasuki usia 12 bulan, biasanya Si Kecil akan memiliki ikatan yang cukup emosional denagan orang-orang sekitarnya. Dia sudah bisa mulai menujukkan rasa kasih sayang walaupun belum sempurna.

Memasuki usia 14 bulan, kemampuan emosional nya sudah semakin berkembang, sehingga ia mulai merasakan kecemasan ketika berpisah dengan orang tua atau orang terdekatnya. Bahkan ada beberapa balita yang mulai melakukan tantrum.

(MA/KM)

Artikel Terkait