KEHAMILAN
20 Februari 2020

6 Cara Mengatasi Insomnia saat Hamil

Kondisi ini biasanya terjadi seiring membesarnya kehamilan
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Semakin besar kehamilan tentunya banyak sekali keluhan ya Moms. Badan yang mulai berat, pinggang dan persendian yang sakit, gerah sepanjang waktu, mudah lelah, kontraksi palsu, dan sering buang air kecil.

Hal itulah yang biasanya menjadi keluhan selama masa kehamilan sehingga tak heran ibu hamil sering mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur saat malam hari.

Menurut American Pregnancy Association penting untuk dipahami bahwa insomnia saat hamil tidak berbahaya bagi bayi kita. Insomnia selama kehamilan adalah normal dan mempengaruhi sekitar 78 persen ibu hamil. Hampir semua ibu hamil mengalami kondisi ini dibandingkan dengan perempuan yang tidak hamil.

Jadi, kurang tidur selama masa kehamilan merupakan hal yang normal dan wajar. Tapi, seringkali kurangnya tidur membuat kita lelah sehingga tidak bersemangat menjalani aktivitas yang berujung mudah emosi.

Mengatasi Insomnia saat Hamil

Agar hal itu tidak terjadi Moms harus mengatasi insomnia saat hamil dengan tepat. Bagaimana cara mengatasi insomnia saat hamil? Yuk cari tahu di bawah ini Moms!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Ibu Menyusui

1. Mandi air hangat, Pijatan, dan Posisi Tidur yang Nyaman

cara mengatasi insomnia saat hamil.jpg

Mandi air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur kita, setelahnya libatkan Dads untuk memberikan pijatan sebelum tidur agar Moms lebih nyaman dan tenang. Satu hal terpenting pastikan Moms tidur dengan posisi ternyaman.

Tapi, pastikan Moms menghindari posisi tidur terlentang ya karena posisi ini sangat tidak dianjurkan. Dr. Vera Stucky, ahli kandungan di San Diego, California, AS, menegaskan, bahwa tidur dengan posisi terlentang justru membebankan seluruh berat rahim ke bagian belakang tubuh, sehingga kondisi ini sangat berisiko menimbulkan sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan, dan gangguan pernapasan pada ibu hamil.

2. Buat Suasana Kamar Senyaman Mungkin

cara mengatasi insomnia saat hamil 2.jpg

Atur kamar Moms untuk suasana tidur yang nyaman. Coba ubah atur suhu kamar ke suhu yang menurut Moms nyaman dan dengarkan musik klasik ataupun instrumen alami yang bisa membuat kita mengantuk.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Zuriat Agar Cepat Hamil?

3. Relaksasi

cara mengatasi insomnia saat hamil 3.jpg

Bagi Moms yang tengah mengikuti senam hamil atau yoga hamil, biasanya mempelajari teknik ini. Tak ada salahnya sebelum tidur lakukan teknik relaksasi ini agar Moms bisa tidur dengan nyaman tanpa keluhan-keluhan yang biasa dirasakan.

4. Membaca Buku

cara mengatasi insomnia saat hamil 4.jpg

Jika Moms masih kesulitan untuk tidur, tak ada salahnya untuk tetap bangun dan melakukan aktivitas positif, misalnya membaca buku, makan makanan kecil atau buah-buahan sambil meminum segelas susu hangat.

Kegiatan positif yang menyenangkan ini akan membuat Moms lebih nyaman dan cepat mengantuk.

5. Olahraga Pagi secara Teratur

cara mengatasi insomnia saat hamil 5.jpg

Jika Moms terbiasa tidur siang saat hamil apalagi hingga berjam-jam, maka konsekuensinya jadwal tidur Moms di malam hari akan terganggu atau lebih tepatnya sulit tidur.

Moms bisa melakukan olahraga secara teratur di pagi hari, sehingga pada saat siang hari kita lebih segar dan berenergi, dan saat malam hari tiba kita akan lebih cepat mengantuk karena lelah beraktivitas sepanjang hari.

Maka penting juga bagi kita mengisi kegiatan menyenangkan juga di siang hari. Perlu Moms ketahui, dengan berolahraga bisa membantu menurunkan risiko kecemasan.

Baca Juga: Ibu Hamil dengan Darah Tinggi, Mungkinkah Melahirkan Normal?

6. Mengonsumsi Air Putih

cara mengatasi insomnia saat hamil 6.jpg

Kaki yang pegal dan kram menjelang tidur bisa dikarenakan kita dehidrasi lho Moms. Maka usahakan asupan cairan kita terpenuhi, terutama di siang hari. Selain mengatasi dehidrasi, mengonsumsi air putih sesuai anjuran juga efektif menghilangkan racun.

Tapi, menjelang tidur jangan sampai terlalu banyak minum, karena bisa menyebabkan Moms buang air kecil terus menerus.

Konsultasikan dengan dokter apabila insomnia terus menerus berlanjut hingga mengganggu kesehatan Moms.Dokter mungkin saja akan meresepkan obat jika perlu.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait